Kotaku
Home Bisnis Apa yang Dimaksud dengan Kewirausahaan? Ini Pembahasannya!

Apa yang Dimaksud dengan Kewirausahaan? Ini Pembahasannya!

rluKotaku.id – Pembahasan dibawah ini akan membahas secara tuntas mengenai apa yang dimaksud dengan kewirausahaan. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelasnya bisa simak pembahasan dibawah ini sampai habis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI), kata wirausaha adalah sebuah gabungan dari dua kata yang mana masing-masing mempunyai arti, wira. Yang mana dapat diartikan sebagai pahlawan atau laki-laki. Sedangkan kata usaha adalah sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk bisa mencapai suatu maksud.

Maka kata wirausaha, bisa diartikan sebagai seorang yang mana melakukan sesuatu hal dengan segala kemampuannya untuk bisa mencapai maksud tertentu.

Pengertian Kewirausahaan

Pada perjalanannya, kegiatan wirausaha ini berkembang menjadi kewirausahaan, yang mana istilah kewirausahaan merupakan padanan kata yang berasal dari entrepreneurship dalam bahasa Inggris.

Sebelum dialih bahasakan ke dalam bahasa Inggris, kata entrepreneurship ini berasal dari kata berbahasa Perancis. Yakni entreprende yang mempunyai arti petualang, pencipta, dan pengelola usaha.

Selain itu, pengertian kewirausahaan adalah suatu usaha untuk bisa menentukan, mengembangkan, dan menggabungkan inovasi, kesempatan, serta cara yang lebih baik supaya mempunyai nilai yang lebih dalam kehidupan.

Konsep Kewirausahaan

Apa yang Dimaksud dengan Kewirausahaan? Ini Pembahasannya!

Ada sebanyak 5 konsep dasar dalam kewirausahaan yang wajib Anda ketahui yakni sebagai berikut.

1. Kelincahan (Agility)

Kelincahan atau agility, adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengubah arah dengan lebih  dan tepat pada waktu ia bergerak tanpa ada kehilangan keseimbangan. Hal ini sehingga dapat beradaptasi dan bertahan dengan seluruh perubahan zaman.

Kelincahan ini berkaitan erat dengan kecepatan dan kemampuan belajar pada hal yang baru. Misalnya, saat pandemi covid-19 yang datang secara tiba-tiba seolah-olah mempercepat kebiasaan hidup. Jika dilihat sisi wirausaha, seseorang dituntut untuk lincah merespon kondisi ini, baik secara strategi, hasil, dan pasar.

2. Daya Tahan (Eundurance)

Daya tahan atau yang disebut dengan endurance menyatakan bahwa suatu keadaan yang menekankan pada kapasitas kerja secara terus menerus. Ada banyak sekali sektor ekonomi yang terpaksa gulung tikar di masa pandemi covid-19. Imunitas pada diri pribadi, atau perusahaan, terdampak oleh pandemi.

Daya tahan sangat dipengaruhi oleh kelancaran produksi, serta penjualan. Jika produk yang dihasilkan masih diperlukan oleh banyak konsumen di masa pandemi ini, dengan sendirinya pemasukan perusahaan nantinya akan mengalir secara terus-menerus. Hanya mereka yang mempunyai daya tahan tinggi yang bisa lolos dari ujian pandemi.

3. Kecepatan

Kecepatan merupakan suatu kemampuan seseorang dalam melaksanakan gerakan berkesinambungan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Seorang wirausaha, harus mempunyai kecepatan dalam berinovasi untuk melesat maju. Hal ini agar menjawab tantangan pasar dan secepat apa seorang wirausahawan dapat melaju melebihi para pesaingnya.

4. Kelenturan

Kelenturan merupakan seseorang yang dapat menyesuaikan kehidupan dimanapun tempatnya. Perlu diketahui, klenturan menjadi suatu faktor yang dibutuhkan dalam beradaptasi. Seorang wirausahawan, diharapkan mempunyai kemampuan beradaptasi yang baik. Dimanapun tempatnya, dapat memaksimalkan potensi ruang yang ada, untuk bisa melakukan proses usaha, tanpa harus mengeluh dengan kondisi tempat yang ada.

5. Kekuatan

Kekuatan atau strength merupakan suatu kemampuan kondisi fisik manusia yang dibutuhkan dalam peningkatan prestasi belajar gerak. Adapun, kekuatan adalah salah satu unsur kondisi fisik yang penting, khususnya dalam merespon kegiatan kewirausahaan. Karena dinilai dapat membantu meningkatkan fungsi komponen misalnya kecepatan, kelincahan dan ketepatan.

Kesimpulan

Perlu dicatat, kewirausahaan dan wirausaha merupakan dua hal yang berbeda. Walaupun berbeda, keduanya memiliki keterlibatan masing-masing. Kewirausahaan dan wirausaha sendiri adalah sebuah upaya yang melibatkan sumber daya lainnya. Misalnya sumber daya alam, modal dan teknologi, sehingga bisa menciptakan kekayaan dan kemakmuran dengan melalui penciptaan lapangan kerja, penghasilan serta produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad