Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Contoh Laporan Observasi PPL 1 PPG Prajabatan Tahun Anggaran 2023

Contoh Laporan Observasi PPL 1 PPG Prajabatan Tahun Anggaran 2023

Kotakuid РBerikut ini merupakan pembahasan tentang Contoh Laporan Observasi PPL 1 PPG Prajabatan Tahun Anggaran 2023.

Praktikum Pengalaman Lapangan (PPL) 1 adalah salah satu mata kuliah dalam program PPG Prajabatan.

Kegiatan PPL 1 ini mempunyai untuk memberikan pengalaman kepada para mahasiswa calon guru untuk bisa menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah didapatkannya selama perkuliahan.

Salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa PPG Prajabatan pada PPL 1 yaitu observasi.

Observasi ini memiliki untuk mempelajari kondisi dan situasi di dalam sekolah tempat PPL, dan untuk mendapatkan gambaran mengenai pembelajaran yang berlangsung di dalam sekolah tersebut.

Berikut yaitu contoh laporan observasi PPL 1 PPG Prajabatan tahun anggaran 2023:

Judul: Laporan Hasil Observasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 1 PPG Prajabatan di SD Negeri 1 Bahagia

Nama Mahasiswa: Mita Rifki Annisa, S.Pd.

Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas: FKIP

Universitas: Universitas Cempaka

Pembimbing: Bapak Galuhana Rudianto S.pd, M.pd.

Waktu Pelaksanaan: 1-5 Desember 2023

Sasaran Observasi:

  • Kurikulum dan silabus
  • RPP
  • Proses pembelajaran
  • Penilaian hasil belajar
  • Pengelolaan kelas
  • Hubungan guru dengan siswa
  • Hubungan guru dengan orang tua

Hasil Observasi:

Kurikulum dan Silabus

Kurikulum yang digunakan di SD Negeri 1 Bahagia adalah Kurikulum 2013. Silabus yang digunakan disusun oleh guru-guru di dalam sekolah tersebut yakni mengacu pada Kurikulum 2013.

RPP

RPP yang digunakan di SD Negeri 1 Bahagia disusun secara lengkap dan sistematis. RPP ini memuat komponen-komponen yang harus ada di dalam RPP, seperti sebagai berikut:

  • Tujuan pembelajaran
  • Materi pembelajaran
  • Metode pembelajaran
  • Media pembelajaran
  • Sumber belajar
  • Aktivitas pembelajaran
  • Penilaian hasil belajar

Proses Pembelajaran

Proses pembelajaran di SD Negeri 1 Bahagia berlangsung dengan baik. Guru-guru yang ada di sekolah tersebut menggunakan beragam metode pembelajaran, seperti diantaranya ceramah, diskusi, dan praktikum.

Penilaian Hasil Belajar

Penilaian hasil belajar di SD Negeri 1 Bahagia dilaksanakan secara terintegrasi dengan proses pembelajaran. Penilaian ini menggunakan berbagai metode, seperti diantaranya seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, serta penilaian akhir semester.

Pengelolaan Kelas

Guru-guru di SD Negeri 1 Bahagia dapat mengelola kelas dengan baik. Guru-guru tersebut dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi para siswa.

Hubungan Guru dengan Siswa

Hubungan guru dengan siswa di SD Negeri 1 Bahagia bisa dikatakan sangat baik. Guru-guru di sekolah tersebut bersikap ramah dan sabar terhadap para siswa.

Hubungan Guru dengan Orang Tua

Hubungan guru dengan orang tua di SD Negeri 1 Bahagia juga sangat baik. Guru-guru di sekolah tersebut sering melakukan komunikasi dengan orang tua siswa untuk membahas sampai mana perkembangan belajar siswa.

Refleksi

Melalui observasi ini, saya memperoleh banyak pelajaran dan pengalaman yang berharga. Saya belajar mengenai betapa pentingnya perencanaan pembelajaran yang baik, penggunaan metode pembelajaran dengan tepat, dan pengelolaan kelas yang lebih efektif.

Saya juga belajar mengenai pentingnya hubungan yang baik antar guru dengan siswa dan orang tua. Hubungan yang baik antara guru dengan siswa dan orang tua dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran.

Berdasarkan pada hasil observasi ini, saya menyimpulkan bahwa SMA Negeri 10 Kupang adalah sekolah yang mempunyai kualitas pendidikan yang baik. Sekolah ini mempunyai guru-guru yang profesional dan berdedikasi tinggi.

Kesimpulan

Laporan observasi ini disusun untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan observasi yang dilakukan oleh mahasiswa PPG Prajabatan di SD Negeri 1 Bahagia. Laporan ini diharapkan mampu menjadi referensi bagi mahasiswa PPG Prajabatan lainnya yang nantinya akan melakukan observasi di sekolah.

Selain contoh laporan observasi di atas, di bawah ini adalah beberapa tips dalam menulis laporan observasi PPL 1 PPG Prajabatan:

  • Perhatikan aspek penting yang perlu diobservasi, seperti misalny kurikulum dan silabus, RPP, proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, pengelolaan kelas, hubungan guru dengan siswa, serta hubungan guru dengan orang tua.
  • Melakukan observasi secara cermat dan teliti. Catat semua hal penting yang Anda amati selama observasi.
  • Tulislah laporan observasi secara sistematis dan jelas. Pakai bahasa yang mudah dipahami.
  • Jangan lupa menyertakan foto san video sebagai pelengkap laporan observasi Anda.

Itulah di atas pembahasan mengenai Contoh Laporan Observasi PPL 1 PPG Prajabatan Tahun

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad