Kotaku
Home Bisnis Profesi Checker Gudang: Pengertian, Tugas dan Kisaran Gajinya

Profesi Checker Gudang: Pengertian, Tugas dan Kisaran Gajinya

Profesi Checker Gudang Pengertian Tugas dan Kisaran Gajinya 2

KotakuID – Checker gudang merupakan istilah untuk menyebut sebuah profesi, di mana seseorang akan bertanggung jawab dalam memeriksa sekaligus mengurus segala hal yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran barang di gudang.

Perlu Anda ketahui, keberadaan seorang checker sebagai salah satu staff gudang sangat dibutuhkan. Hal ini dilakukan demi memastikan kesesuaian antara data dan realita lapangan. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui selengkapnya tentang pengertian checker gudang.

Pengertian Checker Gudang?

Checker Gudang

Di awal, perlu Anda pahami dulu bahwa sejatinya, checker merupakan divisi yang hampir selalu ada di setiap sektor, terutama dalam industri manufaktur. Nah checker ini berasal dari kata check yang berarti memeriksa ataupun mengecek dalam bahasa Inggris. Posisinya juga beragam seperti checker produksi, QC, gudang, dan lainnya.

Sampai di sini, bisa dipahami bahwa checker gudang merupakan seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab untuk membantu kegiatan administrasi barang, melakukan input mutasi stok, menatanya secara terstruktur, menyiapkan permintaan produk dari bagian produksi, serta menjaga kebersihan di area warehouse itu sendiri.

Tugas Checker Gudang

Profesi Checker Gudang: Pengertian, Tugas dan Kisaran Gajinya

Seperti yang telah dijelaskan di awal, mungkin Anda sudah bisa melihat jika tugas checker gudang yaitu sebagai berikut:

1. Melakukan pengecekan barang

Poin utama dari tugas checker gudang yaitu memeriksa setiap barang yang masuk dan keluar warehouse. Dalam hal ini, seorang checker tentu perlu memahami apa saja jalur masuk dan keluarnya barang.

2. Menjaga kualitas barang

Tugas checker gudang tidak hanya sebatas melakukan pengecekan barang ya! Perlu Anda ketahui, seorang checker gudang juga wajib untuk menjaga kualitas barang, baik dari segi packaging atau dari segi isinya agar tetap dalam kondisi yang bagus.

Pasalnya, pihak produksi terkadang tidak mau mengambil barang yang rusak, dan tentunya hal ini akan menjadi masalah bagi di kemudian hari.

3. Membuat laporan

Saat semua agenda kerja dan permintaan produksi telah terpenuhi, seorang checker gudang diwajibkan untuk membuat laporan. Khususnya sebelum melakukan pergantian shift. Laporan ini nantinya akan dijadikan sebagai acuan oleh shift selanjutnya yang akan meneruskan kinerja. Dan juga staff accounting gudang saat akan menginput data ke komputer.

Jadi pastinya, seorang checker gudang harus ekstra teliti dalam membuat laporan serta jangan sampai membuat kesalahan. Laporan ini termasuk pencatatan barang yang telah habis stok, tapi masih diminta oleh pihak produksi.

Selain itu, tugas checker gudang yaitu untuk melakukan koordinasi dengan atasan dalam menyeimbangkan storage barang di dalam gudang. Artinya, jangan sampai gudang terlalu penuh sehingga akan sangat sulit untuk mengambil barang.

Gaji Checker Gudang

Checker Gudang

Setelah mengetahui pengertian dan tanggung jawab seorang checker gudang, mungkin Anda masih bertanya-tanya. Sebenarnya, berapa sih gaji dari seorang checker gudang? Nah perlu Anda ketahui terlebih dahulu, sejatinya gaji checker gudang di Indonesia cukup bervariatif. Namun, pada umumnya nominal tersebut akan disesuaikan kembali dengan UMK daerah masing-masing.

Akan tetapi, besaran gaji dari checker gudang ini juga bisa mengalami peningkatan saat harus lembur ataupun melakukan pekerjaan tambahan lain. Khususnya selama liburan ataupun perayaan hari besar lainnya yang mengakibatkan naiknya proses distribusi barang.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang pengertian checker gudang lengkap hingga tugas dan ulasan gajinya. Kalau Anda merupakan seorang pebisnis dan mempunyai gudang, pasti sudah tahu jika merekrut seorang checker bukan hal yang mudah. Apalagi mengingat tugas dan tanggung jawabnya, tentu di butuhkan kualifikasi tertentu yang memadai, bukan?

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad