Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Cara Membuat Portofolio Digital Guru Penggerak di Google Sites, Yuk Simak!

Cara Membuat Portofolio Digital Guru Penggerak di Google Sites, Yuk Simak!

Kotaku.id – Berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara membuat portofolio digital Guru Penggerak. Selama pelatihan Guru Penggerak, para peserta diwajibkan untuk membuat portofolio digital di Google Sites. Portofolio digital ini nantinya akan digunakan untuk mendemonstrasikan kompetensi alumni PPGP (Program Pendidikan Guru Penggerak). Yakni kepada para pemangku kepentingan terkait.

Tugas utama dari portofolio yaitu untuk menunjukkan kompetensi dan pencapaian seseorang sekaligus perjalanan pengembangan pada dirinya. Hasil dari masa PPGP yang akan berlangsung selama sembilan bulan harapannya bisa ditunjukkan lewat portofolio digital.

Selain digunakan sebagai demonstrasi kompetensi alumni PPGP, portofolio juga dapat membantu pihak terkait. Khususnya dalam proses rekrutmen perjalanan karier alumni PPGP. Portfolio digital wajib mencantumkan beberapa item agar bisa berfungsi maksimal, seperti Profil Guru Penggerak.

Guru Penggerak merupakan para tenaga pendidik (guru) yang telah terpilih dari seluruh Indonesia. Dan dinyatakan lulus seleksi Program Pendidikan Guru Penggerak. Setelah ikut serta dalam program, mereka akan menjadi pemimpin dalam kegiatan pembelajaran dan mendukung perubahan dalam dunia pendidikan.

Cara Membuat Portofolio Digital Guru Penggerak di Google Sites

Guru penggerak nantinya akan diarahkan untuk membuat portofolio digital lewat berbagai penyedia situs. Salah satu penyedia situs dengan adanya akses terbuka yakni Google Sites.

Para aktor Guru Penggerak telah dibekali akun @belajar.id. Tidak hanya itu, penyedia situs Google Sites juga lebih mudah penggunaannya. Berikut ini merupakan pembahasan tentang cara membuat portofolio digital Guru Penggerak di Google Sites.

  1. Langkah pertama, silahkan buka peramban (browser) dan ketik Google.com. Jika peramban Anda memakai Google Chrome, maka halaman tersebut nantinya akan terbuka secara otomatis ketika membuka tab baru.
  2. Tekan ikon titik 9 yang ada di ujung atas layar lau cari “Sites” dan klik.
  3. Setelah terbuka, di bagian atas ada beberapa opsi template yang dapat digunakan. Anda dapat memilih tipe “Portofolio” atau “Student Portofolio”. Anda juga nantinya bisa memilih “Blank” jika ingin membuat dari awal.
  4. Buatlah profil singkat di bagian halaman depan yang menggambarkan diri Anda. Tampilan profil ini dapat diubah dengan berbagai macam pilihan jenis dan ukuran huruf, dan foto diri. Usahakan Anda memilih foto yang mencerminkan profesionalitas dari seorang pendidik.
  5. Di halaman yang sama, silahkan tambahkan keterangan profil diri yang dijelaskan di bagian B poin a (dampak dan RTL). Anda bisa menambahkan dokumen video, gambar dan slide.
  6. Untuk bisa menambahkan file, Anda dapat mengeksplorasi “Insert” di kolom kanan layar. Anda juga dapat mengubah layout sesuai yang telah dikehendaki.
  7. Setelah itu, Anda bisa tambahkan halaman dengan mengetik “Pages”. Di bagian ini, Anda dapat menambahkan item-item lain.
  8. Tekan ikon titik tiga pada nama halaman lalu pilih “Properties” untuk mengubah nama halaman.
  9. Anda dapat menambahkan beberapa halaman dengan klik ikon “+” di bawah daftar halaman. Namun, perlu diingat untuk hanya mencantumkan item yang relevan.
  10. Halaman “Artefak Aksi Nyata” bisa diisi 1—2 karya terbaik pada setiap paket modul. Anda juga bisa menambahkan sub-halaman atau tetap menampilkan ketiga karya di dalam satu halaman.
  11. Anda dapat berkreasi untuk mengisi setiap halaman dengan berbagai macam konten yang sesuai. Misalnya seperti tulisan video Youtube, (collapsible text), gambar bergeser (image d), dan lainnya. Sekali lagi, semua langkah dan tampilan yang dijelaskan di sini bisa disesuaikan dengan selera pilihan Anda.
  12. Jika sudah selesai mengisi, maka Anda bisa tekan tombol biru bertuliskan “Publish” di bagian pojok atas. Ubah pengaturan supaya situs yang terpublikasi bisa dilihat semua orang.

Kesimpulan

Itulah diatas pembahasan mengenai cara membuat portofolio digital guru penggerak. Semoga informasi yang disampaikan terkait cara membuat portofolio digital guru penggerak di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad