Bagaimana Perangkat Ajar yang Baik? Berikut Ini Penjelasannya
Kotaku.id – Pembahasan dibawah ini akan membahas mengenai perangkat ajar yang baik. Nah, sebelum mengetahuinya yuk kenali dulu maksud dari perangkat ajar!
Perangkat Ajar di dalam platform Merdeka Mengajar ini berisikan kumpulan perangkat ajar yang berbasis Kurikulum Merdeka. Adapun, perangkat ajar ini dapat digunakan oleh para pendidik untuk mencari referensi maupun inspirasi materi pengajaran. Khususnya, sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan para peserta didiknya. Perangkat ajar ini biasanya bisa berupa bahan ajar, modul ajar/RPP+, modul projek, atau bisa buku teks.
Melalui Perangkat Ajar, Anda sebagai pendidik bisa dengan mudah menemukan inspirasi materi pengajaran sesuai pada mata pelajaran dan fase Anda mengajar. Setiap perangkat ajar diketahui juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran. Yang mana akan memudahkan Anda dalam menavigasi proses pembelajaran yang sesuai pada prinsip Kurikulum Merdeka.
Bagaimana Perangkat Ajar yang Baik?
Perangkat pembelajaran yang baik merupakan berbagai macam bahan ajar yang bisa digunakan dan diterapkan oleh guru dengan tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal, efektif, dan efisien. Pendidik bisa dengan mudah menggunakan berbagai macam sumber pengajaran terkait dari berbagai sumber.
Perangkat ajar menawarkan berbagai macam sumber pengajaran yang bisa digunakan untuk membantu guru yang memerlukan referensi pelajaran. Pendidik mempunyai keleluasaan untuk bisa mengkreasikan sendiri, memilih serta mengubah perangkat pengajaran yang tersedia dan sesuai dengan konteks, karakteristik serta kebutuhan peserta didik. Perangkat pembelajaran yang baik di dalam kurikulum Merdeka merupakan buku teks dan modul ajar yang dapat membantu guru untuk mengimplementasikan kurikulum mandiri. Kurikulum Merdeka diketahui lengkap dengan perangkat pembelajaran yang diharapkan oleh para guru. Dengan tujuan agar tidak bingung dalam melaksanakan program tersebut. Perangkat pembelajaran juga membantu para guru untuk memperdalam ilmu yang akan disampaikan kepada para siswa.
Syarat Perangkat Ajar Yang Baik
Setelah mengetahui bagaimana perangkat ajar yang baik. Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui syarat perangkat ajar yang baik. Dibawah ini merupakan penjelasan lengkapnya.
- Berorientasi terhadap peserta didik. Bahan ajar yang mampu menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, interaksi siswa, serta sumber belajar yang bisa mendorong siswa. Khususnya, untuk membangun pengetahuannya sendiri, mendorong siswa untuk bisa belajar dalam kelompok, dan mendorong para siswa untuk berlatih membaca.
- Akurat. Ketika akan membuat perangkat ajar yang akurat dan baik, maka Anda perlu memperhatikan kausalitas. Perlu diketahui, bahwa akurasi bisa dilihat dari segi ketepatan penyajian dan menyajikan hasil penelitian dengan benar.
- Kesesuaian. Syarat perangkat ajar yang baik selanjutnya adalah bahan ajar yang baik pastinya mempunyai keseimbangan kompetensi yang bisa dikelola dengan cakupan isi, kedalaman pembahasan serta pengetahuan pembaca.
- Lengkap dan sistematis. Perangkat ajar yang baik diketahui mampu menyebutkan keterampilan yang wajib dikuasai oleh pembaca, menonjolkan manfaat untuk menguasai keterampilan dalam kaitannya. Khususnya dengan kehidupan pembaca, menyajikan daftar isi serta daftar pustaka.
- Komunikatif. Komunikatif berarti isi buku mudah dicerna oleh pembaca, sistematis dan jelas, serta tidak mengandung kesalahan pada segi kebahasaan.
Jenis Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka
Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan RI secara resmi telah menyiapkan beberapa perangkat ajar dalam kurikulum merdeka, antara lain adalah sebagai berikut:
1. Buku Teks
Buku teks merupakan jenis perangkat ajar dalam bentuk buku pelajaran dalam setiap bidang mata pelajaran tertentu. Buku ini diketahui menjadi sumber informasi dengan susunan secara terstruktur dan urut. Buku teks diketahui terbagi menjadi buku teks utama dan pendamping.
Buku teks utama merupakan sebuah buku pelajaran yang digunakan dalam proses belajar sesuai kurikulum. Dan disediakan oleh pemerintah tanpa ada pungutan biaya sedikitpun. Sebaliknya, buku teks pendamping mempunyai peran sebagai pendamping buku teks utama yang mana biasanya disediakan dengan biaya tambahan ataupun membelinya.
2. Modul Ajar
Selanjutnya ada modul ajar, jenis perangkat ajar ini merupakan perangkat ajar yang digunakan oleh guru untuk kegiatan belajar mengajar dengan tujuan untuk mencapai profil pelajar berdasarkan pada pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP).
Mudahnya, modul ajar ini diketahui menjadii gambaran dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Yang mana disusun sesuai dengan tahapan perkembangan siswa. Modul belajar ini mampu membuat guru mempunyai kewenangan untuk:
- Menentukan serta mengembangkan modul ajar yang tersedia dari pemerintah dengan tujuan untuk menyesuaikan perangkat ajar dengan ciri khas dari siswa.
- Membuat sendiri perangkat ajar sesuai karakter para siswa.
Dalam pengembangannya, guru dan satuan pendidikan dapat menerapkan berbagai macam strategi. Selama perangkat yang dibuat untuk memenuhi kriteria yang ditentukan dan aktivitas belajar dalam perangkat sesuai pada konsep belajar dan asesmen.
3. Modul Proyek
Terakhir yaitu ada modul proyek, perangkat ajar ini dibuat sebagai panduan pihak sekolah untuk pelaksanaan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Terkait dengan hal ini, perangkat ajar modul proyek mamppu mendeskripsikan rencana belajar dengan konsep yang berbasis proyek atau project based.
Sebagai salah satu perangkat ajar, modul proyek wajib dibuat sesuai dengan tahap maupun fase perkembangan siswa, mempertimbangkan topik dan tema proyek, dan yang terakhir berdasarkan perkembangan jangka panjang. Aspek terpenting dari perangkat ajar ini adalah pengembangan sesuai dengan elemen, dimensi, serta sub-elemen Profil Pelajar Pancasila.
Itulah diatas pembahasan mengenai bagaimana perangkat ajar yang baik. Semoga, pembahasan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.