Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Lengkap! Berikut Ini Contoh Deskripsi Refleksi Diri UKIN PPG Terbaru 2024

Lengkap! Berikut Ini Contoh Deskripsi Refleksi Diri UKIN PPG Terbaru 2024

Kotaku.id – Lembar deskripsi refleksi diri UKIN PPG adalah sebuah dokumen yang wajib dipersiapkan dalam program PPG. Dokumen ini nantinya bisa digunakan oleh para peserta sebagai kelengkapan portofolionya.

Dilansir dari laman Kemdikbud, dokumen ini nantinya bisa dijadikan sebagai lembar evaluasi dalam proses pembelajaran. Hal ini berisi tentang pencapaian murid, efektivitas pengajaran, proses penyampaian materi, dan kegiatan lainnya.

Peserta PPG bisa memanfaatkan lembar refleksi diri untuk memberikan intervensi proses pembelajaran yang sesuai kepada siswa. Lembar ini dapat dibuat dalam berbagai jenis, mulai dari refleksi karya inovasi, RPP, PTK, dan lainnya.

Isinya harus disesuaikan dengan kondisi sesungguhnya yang mana dialami peserta PPG di dalam kelas. Dibawah ini merupakan contoh refleksi diri UKIN PPG yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Refleksi Diri PPG Daljab 2024

1. Judul: Refleksi Diri terkait Pengembangan Diri

Pendahuluan

Di tahun 2023, saya ikut serta dalam berbagai macam kegiatan pengembangan diri, antara lain: Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran Seminar terkait literasi digital Workshop pembuatan media pembelajaran

Proses Pengembangan Diri

Kegiatan tersebut memberikan saya pengetahuan dan keterampilan baru yang sangat luas, yang mana dapat saya terapkan dalam proses pembelajaran.

Hasil Pengembangan Diri

Lewat kegiatan pengembangan diri ini, saya mendapatkan beberapa hasil, antara lain:

  1. Perangkat pembelajaran yang saya susun menjadi jauh lebih lengkap dan sesuai dengan standar.
  2. Saya menjadi jauh lebih terampil dalam memakai teknologi digital dalam pembelajaran.
  3. Saya dapat membuat media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Refleksi

Saya sangat bersyukur telah mengikuti berbagai macam kegiatan pengembangan diri. Kegiatan tersebut sangat membantu saya dalam meningkatkan kualitas diri saya sebagai guru.

Kesimpulan

Saya kedepannya akan terus mengembangkan diri dengan ikut serta dalam berbagai macam kegiatan pengembangan diri supaya bisa menjadi guru yang profesional dan berkualitas.

2. Contoh Refleksi Diri PPG Daljab 2024

Judul: Refleksi Pengembangan Diri

Kegiatan Refleksi

Melaksanakan refleksi pengembangan diri kepada aspek kegiatan peningkatan kompetensi SDM
guru kelas dan guru mapel SMP (Guru Pemula)

Permasalahan

Selama ini kinerja sebagai guru mapel PAI masih belum maksimal terutama dalam hal penyusunan administrasi pembelajaran.

Karena kurangnya pemahaman penyusunan administrasi pembelajaran menyebabkan penyusunan perangkat pembelajaran masih belum maksimal. Dan masih kurang rapi karena asal melakukan copy paste dan edit.

Perbaikan

Setelah saya ikut serta pelatihan peningkatan kompetensi SDM guru kelas dan guru mapel SMP (Guru Pemula) yang dilakukan pada tanggal 12, 13 dan 16 September 2019 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota/Kab Purbalingga, saya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan penyusunan perangkat pembelajaran yang jauh lebih baik. Pengetahuan ini saya terapkan untuk penyusunan perangkat pembelajaran mapel PAI kelas 2 dan 4.

Tahun atau Semester

Kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi SDM guru kelas dan guru mapel SMP (Guru Pemula) dilakukan pada tanggal 12, 13 dan 16 September 2019 bertempat di SMA 1 Purbalingga pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024

Keterangan

Bukti kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi SDM guru kelas dan guru mapel SMP (Guru Pemula) adalah berupa Sertifikat:

Lampirkan Sertifikat

Itulah diatas pembahasan lengkap mengenai Contoh Deskripsi Refleksi Diri UKIN PPG Terbaru 2024, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad