Kotaku
Home Beasiswa Bukan Hanya Rata-rata Nilai Rapor, Ini 7 Faktor Penentu Kelulusan SNBP 2024

Bukan Hanya Rata-rata Nilai Rapor, Ini 7 Faktor Penentu Kelulusan SNBP 2024

image 210

Apa saja faktor penentu kelulusan SNBP 2024 – Berlangsungnya proses Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, siswa yang dinyatakan memenuhi persyaratan dapat mendaftarkan diri dalam seleksi ini.

Sebagai informasi bahwa tahapan pendaftaran SNBP 2024 telah dibuka mulai  14 hingga 29 Februari mendatang.

Namun, tahukah kamu bahwa faktor penentu kelulusan SNBP 2024 tidak hanya dilihat dari nilai rapor saja. Terdapat beberapa faktor pendukung yang dapat membuat pelamar lolos seleksi SNBP.

Mau tahu apa saja faktor penentu kelulusan SNBP 2024? Simak ulasannya berikut ini.

Faktor Penentu Kelulusan SNBP 2024

Seperti yang diketuai bahwa seleksi SNBP 2024 akan memberikan kesempatan bahwa calon mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan dan melakukan berbagai tahapan untuk dapat melanjutkan ke perguruan tinggi impian.

SNBP sebagai salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menggunakan nilai akademik dan prestasi siswa sebagai dasar penentuan kelulusan.

Penentuan kelulusan dilihat dari rata-rata nilai rapor yang dilaksanakan mulai dari semester 1 hingga semester 5.  Nilai rapor yang memenuhi persyaratan akan sangat mempengaruhi kelulusan siswa dalam seleksi ini.

Sehingga jika pelamar mempunyai nilai rata-rata rapor yang tinggi maka ia akan berpeluang tinggi untuk lolos dalam SNBP.

Lalu bagaimana jika siswa merasa nilai rapornya tidak terlalu tinggi? Selain, nilai rata=rata rapor peluang kelulusan juga dapat diperluas dengan beberapa faktor penentu kelulusan SNBP 2024.

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor penentu kelulusan SNBP 2024:

1. Nilai Rapor

Faktor utama dalam menentukan kelulusan SNBP 2024 adalah rata-rata nilai rapor. Nilai rapor sesuai dengan besar nilai, konsistensi, dan rata-rata nilai. Selain itu terdapat beberapa nilai pelajaran yang akan lebih diutamakan sesuai dengan kebijakan pihak Perguruan Tinggi Negeri yang dituju.

2. KKM Sekolah                 

Adanya kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang tinggi pada suatu lembaga pendidikan. Maka akan memberikan indikator penting dalam penilaian peluang kelulusan siswa. Semakin tinggi jumlah KKM yang ditetapkan, maka sekolah tersebut akan dianggap semakin baik kualitas siswanya.

3. Tingkat Prestasi Siswa

Tidak hanya penilaian rata-rata rapor, faktor penentu kelulusan SNBP 2024 dapat didukung dengan adanya prestasi siswa. Baik itu prestasi tingkat nasional, internasional, provinsi atau kabupaten/kota.apalagi jika siswa mendapatkan prestasi sebagai juara dalam suatu perlombaan atau pertandingan tingkat nasional bahkan internasional, akan mendapat peluang lebih luas untuk lolos SNBP.

4. Sertifikat

Faktor penentu kelulusan SNBP lainnya adalah sertifikat yang disertakan. Namun, p=dalam penyertaan sertifikat ini perlu diperhatikan, bahwa hanya sertifikat dengan kredibilitas yang baik yang akan diterima dna diperhitungkan. Selain sertfikat tetapi bobit dna nilai yang dimiliki sertfikatersbeut uga akan diperhitungkan. Dalam hal ini LTMPT telah memberikan panduan yang jelas tentang sertifikat yang dapat digunakan dalam mengikuti pendaftaran SNBP 2024.

Hal ini perlu dicermati oleh pelamar SNBP, jadi jangan meng upload banyak sekali sertifikat yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

5. Akreditasi

Akreditasi menentukan kualitas siswa, sehingga bukan hanya label belaka. Namun juga dijadikan tolak ukur melihat bagaimana kualitas siswanya. Semakin baik akreditasi sekolah, maka akan besar juga peluang pendaftar lolos ke SNBP 2024. Dengan memiliki akreditasi yang tinggi, siswa juga akan memiliki peluang kelulusan yang besar.

6. Domisili

Ternyata domisili juga memberikan beberapa peluang kamu dapat lolos SNBP lho. Misla jika kamu berada di domisili Jawa Timur dan mendaftar PTN yang juga berada di wilayah tersebut maka peluang lulus juga lebih besar. Dibandingkan dengan yang dari luar wilayah tersebut. Namun, tentu saja ini hanya lah faktor pendukung, untuk faktor utama tetap dilihat dari nilai akademik dalam rapor.

7. Alumni

Kmau dapat mencari informasi tentang data alumni yang telah berhasil masuk ke PTN tujuan, apalagi jika mereka terdaftar dalam bidang yang diinginkan. Jejak rekam alumni dapat berkontribusi dalam menentukan kelulusan SNBP.

Tips Lolos SNBP 2024

Untuk lebih membuka lebar peluang kelulusan SNBP 2024, silahkan simak tips berikut ini:

Pahami Tujuan, Visi dan Misi SNBP

Sebelum memulai persiapan, pahami terlebih dahulu tujuan dan visi, misi SNBP 2024. Mengerti bahwa ini bukan hanya tentang nilai akademis, tetapi juga melibatkan aspek non-akademis seperti proyek, ekstrakurikuler, dan keterampilan soft skills.

Buat Portofolio Berkualitas:

Kamu dapat mengumpulkan proyek-proyek atau karya-karya yang mencerminkan kemampuan dan bakat yangs esuai dengan kualifliasi dna bidnag progar studi yang diambil.  Pastikan portofolio yang dibuat telah memenuhi standar pembuatan, menarik dan kreatif dengan informasi yang jelas.

Aktif dalam Ekstrakurikuler:

SNBP memberikan nilai tambahan untuk partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Pilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, dan tunjukkan kontribusi positif Anda dalam kegiatan tersebut.

Kembangkan Keterampilan Soft Skills:

Fokuslah pada pengembangan keterampilan soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kerjasama tim. Latih diri Anda untuk menjadi siswa yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

Perkuat Kesiapan Ujian Keterampilan:

Selain persiapan ujian tertulis, pastikan Anda mempersiapkan diri untuk ujian keterampilan. Praktikkan keterampilan praktis sesuai dengan bidang studi Anda untuk menunjukkan kemampuan praktis Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad