Kotaku
Beranda Bisnis Cara Membangun Customer Relationship yang Baik Dalam Bisnis  

Cara Membangun Customer Relationship yang Baik Dalam Bisnis  

Cara Membangun Customer Relationship yang Baik Dalam Bisnis 1

KotakuID – Customer relationship atau customer relations yaitu strategi perusahaan untuk menjaga hubungan sebaik mungkin dengan para pelanggan. Dengan tujuan untuk mempertahankan pelanggan yang ada agar melakukan pembelian berulang. Hubungan baik juga akan menjadikan pelanggan menjadi pelanggan yang setia dan tidak berpaling pada kompetitor lain.

Terkait hal ini, salah satu cara mempermudah komunikasi dengan para pelanggan, yakni dengan pengelolaan data pelanggan yang lebih optimal. Semakin bertambahnya jumlah pelanggan maka semakin baik pula perkembangan bisnis Anda. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa pengelolaan konsumen dalam bisnis sudah efisien.

Dalam era bisnis yang kompetitif seperti sekarang ini, customer relationship menjadi faktor kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif. Perusahaan yang mampu membangun hubungan kuat dengan pelanggan biasanya mempunyai keunggulan. Khususnya dalam mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik para pelanggan baru.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa Anda aplikasikan untuk membangun customer relationship yang baik.

1. Memberi Pelayanan (Service) Terbaik

Customer Relationship

Cara membangun customer relationship yang pertama dan terpenting yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan. Selain itu, memberikan pelanggan service yang memuaskan dengan membalas pesan mereka secepat mungkin, memberi solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah dan pertanyaan mereka. Dan, memberikan respons dan pengalaman yang baik untuk mereka yakni cara paling utama yang wajib dilakukan untuk membangun customer relationship yang baik.

2. Tingkatkan Komunikasi Dengan Pelanggan

Hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun customer relationship yang tetap berikutnya adalah meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. Saat berkomunikasi dengan para pelanggan, sangat penting untuk menjangkau mereka lewat saluran komunikasi yang mereka sukai. Jadi, Anda membutuhkan sebuah sistem yang bisa mempermudah bisnis untuk melakukan komunikasi. Khususnya dengan pelanggan dari berbagai saluran komunikasi bisnis yang Anda punya.

Sistem yang baik untuk menjadi solusi tersebut yakni dengan menerapkan sistem CRM Omnichannel. CRM Omnichannel ini akan bekerja dengan cara menghubungkan semua saluran komunikasi yang ada menjadi satu dan mengintegrasikannya dengan sistem CRM. Hal ini sehingga memungkinkan para pelanggan untuk terhubung dan menemukan bisnis dengan mudah dari saluran manapun yang disukai.

3. Meminta Umpan Balik Secara Teratur

Customer Relationship

Perlu Anda ketahui, hampir semua pelanggan lebih suka melakukan pembelian dengan merek dan bisnis yang memperhatikan dan mendengarkan kritik ataupun masukan mereka an meresponsnya.

Maka, cara yang baik untuk mengembangkan customer relationship adalah meminta umpan balik atau feedback dari pelanggan secara terus-menerus. Anda bisa  menggunakannya untuk meningkatkan produk dan layanan yang tersedia untuk menghasilkan produk yang lebih baik.

4. Berikan Hadiah Kepada Pelanggan Setia (Customer Relationship)

Pasti Anda sudah tahu bukan pelanggan yang sudah ada lebih cenderung membelanjakan lebih banyak. Akan tetapi yang harus Anda ketahui juga tentang pelanggan tetap yakni mereka membelanjakan uang 67% lebih banyak dibandingkan pelanggan baru.

Jadi jika Anda memberi investasi yang besar ke dalam program loyalitas pelanggan dengan memberi penghargaan kepada pelanggan reguler. Dengan melakukan ini, maka pendapatan Anda akan meningkat secara signifikan.

Contohnya, Anda bisa memberikan kepada pelanggan tetap Anda, sebuah tawaran secara terbatas, voucher discount, ataupun mengadakan acara program loyalitas. Misalnya, seperti gathering ataupun makan malam bersama. Hal ini juga akan membuat mereka merasa lebih dihargai sebagai pelanggan serta mendorong mereka untuk melakukan pembelian lebih banyak.

5. Selalu Terhubung dengan Pelanggan

Customer Relationship

Hubungan pelanggan, sama halnya seperti hubungan lainnya yang harus dirawat seperti tumbuhan yang terus di berikan pupuk lalu disirami agar mekar dan bisa tumbuh dengan sempurna.

Kesimpulan

Secara sederhananya, dalam membangun Customer Relationship maka Anda harus tetap terhubung dengan pelanggan Anda. Misalnya seperti mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun, hampers hari raya, dan email pemberitahuan tentang update produk, diskon serta penawaran spesial lainnya. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan seberapa besar Anda menghargai kesetiaan serta kepercayaan mereka.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan