Kotaku
Home Bisnis Mengenal Bisnis Franchise dan Beragam Jenisnya

Mengenal Bisnis Franchise dan Beragam Jenisnya

Mengenal Bisnis Franchise dan Beragam Jenisnya 1

KotakuID – Salah satu contoh bisnis franchise yang populer saat ini yaitu Mixue, sebuah gerai es krim yang berasal dari Tiongkok yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai lokasi, seperti di minimarket. Mixue menjadi sangat populer sehingga hadirlah istilah “di mana saja ada ruko kosong, pasti ada Mixue yang buka”. Sebagai informasi tambahan, mari pelajari lebih lanjut mengenai konsep bisnis franchise.

Pengertian Bisnis Franchise

Bisnis franchise atau waralaba merupakan salah satu model bisnis dimana si pemilik bisnis akan memberikan hak pemakaian merek dagang, sistem operasi, serta dukungan kepada pihak lain (yang disebut dengan “franchise”). Dengan tujuan untuk menjalankan bisnis dengan menerapkan merek dagang, sistem operasi, dan dukungan tersebut.

Pihak franchisee wajib membayar biaya awal, royalti, serta biaya iklan kepada si pemilik bisnis sebagai imbalan atas hak pemakaian merek dagang dan dukungan yang telah diberikan.

Dalam dunia bisnis franchise, pemilik bisnis akan memberikan hak kepada pihak franchisee untuk bisa menjual produk dan jasa yang sama berdasarkan merek dagang yang dimiliki oleh si pemilik bisnis.

Pihak franchisee dituntut untuk menjalankan bisnis sesuai standar dan prosedur yang ditetapkan oleh pemilik bisnis dengan tujuan mempertahankan kualitas merek dagang tersebut. Dalam hal ini, si pemilik bisnis akan bertanggung jawab secara penuh untuk memberikan pelatihan, dukungan teknis, bahan baku, dan strategi pemasaran bahkan iklan kepada pihak franchise.

Bisnis franchise bisa menjadi suatu pilihan yang baik bagi mereka yang baru akan memulai bisnis tanpa menciptakan merek dagang ataupun sistem operasi mereka sendiri dari awal. Sementara itu, bisnis franchise juga bisa meminimalkan risiko usaha karena merek dagang serta sistem operasi yang teruji dan terbukti berhasil sudah ada sebelumnya.

Akan tetapi, sebagai franchisee, seseorang wajib membayar biaya awal yang cukup besar dan wajib ikut serta dalam semua standar yang telah ditetapkan oleh pemilik bisnis.

Jenis Bisnis Franchise

Bisnis Franchise

Berikut ini merupakan beberapa jenis bisnis franchise yang bisa Anda ketahui.

  • Makanan dan Minuman. Jenis ini merupakan jenis franchise paling umum dan populer. Dalam kategori ini termasuk diantaranya franchise restoran, kafe, warung, toko roti, gerai minuman, dan lain sebagainya.
  • Ritel. Jenis bisnis franchise yang satu ini termasuk franchise toko buku, toko pakaian, minimarket, toko elektronik, toko kecantikan, dan serta lain sebagainya.
  • Layanan. Jenis bisnis franchise ini diantaranya salon kecantikan, pusat kebugaran, agen perjalanan, laundry, kantor pos, pengiriman paket, dan lainnya.
  • Pendidikan. Yang mencakup bisnis franchise ini yaitu , pusat pelatihan komputer, lembaga bimbingan belajar, kursus bahasa, dan lain-lain.
  • Kesehatan dan Kecantikan. Jenis bisnis franchise ini yakni franchise salon spa, pusat kecantikan, klinik medis, klinik gigi, dan lainnya.
  • Jasa profesional. Jenis bisnis ini diantaranya franchise , jasa keamanan, jasa perencanaan keuangan, jasa pembersihan, jasa perencanaan acara, dan lainnya.
  • Hiburan. Jenis bisnis franchise ini diantaranya arena olahraga, tempat bermain anak-anak, franchise bioskop, tempat bowling, dan lainnya.
  • Otomotif. Jenis bisnis franchise ini diantaranya franchise stasiun servis, bengkel mobil, dealer mobil, dan lainnya.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah bisnis franchise ini jenis bisnis yang banyak untungnya terutama bagi para pemula. Namun biasanya, modal yang dikeluarkan untuk bisnis ini tidak sedikit.

Meski demikian, resiko untuk bisnis Anda gagal akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan memulai bisnis atas nama ataupun merek dagang Anda sendiri.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad