Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Contoh Penyusunan Laporan Guru Piket PMM yang Tepat Sesuai Aturan

Contoh Penyusunan Laporan Guru Piket PMM yang Tepat Sesuai Aturan

Contoh Penyusunan Laporan Guru Piket PMM yang Tepat Sesuai Aturan

Kotaku.id – Contoh penyusunan laporan guru piket PMM merupakan suatu hal yang wajib dipahami oleh setiap guru ASN. Dengan demikian, guru bisa melaporkan pelaksanaan piket harian yang dilakukan.

Perlu diketahui, PMM (Platform Merdeka Mengajar) merupakan sebuah platform yang mana dirancang secara khusus untuk mendukung guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan mengajar, belajar, serta berkarya di lingkungan sekolah. Guru piket adalah salah satu tugas tambahan yang wajib dilaporkan dalam PMM.

Laporan guru piket PMM merupakan suatu catatan rinci mengenai tugas dan tanggung jawab guru ketika melakukan piket di sekolah. Laporan ini diketahui mencakup beragam aktivitas yang dilakukan oleh guru dalam periode piket. Yakni termasuk penanganan masalah kebersihan, ketertiban, keamanan, dan lain sebagainya.

Lalu, seperti apa contoh penyusunan laporan guru piket PMM? Untuk bisa mengetahuinya, Anda bisa simak contohnya di bawah ini.

Contoh Penyusunan Laporan Guru Piket PMM

Dilansir dari laman Merdeka Mengajar Kemendikbud, dibawah ini adallah contoh penyusunan laporan guru piket PMM yang tepat sesuai aturan.

1. Membuat Cover

Cover laporan guru piket PMM merupakan halaman pertama yang mana akan mencantumkan judul laporan dan identitas guru penyusun. Fungsi utamanya yaitu memberikan informasi dasar kepada pembaca tentang laporan yang akan dibacanya, termasuk nama laporan serta guru yang menyusunnya.

2. Tambahkan Bagian Pendahuluan

Pendahuluan mempunyai peran penting dalam memberikan konteks serta tujuan dari pengadaan guru piket dan juga laporan yang disusun. Dalam bagian ini akan dijelaskan dengan singkat mengapa dibutuhkan adanya guru piket, tujuan pelaksanaan, serta gambaran umum tentang isi laporan.

3. Jelaskan Rincian Tugas Guru Piket

Bagian ini diketahui menjelaskan secara rinci mengenai tugas-tugas yang diemban oleh para guru piket. Misalnya seperti mencatat kasus khusus, menjemput siswa, menerima tamu sekolah, meningkatkan aspek 9K, mengoordinasikan pergantian guru utama, serta membuat laporan hasil piket.

Perlu diperhatikan, dalam menyusun tugas dijelaskan dengan terperinci. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang peran guru piket dalam menjaga keamanan serta kelancaran operasional sekolah.

4. Menyusun Laporan Pelaksanaan Guru Piket

Laporan pelaksanaan guru piket merupakan inti dari laporan ini. Di dalamnya ada rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh guru piket. Misalnya sama seperti poin 3 diatas yakni menerima tamu, menjemput siswa, pelaksanaan aspek 9K, mencatat kasus khusus, mengoordinasikan pergantian guru utama, dan menyusun laporan hasil piket.

Dibawah ini merupakan deretan poin penting yang wajib dimuat dalam laporan penyusunan guru piket PMM:

  • Informasi mengenai guru piket, hari/tanggal, jam, serta ruangan piket.
  • Penjelasan singkat tentang kegiatan menjemput siswa di pagi dan di sore hari. Tambahkan juga lampiran gambar untuk bisa mendukung deskripsi kegiatan.
  • Laporan aspek 9K lengkap dengan penjelasan terperinci. Membuat tabel yang berisi waktu pelaksanaan dan deskripsi kegiatan di setiap aspek. Tambahkan juga lampiran gambar kegiatan sebagai dokumentasi.
  • Data penerimaan serta pencatatan tamu. Laporkan kegiatan ini dalam bentuk tabel yang berisikan nama tamu, waktu kedatangan, dan tujuan tamu. Tambahkan pula gambar kegiatan penerimaan tamu sebagai dokumentasi
  • Data penggantian guru utama dalam proses pembelajaran. Pakai tabel untuk bisa mencatat jam pergantian, nama guru utama, mata pelajaran, serta nama guru pengganti
  • Catatan laporan dan kasus khusus kepada Kepala Sekolah. Lampirkan tabel maupun dokumentasi yang berisi informasi kasus dan penanganannya.
  • Simpulan tentang temuan dan tindakan selama piket. Tutup laporan dengan tanda tangan guru piket yang disertai tanggal.

5. Jelaskan Tantangan dan Rencana Tindak Lanjut

Bagian ini berisi tentang tantangan dan hambatan yang mungkin akan dihadapi selama pelaksanaan tugas guru piket. Sementara itu, disertakan juga rencana tindak lanjut yang nantinya akan diambil untuk mengatasi dan mencegah tantangan tersebut.

Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran realistis mengenai kendala yang timbul dan langkah-langkah yang nantinya akan diambil untuk mengatasinya.

Itulah diatas penjelasan tentang contoh penyusunan laporan guru piket PMM 2024, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad