Kotaku
Home Pendidikan Bisa Dijadikan Referensi, Ini Contoh Refleksi Diri PPG Daljab 2023

Bisa Dijadikan Referensi, Ini Contoh Refleksi Diri PPG Daljab 2023

Bisa Dijadikan Referensi Ini Contoh Refleksi Diri PPG Daljab 2023

Kotakuid – Berikut ini adalah contoh refleksi diri PPG Daljab 2023. Refleksi diri merupakan salah satu komponen paling penting dalam portofolio Uji Kinerja (UKIN).

Dalam refleksi diri PPG Daljab 2023, guru bisa menunjukan perkembangan profesional mereka. Contoh refleksi diri PPG Daljab 2023 di bawah ini berisi deskripsi jelas dan ringkas mengenai pengalaman pembelajaran yang didapatkan.

Para peserta PPG Daljab 2023 bisa menggunakan bahasa formal dan profesional dalam menulis refleksi diri. Kemudian, para peserta guru juga bisa menunjukan bukti fisik yang mendukung deskripi refleksi diri, seperti diantaranya foto, video dan dokumen. Yuk simak contoh refleksi diri PPG Daljab 2023 berikut ini.

Judul: Refleksi Diri tentang Peningkatan Kompetensi Profesional

Pendahuluan

Sebagai guru, saya dituntut untuk meningkatkan kompetensi professional untuk memenuhi tuntutan dalam profesi saya. Selama dua tahun terakhir ini, saya melakukan berbagai jenis penelitian baik penelitian tindakan kelas ataupun penelitian lainnya dengan mandiri dan kelompok. Dalam periode tersebut, saya telah berhasil menghasilhan 6 buah karya publikasi yang terdiri dari 2 artikel dalam prosiding seminar internasional yang publikasi prosidingnya terindex Scopus, 2 Artikel dalam jurnal nasional terakreditasi Sinta 2, 1 Artikel dalam jurnal nasional terakreditasi Sinta 3, sedangkan 1 buku yang diterbitkan secara nasional (UMUM).

Proses Pengembangan Diri

Dari semua artikel tersebut, ada tiga karya publikasi yang saya unggulkan diantaranya adalah (1) Artikel berjudul “The use of drawing as an alternative assessment tool in biology teaching” dalam prosiding seminar internasional terindex Scopus dan terbit tahun 2018 telah dirujuk ke dalam beberapa peneliti dari negara eropa, asia dan afrika (Bukti 1), (2) artikel dengan judul “The use of video laboratory report to develop Student’s presentation skills” yang terbit pada tahun 2019 dirujuk oleh seorang peneliti dari Rusia (Bukti 2), dan (3) Buku saya berjudul “Kumpulan Materi Panduan Terarah Biologi SMP” telah dipasarkan secara nasional dan bisa dibeli dalam website dan toko buku di seluruh Indonesia (Bukti 3).

Hasil Pengembangan Diri

Profesi guru menuntut saya agar menjadi seorang guru reflektif dan dinamis dalam menjalankan pekerjaan saya (UMUM). Dalam kegiatan pembelajaran, hal ini saya lakukan dengan cara selalu mengisi teacher log (catatan guru).

Di dalam teacher log saya telah menuliskan kelebihan dan kekurangan yang telah saya lakukan dalam setiap kegiatan pembelajaran. Dengan adanya teacher log saya bisa mengantisipasi kekurangan saya dalam kegiatan pembelajaran berikutnya (Bukti 1).

Untuk menjaga kualitas evaluasi pembelajaran, saya telah melakukan analisis butir soal di setiap paket soal yang digunakan dalam ujian, baik itu ujian harian maupun ujian semester.

Analisis butir soal ini sangat membantu saya untuk menggunakan soal  dengan kualitas yang baik sehingga keberhasilan pada suatu kegiatan pembelajaran bisa terukur (Bukti 2).

Tidak hanya itu, untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda pada suatu kegiatan pembelajaran, saya telah menggunakan pendekatan lesson study dalam pembelajaran, yakni dua kali di dalam satu semester saya telah melakukan open class dan meminta rekan kerja untuk menjadi observer di dalam kegiatan pembelajaran dan memberikan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah saya lakukan (Bukti 3).

Refleksi

Saya merupakan salah satu orang yang konsisten dalam usaha dalam peningkatan kelimuan dan mencari Informasi baru. Konsistensi saya dalam peningkatan keilmuan telah terbukti dengan saya yang tercatat mengikuti hampir 10 forum ilmiah sejak pada tahun 2018 baik lokal, nasional, ataupun internasional. Forum ilmiah yang saya ikuti yaitu pertemuan ilmiah dalam bidang pendidikan dan bidang IPA.

Akan tetapi, saya juga tidak menutup diri dengan ikut serta dalam forum ilmiah lain seperti salah satunya bidang teknologi yang juga bermanfaat untuk pengembangan potensi pada diri saya (UMUM). Salah satu pertemuan yang sangat berkesan menurut saya adalah saya berkesempatan untuk bisa mendengarkan pikiran dari para ahli di dunia mengenai pendidikan IPA di dalam forum yang telah diselengarakan oleh UNESCO bekerjasama dengan International Institute for Educational Planning (IIEP).

Forum ini adalah forum online yang mana para praktisi dan peneliti bidang pendidikan berdiskusi tentang isu tertentu dalam bidang pendidikan (Bukti 1). Pelatihan dalam membuat tes online yang telah diselengarakan Prodi Pendidikan IPA, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia telah menjadikan setiap pembelajaran saya lebih menarik karena para siswa diberikan kesempatan untuk mengerjakan soal dengan cara menarik seperti salah satunya menggunakan kahoot atau Quizziz (Bukti 2).

Sementara itu, untuk melakukan udapte informasi terbaru yang berkaitan dengan dunia pendidikan saya selalu menyaksikan video TedX dan video pembelajaran dari Khan Academy (Bukti 3).

Kesimpulan

Selama melaksanakan program profesi sebagai guru, banyak kegiatan yang telah menghasilkan karya inovasi yang telah saya lakukan sebagai salah satu bentuk usaha saya agar bisa menjadi seorang guru yang inovatif (Umum). Karya-karya ini diantaranya adalah membuat LKPD sistem pencernaan manusia dengan memanfaatkan teknologi
augmented reality yang akan mengantarkan saya menjadi finalis Inobel pada tahun 2019 (Bukti 1).

Saya juga telah membuat modul digital dengan menggunakan fituranyflip yang bisa digunakan oleh siswa secara mandiri saat belajar tanpa guru (Bukti 2). Sementara itu, saya juga telah membuat video pembelajaran yang telah diupload di akun Youtube pribadi saya (Bukti 3).

Itulah di atas contoh refleksi diri PPG Daljab 2023, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad