Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Contoh Deskripsi Pencarian Informasi Baru UKIN PPG Daljab 2024

Contoh Deskripsi Pencarian Informasi Baru UKIN PPG Daljab 2024

Kotaku.id – Dibawah ini merupakan pembahasan lengkap mengenai Contoh Deskripsi Pencarian Informasi Baru UKIN PPG Daljab Tahun 2024. Pencarian informasi baru adalah salah satu komponen portofolio UKIN PPG Daljab tahun 2024.

Komponen ini mempunyai tujuan untuk menunjukkan bahwa peserta telah mempunyai motivasi untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dalam deskripsi pencarian informasi baru, para peserta harus menjelaskan secara jelas dan sistematis mengenai kegiatan pencarian informasi yang telah dilakukannya.

Kegiatan ini bisa berupa membaca buku, artikel, jurnal, ikut seminar atau pelatihan, atau melakukan penelitian. Dibawah ini merupakan contoh deskripsi pencarian informasi baru yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Judul: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Murid dengan Metode Problem Based Learning

Deskripsi:

Saya pastinya selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Adapun, salah satu upaya yang saya lakukan yaitu dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis murid. Saya percaya jika kemampuan berpikir kritis adalah suatu keterampilan penting yang perlu dimiliki murid di era modern seperti sekarang ini.

Untuk bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis murid, saya melakukan berbagai macam kegiatan pencarian informasi baru. Salah satunya yaitu mengikuti seminar nasional mengenai pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Dalam seminar tersebut, saya mempelajari mengenai konsep dan penerapan metode problem based learning dalam proses pembelajaran.

Sementara itu, saya juga membaca berbagai macam artikel dan jurnal mengenai pembelajaran berbasis masalah. Saya juga mencari informasi di jaringan internet tentang metode ini.

Berdasarkan pada hasil pencarian informasi baru yang saya lakukan, saya menemukan bahwa proses pembelajaran berbasis masalah adalah suatu metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis murid. Metode ini mampu mendorong murid untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan memecahkan masalah secara mandiri.

Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, penerapan metode problem based learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis murid secara signifikan. Murid yang belajar dengan metode ini dinilai lebih mampu untuk menganalisis masalah, mengidentifikasi solusi, serta melakukan evaluasi solusi yang telah mereka temukan.

Berdasarkan pada hasil pencarian informasi baru dan penelitian yang telah saya lakukan, saya meyakini jika pembelajaran berbasis masalah adalah suatu metode yang tepat untuk diterapkan di dalam kelas saya. Saya pun mulai menggunaan metode ini dalam pembelajaran di kelas.

Hasilnya, saya melihat adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis murid secara signifikan. Murid saya menjadi lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Mereka juga lebih mampu dalam menganalisis masalah serta menemukan solusi yang tepat.

Saya merasa sangat puas dengan hasil yang telah saya capai. Saya berharap jika hasil penelitian saya bisa bermanfaat untuk guru-guru lain dalam hal meningkatkan kemampuan berpikir kritis murid.

Kesimpulan

Deskripsi diatas ini menunjukkan bahwa peserta telah melaksanaan pencarian informasi baru secara sistematis dan terarah. Peserta juga telah menjelaskan secara jelas mengenai kegiatan pencarian informasi yang dilakukannya, dan hasil yang telah dicapai.

Dalam menulis deskripsi pencarian informasi baru, para peserta harus memperhatikan hal berikut:

  • Jelaskan dengan jelas dan sistematis mengenai kegiatan pencarian informasi yang telah dilakukan.
  • Sebutkan sumber informasi yang dipakai.
  • Jelaskan hasil yang telah dicapai.
  • Hubungkan hasil pencarian informasi baru bersama dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran.

Dengan menulis deskripsi pencarian informasi baru dengan baik dan sesuai, peserta bisa menunjukkan bahwa mereka mempunyai motivasi yang kuat untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri. Peserta juga bisa menunjukkan bahwa mereka telah menerapkan hasil pencarian informasi baru dalam upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran.

Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad