Kotaku
Beranda Viral Apakah Itu Komunikasi ? Definisi, Jenis dan Manfaat

Apakah Itu Komunikasi ? Definisi, Jenis dan Manfaat

pengertian dan jenis komunikasi
pengertian dan jenis komunikasi

Kotaku.ID – Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri atau terpisah. Salah satu cara manusia untuk bertahan hidup adalah dengan berkomunikasi. Namun sebenarnya apakah itu komunikasi dan apa manfaat serta klasifikasinya? Semua akan dibahas secara lengkap dan mendalam dalam artikel berikut ini.

Manusia sebagai makhluk sosial tentunya tidak bisa terpisah dari bantuan dari orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai contoh, seorang bayi yang belum bisa berbicara membutuhkan orang lain untuk mengurusi keperluannya (makan, minum, mandi dan lainnya). Bagaimana bayi menyampaikan pesan kepada orang lain padahal belum bisa berbicara?

Selain bayi, nyatanya orang dewasa juga membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup dan menjalankan kehidupan dengan baik. Oleh karenanya dalam hidup ini orang dewasa menjalin relasi dengan orang lain terutama dengan lawan jenisnya. Untuk memiliki hubungan tersebut, dibutuhkan komunikasi antara yang satu dengan lainnya.

Apakah Itu Komunikasi?

Apakah Itu Komunikasi

Pernahkah anda bertanya-tanya apakah itu komunikasi? Meskipun terlihat sederhana namun komunikasi memiliki makna sendiri yang cukup dalam dan beragam. Istilah komunikasi sendiri berasal dari bahasa latin yakni “communicatus” yang artinya “berbagai atau untuk mencapai tujuan bersama”. Kemudian kata tersebut di terjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan pembicaraan antara seseorang dengan orang lainnya.

Jika melihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Komunikasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih dengan suatu tujuan.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Selain bersumber dari KBBI ada pula pengertian apakah itu komunikasi dari berbagai ahli. Berikut ini pengertian komunikasi menurut para ahli:

Harold Lasswell

Apakah itu komunikasi? Menurutnya, komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi, dari siapa mengatakan apa dengan saluran apa kepada siapa dan apa efeknya. Teori ini juga dikenal dengan who says what in which channel to whom and with what effect.

Bernard Berelson dan Gary A. Steiner

Menurutnya komunikasi adalah sebuah proses transmisi informasi, gagasan, keterampilan dan emosi dengan menggunakan kata-kata, simbol, gambar, grafik atau lainnya. Proses transmisi inilah yang dinamai dengan komunikasi.

Carl I. Hovland

Apa itu komunikasi? Komunikasi merupakan proses yang memungkinkan seorang komunikator menyampaikan rangsangan verbal untuk mengubah perilaku orang lain atau disebut juga dengan komunikate.

Raymond S. Ross

Komunikasi merupakan proses menyortir, memilih dan mengirim simbol sedemikian rupa untuk membantu pendengar membangkitkan makna atau respons pikirannya.

Jenis-Jenis Komunikasi

Apakah Itu Komunikasi

Ternyata komunikasi yang terlihat mudah dan sederhana itu memiliki makna yang beragam. Ternyata tidak hanya makna saja yang beragam, komunikasi juga memiliki beberapa jenis yang berbeda, yakni:

1. Berdasarkan Cara Penyampaiannya

Jenis komunikasi yang pertama dibedakan berdasarkan cara penyampaiannya, jenis ini dibagi menjadi dua yakni:

Komunikasi Verbal

Jenis komunikasi ini adalah jenis yang paling umum dilakukan. Komunikasi ini biasa dilakukan untuk berkomunikasi dengan orang lain baik sodara, pasangan, teman dan lainnya. Komunikasi verbal adalah jenis komunikasi yang dilakukan secara langsung menggunakan kata-kata baik secara lisan maupun tulisan. Komunikasi verbal dilakukan oleh orang pada umumnya untuk menyampaikan suatu pesan.

Komunikasi Non Verbal

Komunikasi non verbal adalah jenis komunikasi yang dalam menyampaikan pesan tidak menggunakan kata-kata. Lantas bagaimana pesan tersebut tersampaikan? Yakni dengan menggunakan bahasa tubuh, gerak ataupun isyarat dan ekspresi wajah.

Selain digunakan oleh orang disabilitas, komunikasi isyarat juga sering digunakan kita dalam aktivitas sehari-hari. Seperti ketika presentasi, ketika marah, malu dan lain sebagainya.

2. Komunikasi Berdasarkan Maksud / Tujuan

Selanjutnya adalah komunikasi yang dibagi berdasarkan maksud dan tujuan penyampaiannya. Maksud dan tujuan disini adalah tujuan dari seseorang melakukan komunikasi tersebut:

Pidato

Pidato adalah aktivitas seseorang berbicara didepan orang banyak dengan suatu maksud tertentu. Komunikasi ini dilakukan secara searah dimana pembicara melakukan komunikasi kepada para audiencenya tanpa mereka memberikan tanggapan atau sanggahan.

Biasanya orang yang menyampaikan pidato menggunakan naskah agar pidato yang disampaikan tidak keluar jalur dan bisa melakukan pidato secara lancar sampai selesai.

Saran atau Kritikan

Saran adalah usulan seseorang kepada orang lain bersifat positif untuk bisa menjadi lebih baik. Sedangkan kritikan merupakan tanggapan negatif terhadap sesuatu hal. Istilah ini sudah tidak asing lagi apalagi didunia pendidikan dan dunia pekerjaan.

Perintah

Perintah adalah permintaan memaksa seseorang kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. Biasanya perintah diberikan oleh orang yang memiliki posisi lebih tinggi kepada lebih rendah.

Contohnya saja perintah dari guru kepada muridnya, dari atasan kepada karyawannya dari orangtua kepada anaknya ataupun dari kakak kepada adiknya. Perintah biasanya adalah komunikasi yang diucapkan dengan nada tegas sehingga membuat orang lain sulit menolak atau membantah.

Ceramah

Sebenarnya komunikasi satu ini mirip dengan pidato, karena keduanya adalah jenis komunikasi satu arah. Namun ada perbedaan diantara keduanya yakni pada topik yang dibawa atau disampaikan. Ceramah biasanya digunakan untuk membahas topik-topik yang masih memiliki kaitan dengan agama.

Wawancara

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan secara dua arah. Biasanya dilakukan untuk menggali informasi lebih dalam lagi terhadap narasumber. Wawancara dilakukan untuk banyak kesempatan seperti wawancara lowongan kerja maupun untuk menggali informasi lebih dalam.

Unsur-Unsur dalam Komunikasi

Apakah Itu Komunikasi

Agar komunikasi bisa berjalan dengan baik, seperti kata ahli Komunikasi yakni Harold Lasswell tentang apakah itu komunikasi bahwa ada beberapa unsur komunikasi yang harus di penuhi sehingga komunikasi tersebut dikatakan efektif. Unsur tersebut diantaranya adalah:

1. Who Says / Komunikator

Unsur pertama adalah komunikator. Apa itu komunikator? Komunikator merupakan seseorang atau pihak yang menyampaikan atau mengirim pesan pertama kali kepada orang lain.

Contohnya ketika pemuka agama sedang ceramah, maka dirinya bertindak sebagai komunikator.

2. What In / Pesan

Selanjutnya adalah apa yang disampaikan atau pesan. Pesan sendiri memiliki makna sebagai seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh seorang komunikator kepada komunikan. Pesan ini bisa berupa gagasan, ide, informasi khusus, curhatan, ataupun lainnya.

Arti pesan disini bisa dibagi menjadi banyak macam misalnya saja pesan verbal yakni langsung atau pun pesan non verbal berupa isyarat, gambar, simbol atau lainnya.

3. Which Channel / Media

Channel dikenal juga dengan istilah media atau saluran, merupakan suatu saluran melalui apa pesan tersebut disampaikan. Ada berbagai macam media yang bisa digunakan untuk menyalurkan pesan seperti radio, film, surat, sms dan lain sebagainya.

4.  To Whom / Komunikan

Jika tadi orang yang memulai pembicaraan disebut dengan komunikator, maka orang yang bertindak sebagai penerima pesan disebut dengan komunikan. Jadi komunikan ini artinya pihak yang menerima pesan yang disampaikan.

Tujuan dari Komunikasi

Tentunya semua hal yang dilakukan memiliki tujuan dibaliknya, begitu pun ketika seseorang melakukan komunikasi dengan orang lain.

Ketika anda sedang mengobrol dengan orang lain, pastinya anda memiliki tujuan tertentu. Misalnya saja tujuan hanya untuk mengusir rasa bosan sampai menyampaikan informasi yang penting. Pada umumnya, komunikasi memiliki tiga tujuan dasar, yakni:

1. Menyampaikan Pesan Untuk Di Mengerti

Komunikasi adalah proses memindahkan pesan dari satu orang ke orang lainnya. Salah satu hal yang diinginkan dalam pemindahan informasi tersebut adalah untuk dimengerti oleh orang lain sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Untuk menghindari adanya mis komunikasi atau kesalahpahaman komunikasi, maka seorang komunikator harus memiliki kemampuan menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif.

2. Agar Dapat Dikenali Oleh Orang Lain

Meskipun tujuan utama dari komunikasi adalah menyampaikan pesan, namun ada banyak tujuan lain didalamnya salah satunya agar bisa dikenali oleh orang lain.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa manusia adalah makhluk sosial sehingga membutuhkan orang lainnya misalnya seperti teman atau rekan. Untuk mendapatkan teman atau rekan anda harus mulai berinteraksi dengan mereka dalam bentuk komunikasi. Sehingga mereka bisa mengenali anda dan bisa menjalin hubungan yang berkelanjutan.

3. Agar Bisa Diterima

Selain untuk bisa dikenali oleh orang lain, komunikasi juga dilakukan agar seseorang bisa diterima oleh orang lain atau lingkungannya. Jadi lingkungan atau orang lain bisa mengenal dan bisa menjalin hubungan dengan seseorang tersebut membutuhkan komunikasi yang baik.

4. Mempengaruhi Sikap dan Perilaku

Ternyata komunikasi memiliki tujuan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain atau kelompok lain. Cara komunikasinya pun spesifik yakni komunikasi persuasif atau mempengaruhi. Sehingga anda bisa merubah pandangan atau tindakan orang lain dengan menggunakan komunikasi persuasif ini.

5. Membangun Hubungan

Komunikasi dilakukan dalam membangun hubungan antar pribadi atau antar kelompok. Sehingga komunikasi ini selain mempererat hubungan sosial juga membangun kepercayaan dan meningkatkan kolaborasi antar individu.

6. Memecahkan Masalah

Alat yang tepat untuk memecahkan masalah dan mengatasi konflik adalah dengan melakukan komunikasi. Melalui komunikasi yang baik dan tepat, seseorang yang memiliki masalah bisa mencari solusi bersama untuk memecahkan permasalahan tersebut. Cara lainnya adalah mendengarkan pendapat atau perspektif orang lain demi mencari kesepakatan bersama.

7. Meningkatkan Kinerja

Penggunaan komunikasi yang baik bisa meningkatkan kinerja individu atau kelompok, karena berkomunikasi yang jelas dan efektif membuat tim bisa berkoordinasi dengan baik tentang tugas serta memberikan umpan balik yang konstruktif serta memotivasi orang lain.

Itulah penjelasan tentang apakah itu komunikasi yang bisa dijadikan referensi pembelajaran untuk mengenal lebih jauh tentang komunikasi dan segala hal didalamnya. Banyak buku yang bisa didapatkan untuk media belajar tentang komunikasi. Komunikasi memiliki bagian yang unik seperti komunikasi intrapribadi, komunikasi pribadi, komunikasi kelompok, komunikasi massa, komunikasi antar budaya dan lain sebagainya.

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan