Kotaku
Home Beasiswa Cara Melihat Pengumuman SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) Tahun 2024

Cara Melihat Pengumuman SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) Tahun 2024

KOTAKU.ID – SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) akan diumumkan hasilnya pada Selasa, 26 Maret 2024. SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) 2024 memiliki tiga jalur penerimaan antara lain SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan Jalur Mandiri.

Diantara ketiga tersebut, pelaksanaan SNBP akan mencapai tahap pengumuman dalam waktu dekat ini. Berikut ini cara melihat pengumuman SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) Tahun 2024 yang dapat anda simak:

Penyelenggara SNPMB telah menyiapkan link secara khusus untuk melihat pengumuman bagi para pendaftar SNBP Tahun 2024. Sebelum waktu hasil pengumuman dibagikan, tautan yang dapat diakses tersebut hanya dapat memperlihatkan timer pengumuman. Anda dapat membuka link pengumuman SNBP melalui link berikut https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/timer.html. Adapun pengumuman hasil tersebut baru dibuka mulai 26 Maret 2024, pukul 15.00 WIB. Selain dapat dilihat melalui link SNPMB, hasil kelulusan jalur prestasi juga dapat dilihat melalui link resmi perguruan tinggi (PTN) penerima.

Panduan Cek Pengumuman SNBP 2024

Cara mengecek pengumuman SNBP 2024 bisa diterapkan pada timer pengumuman SNPMB maupun tautan resmi universitas tujuan. Berikut ini langkah yang dapat anda lakukan untuk cek hasil SNBP 2024 di laman resminya:

  1. Membuka situs resmi https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/timer.html
  2. Akan muncul beberapa kolom pengisian ketika sudah masuk waktu pengumuman, 26 Maret 2024 pukul 15.00 WIB
  3. Mengisi nomor pendaftaran peserta dan tanggal lahir
  4. Kemudian klik “Lihat Hasil Seleksi”
  5. Peserta yang dinyatakan lolos akan mendapatkan tulisan warna biru yang terdapat kalimat “Selamat, Anda lolos SNBP 2024”
  6. Lalu, peserta yang dinyatakan tidak lolos akan mendapatkan tulisan “Anda tidak lolos” berwarna merah.

Cara Melihat Nomor Pendaftaran SNBP 2024

Berdasarkan salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu peserta didik wajib menjalankan proses finalisasi akhir. Kemudian peserta didik pendaftar SNBP dapat mencetak kartu peserta SNBP. Pada kartu tersebut menyediakan berbagai macam informasi peserta didik, sebagai berikut:

  • Nomor Peserta
  • Nama Peserta
  • NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  • Nama Sekolah
  • Kabupaten/Kota dan Provinsi
  • PTN serta prodi yang dipilih

Cara melihat nomor pendaftaran SNBP 2024 dapat dilakukan dengan membuka dokumen kartu pesertanya, dan anda dapat mencari tulisan “nomor peserta” serta angka yang terlampir tersebut merupakan identitasnya. Berikut ini cara melihat nomor pendaftaran SNBP 2024:

  • Membuka dokumen Kartu Peserta SNBP 2024, bisa melalui bentuk digital atau yang sudah dicetak
  • Mencari barisan yang bertuliskan “Nomor Peserta”
  • Melihat angka yang tersaji di barisan, dan angka tersebut merupakan nomor pendaftaran SNBP 2024

Cara Cek Nomor Peserta Pendaftaran SNBP 2024

Berikut ini merupakan cara untuk memeriksa kartu pendaftaran beserta nomor peserta pendaftaran:

  • Akses laman SNPMB https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Klik menu “Masuk” lalu ketik alamat email dan kata sandi yang telah dibuat saat registrasi di kolom yang tersedia kemudian klik “masuk”
  • Selanjutnya layar akan menunjukkan beberapa menu pilihan dan anda dapat memiliki menu “Kartu Peserta” kemudian unduh kartu peserta
  • Nomor pendaftaran dapat diperiksa pada bagian paling atas dari kartu
  • Anda dapat mencetak dan menyimpan “Kartu Peserta” dengan baik, karena kartu tersebut akan digunakan untuk melakukan daftar ulang di PTN tujuan.

Selain dapat melakukan pengecekan hasil SNBP 2024 melalui laman resmi SNPMB, anda juga dapat mengakses hasil SNBP melalui link mirror perguruan tinggi. Link mirror tersebut akan menyajikan daftar mirror link yang dapat dibuka untuk memantau informasi kelulusan. Daftar link mirror akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Demikian penjelasan tentang cara melihat pengumuman SNBP Tahun 2024. Anda salah satu pendaftarnya? Jangan lupa untuk mengecek pengumuman ketika portal telah dibuka. Semoga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, terima kasih!

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad