Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Lengkap! Berikut Ini Contoh Lembar Evaluasi Diri Guru Penggerak (Lampiran 3)

Lengkap! Berikut Ini Contoh Lembar Evaluasi Diri Guru Penggerak (Lampiran 3)

Kotaku.id – Dibawah ini merupakan contoh lembar evaluasi diri guru penggerak yang biasanya dilampirkan sebagai lampiran 3. Contoh lembar evaluasi diri guru penggerak biasanya hadir karena peningkatan kualitas pendidikan adalah komitmen yang terus berlanjut.

Untuk bisa mencapai hal ini, evaluasi diri menjadi salah satu langkah yang penting. Adapun, dengan melalui proses evaluasi diri, seorang guru penggerak bisa mengevaluasi pencapaian, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan. Serta merencanakan langkah perbaikan yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri lebih lanjut.

Dibawah ini merupakan contoh lembar evaluasi diri yang bisa digunakan oleh para guru penggerak untuk bisa memperbaiki kinerja dan meningkatkan kualitas pendidikan di dalam sekolah.

Contoh Lembar Evaluasi Diri Guru Penggerak (Lampiran 3)

Lembar Evaluasi Diri Guru Penggerak: Meningkatkan Kualitas Pendidikan dengan Melalui Refleksi dan Pengembangan

Sebagai guru penggerak, peningkatan kualitas pendidikan adalah sebuah komitmen yang tidak akan pernah berakhir. Untuk bisa mencapai hal ini, evaluasi diri menjadi langkah penting.

Dengan melalui proses evaluasi diri, seorang guru penggerak bisa mengevaluasi pencapaian, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan. Bahkan dapat merencanakan langkah perbaikan yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri lebih lanjut.

Dibawah ini merupakan lembar evaluasi diri yang bisa digunakan oleh guru penggerak untuk memperbaiki kinerja serta meningkatkan kualitas pendidikan di dalam sekolah.

Nama    :

Sekolah :

Tanggal :

Bagian A: Evaluasi Pencapaian Tujuan

1. Pencapaian Tujuan Pembelajaran

  • Apa tujuan pembelajaran tercapai dengan baik?
  • Sejauh mana kemajuan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut?

2. Pencapaian Tujuan Pengembangan Pribadi

  • Apakah terjadi perkembangan dalam pengembangan pribadi dan profesional?
  • Sejauh mana kemampuan kepemimpinan serta kolaborasi telah berkembang?

Bagian B: Evaluasi Kinerja

1. Kualitas Pembelajaran

  • Bagaimana kualitas pembelajaran yang diselenggarakan?
  • Apa strategi pengajaran yang diterapkan telah efektif dalam mendukung pembelajaran peserta didik?

2. Pengelolaan Kelas

  • Sejauh mana pengelolaan kelas telah berjalan efektif?
  • Bagaimana strategi yang diterapkan dalam menjaga disiplin serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif?

3. Keterlibatan Siswa

  • Apa peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran?
  • Sejauh mana interaksi antara guru dan peserta didik dalam memfasilitasi pembelajaran yang berarti?

4. Keterlibatan Orang Tua dan Masyarakat

  • Bagaimana keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam mendukung kegiatan pembelajaran?
  • Apa telah dilaksanakan upaya untuk memperkuat hubungan antara sekolah, orang tua, dan masyarakat?

Bagian C: Evaluasi Inovasi dan Pengembangan Sekolah

1. Inovasi dalam Pembelajaran

  • Apa telah dilaksanakan upaya untuk mengembangkan metode pembelajaran baru?
  • Sejauh mana inovasi tersebut berdampak positif pada hasil pembelajaran peserta didik?

2. Pengembangan Kurikulum dan Program

  • Bagaimana upaya dalam mengembangkan kurikulum serta program pembelajaran?
  • Apa telah dilakukan penyesuaian untuk meningkatkan relevansi serta kualitas kurikulum?

3. Pengembangan Profesionalisme Guru

  • Apa telah dilakukan upaya dalam meningkatkan profesionalisme guru?
  • Sejauh mana kegiatan pengembangan diri telah memberikan kontribusi positif pada kinerja guru?

Bagian D: Evaluasi Kolaborasi dan Kepemimpinan

1. Kolaborasi dengan Sesama Guru

  • Bagaimana tingkat kolaborasi antara sesama guru dalam hal mengembangkan praktik pengajaran?
  • Apa telah dilaksanakan pertukaran pengalaman dan ide inovatif antar guru?

2. Kepemimpinan dalam Pengembangan Sekolah

  • Sejauh mana peran kepemimpinan dalam menggerakkan pengembangan di sekolah?
  • Apa telah dilakukan upaya untuk memimpin perubahan positif di dalam lingkungan sekolah?

Kesimpulan dan Rencana Tindak Lanjut

Setelah melaksanakan evaluasi diri dengan menggunakan lembar ini, guru penggerak mampu membuat rencana tindak lanjut untuk bisa memperbaiki kinerja dan meningkatkan kualitas pendidikan di dalam sekolah. Rencana tersebut bisa mencakup langkah spesifik yang nantinya akan diambil untuk mengatasi kelemahan yang teridentifikasi. Dan memperkuat kekuatan yang telah dimiliki. Dengan begitu, evaluasi diri menjadi salah satu alat yang efektif untuk memperbaiki kinerja dan meningkatkan kontribusi guru penggerak di dalam dunia pendidikan.

Kategori Kompetensi Evaluasi Diri Terhadap Kompetensi

Pertanyaan Panduan

  1. Kompetensi apa saja yang telah Anda miliki/lakukan?
  2. Kompetensi apa saja yang perlu Anda tingkatkan?
  3. Apa yang menjadi tangan Anda dalam melaksanakan kompetensi ini sebelumnya?

Contoh Jawaban 

1. Contoh Kompetensi yang saya miliki

  • Dapat membantu rekan sesama guru dalam mengidentifikasi persoalan kegiatan pembelajaran
  • Bekerja sama dengan baik bersama dengan rekan sejawat tanpa melihat agama, suku, status dan bentuk fisiknya.

2. Contoh Kompetensi yang perlu saya tingkatkan:

  • Meminta rekan sesama guru untuk bisa memberikan masukan setelah melihat praktik saya mengajar
  • Mencatat kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri saya dalam praktik mengajar

3. Contoh Tantangan:

  • Penularannya ke sesama teman sejawat yang masih rendah.

Itulah diatas penjelasan lengkap mengenai contoh lembar evaluasi diri guru penggerak. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan terkait lembar evaluasi diri guru penggerak bisa dijadikan referensi dan bermanfaat bagi para calon guru penggerak.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad