Kotaku
Home Bisnis Arti Trucking dalam Dunia Logistik: Jenis, Keuntungan dan Tarif Layanan

Arti Trucking dalam Dunia Logistik: Jenis, Keuntungan dan Tarif Layanan

Arti Trucking dalam Dunia Logistik Jenis Keuntungan dan Tarif Layanan 2

Kotakuid – Di dalam industri logistik Indonesia, pemakaian truk sebagai sarana transportasi ini memainkan peran yang sangat penting. Proses pengiriman barang dengan menggunakan truk ini dikenal dengan istilah “trucking”.

Ulasan ini akan menjelaskan pengertian trucking di dalam dunia logistik yang harus Anda ketahui, dan ada beberapa jenis layanan trucking, keuntungannya, parameter tarif yang harus diperhatikan, serta pertimbangan dalam memilih layanan trucking.

Arti Trucking

Trucking

Trucking dalam dunia logistik ini berfokus pada kegiatan pengiriman barang dengan menggunakan truk sebagai sarana transportasi. Di dalam konteks logistik, trucking ini melibatkan pengangkutan barang dari sumber produksi ataupun gudang penyimpanan ke tujuan akhir. Baik itu ke pelanggan ataupun ke tempat distribusi selanjutnya. Bahkan, metode ini sering digunakan untuk pengiriman jarak dekat sampai menengah di Indonesia.

Jenis-jenis Layanan Trucking

Di dalam layanan trucking, ada dua jenis layanan utama yang sering digunakan di Indonesia:

1. Full Truck Load (FTL)

Layanan FTL terjadi saat muatan sebuah truk telah penuh dengan barang dari satu pengirim dan akan dikirim langsung ke satu tujuan. Dalam layanan ini, truk akan didedikasikan sepenuhnya untuk satu pengirim. Sehingga memungkinkan pengiriman barang dengan waktu yang jauh lebih cepat dan meminimalkan risiko kerusakan ataupun kehilangan barang selama perjalanan.

2. Less Than Truckload (LTL)

Layanan LTL terjadi saat muatan truk tidak mencapai kapasitas penuh dan dipakai untuk mengangkut barang dari beberapa pengirim yang berbeda untuk menuju tujuan yang berbeda juga. Layanan ini menekankan pengiriman barang dalam jumlah yang lebih kecil dan fleksibel. Dan bisa mengurangi biaya transportasi bagi pengirim yang memerlukan kapasitas pengiriman yang lebih kecil.

Keuntungan Layanan Trucking di Dunia Bisnis

Trucking

Layanan trucking ini menawarkan beberapa keuntungan yang signifikan, diantaranya sebagai berikut.

1. Fleksibilitas

Trucking akan memberikan fleksibilitas dalam hal waktu dan rute pengiriman. Truk bisa mengambil dan mengantarkan barang secara langsung dari pintu ke pintu, menghindari keterbatasan aksesibilitas yang sering terjadi, khususnya di daerah-daerah terpencil. Hal ini juga memungkinkan pengiriman bisa lebih cepat dan tepat waktu ke berbagai lokasi di seluruh Indonesia.

2. Efisiensi Biaya

Layanan trucking ini cenderung lebih efisien dari segi biaya jika dibandingkan dengan pengiriman memakai moda transportasi lain, terutama jarak yang tidak terlalu jauh. Dengan memanfaatkan truk yang ada, pengirim bisa mengoptimalkan kapasitas angkut serta bisa mengurangi biaya tambahan yang terkait dengan pemakaian moda transportasi lain.

3. Penanganan Barang

Layanan trucking juga akan memberikan kontrol yang lebih baik terhadap penanganan barang selama proses perjalanan. Dalam banyaknya kasus, barang akan dikemas dengan baik dan langsung dimuat ke dala, truk. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan selama proses transfer dari satu moda transportasi ke moda transportasi yang lain.

Parameter Tarif Layanan Trucking

trucking

Beberapa parameter yang harus diperhatikan saat menentukan tarif layanan trucking ini meliputi:

1. Jarak Pengiriman

Tarif trucking pada umumnya dipengaruhi oleh jarak pengiriman barang. Semakin jauh jarak yang akan ditempuh, maka semakin tinggi pula biaya yang dibutuhkan.

2. Bobot dan Dimensi Barang

Berat dan dimensi barang juga akan menjadi faktor penentu tarif. Barang yang berat dan besar akan membutuhkan lebih banyak ruang. Bahkan biasanya, dapat mempengaruhi kapasitas angkut truk yang dapat memengaruhi tarif.

3. Kecepatan Pengiriman

Jika pengiriman memerlukan waktu yang cepat, layanan dengan prioritas pengiriman tinggi mungkin akan menawarkan tarif yang lebih tinggi juga.

Kesimpulan

Jadi arti dari trucking logistik ini adalah kegiatan pengiriman barang dengan menggunakan truk sebagai sarana transportasi. Bagi Anda yang mempunyai usaha atau sedang menjalankan bisnis disarankan mencoba menggunakan layanan trucking ini. Selain biaya pengirimannya terjangkau, layanan ini juga sangat fleksibel dalam hal waktu dan pengiriman.

Demikian pembahasan tentang trucking dalam dunia logistik, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda ya!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad