Kotaku
Home Bisnis Cara Membuat Kategori di Shopee Agar Penjualan Meningkat

Cara Membuat Kategori di Shopee Agar Penjualan Meningkat

Kotakuid – Agar tampilan toko Shopee Anda bisa semakin teratur dan rapi, maka Anda bisa membuat kategori toko. Berikut ini adalah cara membuat kategori produk di Shopee seller center dengan tepat dan mudah.

Pahami lebih dahulu mengenai kategori produkk shopee. Untuk bisa membuat kategori toko di Shopee, Anda bisa mengaturnya melalui kategori toko Shopee seller center. Dengan Anda membuat kategori produk, maka Anda bisa membuat tampilan toko menjadi lebih teratur sekaligus menampilkan produk terlaris serta promo yang berlangsung. E-commerce Shopee sendiri ada 2 jenis kategori toko, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Pemilihan Manual : Disini Anda bisa memilih secara manual produk yang akan ditambahkan ke dalam kategori.
  • Filter Berdasarkan Aturan Toko : Produk nantinya akan dipilih secara otomatis sesuai dengan filter yang sudah dibuat.

Membuat Kategori Produk Shopee Secara Manual

Cara membuat kategori di Shopee dengan pemilihan manual sangat mudah dilakukan, Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama Anda tekan tambah kategori.
  2. Masukkan nama kategori dan silahkan Anda pilih jenis kategori toko yakni pemilihan manu.
  3. Berikutnya, Anda bisa tambahkan produk yang akan dimasukkan ke dalam kategori, caranya mencari nama/kode produk
  4. Pilih produk yang akan Anda masukkan ke dalam kategori toko
  5. Setelah Anda menentukan produk, silahkan tekan tombol konfirmasi dan selesai.

Membuat Kategori Toko Berdasarkan Aturan Toko

  1. Langkah pertama, silahkan Anda tekan tambah kategori produk dan masukkan nama kategori selanjutnya pilih jenis kategori filter berdasarkan aturan
  2. Tekan Buat aturan filter untuk memilih produk otomatis
  3. Tentukan produk berdasarkan dengan kategori, merek, waktu upload produk, harga, dan juga diskon.
  4. Cari produk berdasarkan pada aturan filter yang sudah diatur.
  5. Kemudian Anda bisa lihat produk yang sudah di filter di bagian hasil filter
  6. Tekan konfirmasi pembuatan kategori toko
  7. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan kategori di halaman toko

Tips Meningkatkan Penjualan Shopee

Cara Membuat Kategori di Shopee

Para seller Shopee menginginkan jualan yang laris manis dan diminati oleh banyak pembeli.Tapi masih ada pebisnis yang belum mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan di Shopee. Sebenarnya ada 3 tips yang bisa Abda ikutin nih agar jualan Anda laris manis. Dibawah ini adalah tipsnya.

1. Coba Lakukan Riset Kata Kunci Shopee

Tips pertama, Anda bisa melakukan research keyword (riset kata kunci) di dalam aplikasi Shopee. Tujuan melakukan riset kata kunci yaitu agar produk Anda bisa berada di paling atas saat calon pelanggan mencari produk yang Anda jual.

Saat konsumen mencari produk pastinya akan keluar dari pencarian tersebut tidak satu atau dua produk saja, tapi ada ratusan produk serupa. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan riset kata kunci.

2. Membuat Tampilan Toko yang Bagus

Dengan Anda membuat tampilan toko lebih bagus dan teratur pastinya bisa menarik calon pelanggan untuk bisa mencari produk lainnya di toko Anda. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengatur dekorasi toko Shopee Anda agar lebih enak dilihat oleh konsumen dan pastikan arahan kepada produk juga mudah.

3. Menjadi Star Seller

Bayangkan jik Anda menjadi seorang pelanggan saat mencari barang, tentunya Anda akan memilih toko di dalam marketplace yang sudah terpercaya bukan ? Star seller yang ada di aplikasi Shopee berfungsi untuk menarik minat konsumen melakukan pembelian kembali (repeat order) dan menandakan jika pembeli percaya terhadap toko Anda.

Kesimpulan

Sebetulnya, strategi penempatan produk sesuai kategori sudah dilakukan sejak lama saat toko masih dengan keadaan offline. Biasanya, toko offline akan menempatkan produk tertentu seperti halnya produk terbaru atau terlaris di bagian depan agar para pembeli bisa langsung melihatnya. Hal ini juga berlaku di dalam toko online di marketplace. 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad