Kotaku
Home Beasiswa Harus Dilengkapi 5 Syarat Kuliah di Luar Negeri

Harus Dilengkapi 5 Syarat Kuliah di Luar Negeri

Apa sih syarat kuliah di luar negeri? Melanjutkan sekolah di luar negeri adalah cita-cita dari banyak mahasiswa. Prestise universitas, peluang karir global, hingga pengalaman lintas budaya menjadi alasan banyak orang bercita-cita melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Namun, untuk mencapai hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Karena ada beberapa syarat dan aturan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa. Mengetahui persyaratan jauh-jauh hari akan menjadi persiapan yang tepat bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Secara umum terdapat beberapa syarat yang harus dipersiapkan untuk dapat berkuliah di luar negeri, simak ulasan kotaku.id berikut.

Syarat Kuliah di Luar Negeri

Meskipun setiap lembaga pendidikan memiliki beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yang ingin berkuliah di universitas nya. Ada beberapa syarat umum, yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Berikut ini adalah syarat umum yang wajib kamu siapkan.

Paspor

Hal pertama yang harus dipersiapkan dan menjadi syarat utama adalah persiapan membuat paspor. Kamu tidak akan dapat masuk ke negara lain, tanpa adanya paspor. Karena paspor adalah identitas diri yang berlaku pada skala internasional. Sehingga mustahil jika ingin kuliah di luar negeri tanpa memiliki paspor. Sehingga, ada baiknya kamu harus membuat paspor terlebih dahulu seusia dengan universitas negeri tujuan.

Visa

Jika ingin kuliah di luar negeri maka kamu membutuhkan visa. Karen apengajuan visa bisanya ad abebrpamproses, mak alebih baik mempersiapkan dari awal. Visa adalah surat izin berkunjung ke suatu negara yang diterbitkan oleh kedutaan negara bersangkutan. Namun, visa pelajar berbeda dengan visa wisatawan. Karena visa pelajar mempunyai masa berlaku yang lebih lama. Jangan lupa saat ingin membuat visa kamu telah mengantongi dokumen yang dibutuhkan seperti surat undangan atau letter of acceptance.

Letter of Acceptance

Persiapan yang penting harus kamu siapkan adalah mengantongi letter of acceptance (LoA). Dokumen tersebut juga sangat penting pada saat pendaftaran. Dokumen ini adalah surat yang diterbitkan universitas di luar negeri yang menyatakan bahwa kamu telah diterima sebagai mahasiswa di kampus tersebut.

LoA ini juga merupakan bentuk konfirmasi bahwa kamu telah diterima berkuliah di luar negeri. Selain itu, surat ini adalah dokumen penting yang akan mempermudah kamu untuk mendapatkan visa. Jika kamu belum memperoleh surat ini, maka kamu belum dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Persyaratan Akademik

Sebagian besar perguruan tinggi di luar negeri mempunyai syarat akademik yang ketat, termasuk nilai akademik yang baik. aku memerlukan hasil ujian standar seperti SAT, ACT ata tes serupa. Selain itu beberapa universitas juga memberikan isyarat seperti tes bahasa Inggris misal TOEFL atau IELTS. Persyaratan ini juga termasuk ijazah dan transkrip nilai. jika untuk melampirkan ijazah dan transkrip nilai dalam bahasa Inggris sebelum mengirimkan dokumen.

Surat Rekomendasi

Dokumen penting lainnya yang perlu dipersiapkan adalah surat rekomendasi. Apalagi surat ini penting jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. Surat rekomendasi adalah alat untuk memverifikasi data sebagai calon mahasiswa. Surat rekomendasi dapat ditularkan oleh dosen atau universitas di dalam negeri tempat berkuliah.

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad