Kotaku
Home Bisnis 7 Daftar Aplikasi Marketplace Terlaris di Indonesia 2023

7 Daftar Aplikasi Marketplace Terlaris di Indonesia 2023

7 Daftar Aplikasi Marketplace Terlaris di Indonesia 2023

Kotakuid – Aplikasi marketplace di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan pesat yang mengesankan selama semester tahun 2023. Berdasarkan pada data pengunjung marketplace, ada beberapa platform utama yang berhasil meraih perhatian banyak pengguna. Yakni dengan Shopee menduduki posisi tertinggi. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut dari aplikasi marketplace yang paling laris di Indonesia:

1. Shopee

Aplikasi Shopee diketahui menjadi peringkat pertama yang paling banyak di install berdasarkan pada kategori yang sudah dibahas sebelumnya. Alasan utama banyaknya konsumen yang memilih Shopee karena harga dari produknya yang terjangkau.

Adapun, untuk kategori produk yang paling populer di aplikasi marketplace ini adalah kecantikan, fashion (khususnya muslim fashion), serta peralatan rumah tangga. Ada fitur seperti ShopeeLive, asisten penjual, chat bot, serta masih banyak lagi yang bisa memudahkan para penggunanya.

2. Tokopedia

Dilansir dari survei dari ecommerceIQ, alasan banyak pengguna yang memilih menggunakan aplikasi ini yakni karena banyaknya ragam pilihan produk yang ada. UMKM mendominasi jumlah merchant dalam marketplace ini.

Ada banyak fitur yang bisa memudahkan penjual seperti promosi, statistik toko, broadcast chat, serta keuangan untuk meminjam modal untuk mengembangkan usahanya. Kategori produk yang pencariannya paling banyak di dalam aplikasi ini antara lain yaitu produk elektronik, fashion, serta bahan makanan.

3. Lazada 

Aplikasi marketplace ini mempunyai reputasi yang baik di kalangan pengguna dengan harganya yang sangat terjangkau. Selain itu, jumlah pengikut Lazada di media sosial Facebook juga menjadi  yang paling banyak dibandingkan marketplace lainnya. Kategori populer di dalam platform ini yaitu antara lain produk fashion dan elektronik.

4. Blibli 

Salah satu alasan banyak konsumen yang menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja yaitu karena reputasi pelayanan dan produk yang otentik. Pada saat ini, mitra dari marketplace Blibli telah mencapai 16 ribu toko yang tersebar pada lebih dari 300 kota.

Kategori produk yang paling banyak diminati di dalam aplikasi manajemen marketplace ini yaitu ada elektronik, fashion, dan bahan makanan. 

5. Bukalapak

Harga produk yang murah serta banyaknya pilihan produk juga menjadi salah satu alasan banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi ini. Untuk pengusaha ada fitur seperti inventaris barang dan pantau saingan yang bisa manfaatkan. Untuk kategori populer di dalam aplikasi ini berada pada produk elektronik, fashion, hobi serta gaya hidup.

6. Bhinneka

Pada awalnya, Bhinneka hadir di tahun 1999 sebagai toko online yang hanya menjual produk elektronik. Namun, pada saat ini telah menjadi platform merchant untuk menjual berbagai macam produk seperti otomotif, kebutuhan industri, dan masih banyak yang lainnya lagi. Bhinneka, diketahui menjadi marketplace untuk memenuhi keperluan bisnis (B2B) juga operasional pemerintah (B2G).

7. Orami 

Selanjutnya ada Orami yang mempunyai segmentasi berbeda dari beberapa marketplace sebelumnya. Target segmentasi aplikasi ini yakni  untuk orang tua dan ibu hamil.

Model bisnisnya adalah inventori, menjual barang secara langsung yang akan diambil dari brand dan penjual. Adapun, untuk kategori produk yang paling banyak terjual di dalam aplikasi ini adalah produk untuk ibu hamil dan menyusui, perawatan bayi dan anak serta perabot kamar bayi.

8. OLX Indonesia

OLX Indonesia merupakan salah satu platform marketplace yang memungkinkan para pengguna untuk membeli serta menjual berbagai jenis barang bekas dan baru. Pengguna bisa menemukan berbagai macam kategori produk seperti mobil, motor, properti, elektronik, fashion, dan lainnya.

Kesimpulan

Jadi itulah di atas penjelasan lengkap tentang aplikasiĀ marketplaceĀ terbaik di tahun 2023. Selanjutnya, anda bisa membuat strategi penjualan di platform yang tersedia dan meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Demikian penjelasan tentang aplikasi marketplace, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad