Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Contoh Lembar Kerja Rencana Pengembangan Kompetensi Diri CGP (Lampiran 4)

Contoh Lembar Kerja Rencana Pengembangan Kompetensi Diri CGP (Lampiran 4)

Kotaku.id – Bagi para calon guru penggerak, berikut ini merupakan pembahasan lengkap mengenai contoh isi lembar kerja 5.3 rencana pengembangan kompetensi diri calon guru penggerak.

Di bagian teratas lembar kerja 5.3 rencana pengembangan kompetensi diri calon guru penggerak terntu akan mengandung judul Rencana Pengembangan Kompetensi Diri Calon Guru Penggerak.

Berikutnya pada Rencana Pengembangan Kompetensi Diri Calon Guru Penggerak mencantumkan nama Anda sebagai penyusun Rencana Pengembangan.

Berikut ini merupakan salah satu contoh isi lembar kerja 5.3 rencana pengembangan kompetensi diri calon guru penggerak. Yang mana dapat Bapak dan Ibu Guru calon guru penggerak yang bisa dipelajari.

Rencana Pengembangan Kompetensi Diri Calon Guru Penggerak: Studi Kasus Mitha Annisa, S.Pd

I. Pendahuluan

Dalam dunia pendidikan, peran seorang guru sangat penting, khususnya dalam membentuk generasi masa depan. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan kompetensinya supaya mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Saya, Mitha Annisa, S.Pd, sebagai satu guru yang sedang berkomitmen untuk mengembangkan kompetensi diri. Saya bertugas di SD N 1 Purbalingga. Dalam lembar kerja ini, saya telah merencanakan pengembangan kompetensi diri selama kurang lebih enam bulan ke depan. Yakni dengan fokus utama pada tiga kategori utama: Pengembangan Diri dan Orang Lain, Kepemimpinan Pelajaran, dan Kepemimpinan Manajemen Sekolah.

II. Pengembangan Diri dan Orang Lain

Kompetensi yang akan saya kembangkan dalam kategori ini yaitu membuat rencana tindak lanjut guna perbaikan praktik mengajar. Indikator keberhasilannya yaitu murid bisa memahami dan dapat mengerjakan kegiatan pembelajaran yang telah diberikan. Strategi yang akan saya lakukan adalah berkolaborasi bersama dengan rekan sejawat dan kepala sekolah untuk mendapatkan masukan yang konsepnya membangun. Saya juga memerlukan dukungan dan motivasi dari rekan sejawat dan pemimpin sekolah. Hal ini untuk mengatasi faktor penghambat, saya akan terus berkomunikasi dan berkolaborasi bersama dengan pihak terkait.

III. Kepemimpinan Pelajaran

Dalam kategori ini, saya berfokus untuk mengajak rekan sejawat melakukan refleksi terkait dengan perbaikan kualitas praktik pembelajaran. Indikator keberhasilannya yaitu adanya refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar sebagai Catatan Guru Pembelajaran (CGP). Strategi yang akan saya lakukan adalah aktif ikut serta dalam berbagai pelatihan atau program pengembangan diri lainnya misalnya seperti CGP. Mitha memerlukan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan program pengembangan. Untuk bisa mengatasi tantangan, saya akan terus membangun semangat belajar serta berkolaborasi bersama dengan rekan sejawat.

IV. Kepemimpinan Manajemen Sekolah

Dalam kategori ini, saya akan berperan aktif dalam mensosialisasikan visi sekolah yang berpihak kepada murid dengan melalui berbagai media. Indikator keberhasilannya yaitu visi sekolah yang berpihak kepada murid bisa tersosialisasi dengan baik lewat media yang digunakan. Strategi yang akan dilakukan yaitu menggunakan media seperti HP, laptop, dan berkolaborasi bersama dengan orang tua murid dan dewan guru dalam rangka mensosialisasikan visi sekolah. Saya memerlukan dukungan dalam mempelajari cara memanfaatkan media pembelajaran supaya sosialisasi visi sekolah bisa dilakukan dengan lebih efektif. Untuk bisa mengatasi hambatan, saya akan terus berkolaborasi bersama dengan kepala sekolah dan rekan sejawat untuk memperoleh umpan balik dan refleksi atas program yang telah dilakukan.

V. Kesimpulan

Dengan merencanakan pengembangan kompetensi diri dalam tiga kategori utama tersebut, saya berharap bisa menjadi seorang guru yang lebih berkualitas lagi dan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk pendidikan di SD N 1 Purbalingga. Dukungan dan kolaborasi dari berbagai belah pihak akan menjadi kunci sukses dalam mencapai tujuan pengembangan kompetensi diri tersebut.

Nah, itulah diatas pembahasan lengkap mengenai contoh isi lembar kerja 5.3 rencana pengembangan kompetensi diri calon guru penggerak. Demikian pembahasan terkait contoh isi lembar kerja 5.3 rencana pengembangan kompetensi diri calon guru penggerak. Semoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad