Kotaku
Home Bisnis Arti Sistem Ready Stock : Keuntungan dan Perbedaan dengan Pre Order

Arti Sistem Ready Stock : Keuntungan dan Perbedaan dengan Pre Order

KotakuID – Sistem Ready stock merupakan istilah yang sering di jumpai saat berbelanja online melalui website ataupun marketplace.  Kemajuan dunia digital yang semakin pesat mampu membuat semua orang mendapatkan berbagai kebutuhannya hanya dengan melalui smartphone.

Akan tetapi, masih banyak orang yang kurang dalam memahami berbagai istilah berbelanja online. Diantaranya seperti ready stock, pre order, paylater, dan lain sebagainya.

Nah, ulasan kali ini akan membahas apa yang dimaksud dengan barang ready stock dan perbedaannya dengan sistem pre order. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Safety Stock Dalam Persediaan Barang

Arti Ready StockArti Sistem Ready Stock : Keuntungan dan Perbedaan dengan Pre Order

 

Arti dari ready stock merupakan istilah dalam pembelian barang dimana produk telah tersedia secara langsung. Sehingga, bisa langsung dilakukan pemesanan tanpa ada estimasi waktu.

Dalam bahasa Indonesia, ready artinya siap. Kata ini sering digunakan dalam aktivitas belanja online untuk menanyakan kesediaan pada suatu barang. Biasanya, penjual akan memberikan label yang berupa “ready stock” pada barang mereka yang masih tersedia.

Jika konsumen ingin membeli suatu barang atau produk, mereka akan bertanya “ready?” untuk memastikan bahwa stock barang masih ada.

Dengan begitu, ready stock merupakan istilah yang menunjukkan bahwa suatu produk bisa secara langsung dipesan oleh pembeli dan nantinya akan segera dikirim oleh penjual.

Durasi waktu kedatangan barang setelah proses pengiriman akan tergantung dengan ekspedisi kurir yang dipilih oleh pembeli. Biasanya, rentang waktu lamanya pengiriman barang yakni sekitar 2-3 hari setelah dilakukannya pengiriman.

Baca Juga : Cross Docking (Gudang Transit) : Pengertian, Jenis dan Keuntungannya

Keuntungan Sistem Ready Stock

Sistem ready stock ini banyak digunakan oleh para pelaku usaha online karena mempunyai berbagai macam kelebihan, tidak hanya untuk penjual tapi juga konsumen.

Kelebihan dari sistem ready stock merupakan proses transaksinya bisa dilakukan dengan cepat tanpa ada estimasi waktu pemesanan seperti halnya pre order.

Hal ini karena, produk yang ada di dalam sistem ready stock sudah tersedia dan siap untuk dikirimkan. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan pembeli karena mereka bisa langsung mendapatkan produk.

Dengan demikian, konsumen hanya harus menunggu proses pengiriman dan setelahnya bisa secara langsung menerima produk yang mereka beli.

Dari sisi penjual, mereka sangat di untungkan karena akan lebih banyak konsumen yang merasa tertarik untuk membeli barang ready stock. Sehingga penjualan akan semakin lebih mudah.

Perbedaan Pre Order dan Ready Stock

Arti Sistem Ready Stock : Keuntungan dan Perbedaan dengan Pre Order

Selain ready stock, ada juga sistem penjualan online lainnya yang umum digunakan oleh banyak pelaku usaha yakni pre order. Setelah Anda mengetahui pengertian dan keuntungan sistem ready stock, Anda juga perlu mengetahui apa yang membedakan dengan pre order.

Sebelum Anda mempelajari perbedaan pre order dan ready stock, sebaiknya Anda memahami dulu pengertiannya. Pre order merupakan suatu sistem pembelian di mana pembeli wajib melakukan booking atau pemesanan dan membayarnya di awal.

Para penjual nantinya akan menetapkan batas waktu bagi para konsumen untuk bisa memesan barang pre order. Biasanya, masa booking yakni sekitar 2-3 minggu. Nah, saat masa pemesanan telah berakhir, pembeli sudah tidak bisa lagi melakukan pemesanan. Pembayaran dalam sistem pre order down payment dengan besaran yang berbeda-beda.

Setelah pembeli membayar DP, barang baru akan diproses terlebih dahulu oleh si penjual dengan estimasi waktu yang sudah di tentukan.

Biasanya, proses ini berkaitan dengan pembuatan produk atau pemesanan dari si pemasok. Setelah barang pre order selesai di proses, penjual bisa mengirimkannya kepada pembeli. Sisa pembayaran yang belum di lunasi akan dilakukan jika para konsumen sudah menerima barangnya.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai arti ready stock, keuntungan dan perbedaannya dengan pre order. Barang ready stock ini adalah produk yang tersedia di gudang dan siap untuk dikirimkan setelah pembeli melakukan pembayaran.

Memastikan produk yang Anda beli dalam keadaan ready stock adalah suatu hal penting, terlebih lagi jika barang tersebut sangat dibutuhkan. Hal ini pun berlaku saat Anda menjadi seller, selalu pastikan jika produk yang akan di jual sudah diberikan keterangan ready stock atau pre order.  Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda ya.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad