Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Lengkap! Ini Contoh Lembar Asesmen Mandiri Kompetensi Guru Penggerak

Lengkap! Ini Contoh Lembar Asesmen Mandiri Kompetensi Guru Penggerak

Kotaku.id – Bagi para calon guru penggerak, berikut ini adalah pembahasan mengenai contoh lembar asesmen mandiri kompetensi guru penggerak.

Tentunya lembar asesmen mandiri kompetensi guru penggerak ini bisa dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan yang dialami ketika pelatihan. Yuk pahami contoh lembar asesmen mandiri kompetensi guru penggerak di bawah ini sebagai referensi.

Contoh Lembar Asesmen Mandiri Kompetensi Guru Penggerak

Lembar Asesmen Mandiri Kompetensi Guru Penggerak

Nama: [Nama Anda]

Posisi: Guru Penggerak

Sekolah: [Nama Sekolah]

Tanggal Penilaian: [Tanggal Penilaian]

Asesmen oleh: [Nama Anda]

I. Pendahuluan

Sebagai seorang guru penggerak, saya telah menyadari pentingnya terus mengembangkan kompetensi dan keterampilan dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Oleh sebab itu, saya melakukan asesmen mandiri pada aktivitas yang telah saya lakukan dalam rangka pengembangan diri sebagai seorang guru penggerak.

II. Kegiatan Pembelajaran dan Pengembangan Diri

Selama periode penilaian ini, saya telah mengikuti berbagai macam kegiatan pembelajaran dan pengembangan diri, di antaranya adalah: Partisipasi dalam Learning Management System (LMS) Tanggal 24 Oktober 2023, saya secara aktif mengerjakan materi dengan judul “Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep” pada LMS. Pada tanggal 25 Oktober 2023, saya melanjutkan eksplorasi materi dalam forum diskusi, baik dalam kelompok kecil ataupun kelompok besar yang dipandu oleh Bapak Sutarman. Pada tanggal 28 Oktober 2023, saya bersama dengan fasilitator dan pengajar praktik mengadakan pertemuan dengan melalui Google Meet untuk mempresentasikan hasil menemukan nilai luhur kearifan budaya.

Pengembangan Materi Pembelajaran

Saya telah menyelesaikan tugas di LMS, termasuk tugas demonstrasi kontekstual dan elaborasi pemahaman atau koneksi antar materi. Yang telah saya sampaikan dalam bentuk video yang diunggah di akun YouTube pribadi.

Persiapan Aksi Nyata

Sebelum menerapkan aksi nyata, saya telah melakukan elaborasi pemahaman bersama dengan instruktur Ibu Fransisca Tarunawati, SE.AK., M.Pd dengan melalui video conference pada tanggal 2 November 2023.

III. Pengalaman dan Pembelajaran yang Didapatkan

Selama saya mengikuti kegiatan pembelajaran dan pengembangan diri, saya telah mendapatkan beberapa pengalaman dan pembelajaran berharga. Antara lain adalah

  • Berinteraksi bersama dengan sesama pengajar dari berbagai jenjang pendidikan termasuk dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Yang mana mampu memperluas wawasan dan pemahaman saya terhadap berbagai konteks pendidikan.
  • Bertemu dengan fasilitator dan instruktur yang memberikan banyak ilmu dan pemahaman baru dalam bidang pengembangan diri sebagai seorang guru penggerak.
  • Belajar berkolaborasi dan berdiskusi secara daring, baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar. Yang dapat membantu saya dalam memperdalam pemahaman terhadap materi dan mendapatkan berbagai macam sudut pandang yang beragam.
  • Paham akan filosofi pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara, yang mana mengajarkan pentingnya guru sebagai garda terdepan dalam membimbing peserta didik dalam mencapai keselamatan dan kebahagiaan sebagai manusia dan masyarakat.

IV. Refleksi dan Perbaikan

Setelah saya melakukan asesmen mandiri pada aktivitas yang telah dilakukan, saya sadar akan beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan: Memperkuat kolaborasi bersaa dengan sesama pengajar dan pihak terkait dalam bidang pengembangan materi pembelajaran yang lebih inovatif dan relevan. Mengoptimalkan waktu serta sumber daya yang dimiliki untuk bisa lebih aktif dan efektif dalam ikut serta kegiatan pembelajaran dan pengembangan diri. Terus memperdalam pemahaman pada filosofi pendidikan dan prinsip pembelajaran yang sesuai dengan kodrat alam murid, Untuk lebih efektif dalam memberikan bimbingan dan dukungan kepada peserta didik.

V. Kesimpulan

Melalui asesmen mandiri ini, saya dapat melihat perkembangan dan pencapaian dalam pengembangan diri sebagai guru penggerak. Saya berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi dan keterampilan saya untuk memberikan kontribusi yang jauh lebih baik dalam dunia pendidikan. Dengan mengidentifikasi area perbaikan dan melaksanakan tindakan yang tepat, saya yakin bisa menjadi guru yang lebih efektif dan berpengaruh dalam membantu peserta didik dalam mencapai potensi terbaik mereka.

Demikian pembahasan mengenai contoh lembar asesmen mandiri kompetensi guru penggerak. Semoga informasi yang disampaikan terkait contoh lembar asesmen mandiri kompetensi guru penggerak di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad