Kotaku
Home Bisnis Apa Itu Admin Gudang? Kenali Juga Pengertian dan Tugasnya

Apa Itu Admin Gudang? Kenali Juga Pengertian dan Tugasnya

Apa Itu Admin Gudang Kenali Pengertian dan Tugasnya 1

Kotakuid – Admin gudang merupakan suatu pekerjaan yang mempunyai peran penting dalam setiap perusahaan dagang dan manufacturing. Tugas utama dari admin gudang adalah memastikan setiap persediaan barang selalu siap.

Mengingat posisi ini sangat penting bagi suatu perusahaan, maka dibutuhkan kualifikasi khusus untuk seorang staff admin gudang. Pada ulasan di bawah ini akan membahas tentang pengertian admin gudang secara lengkap. Yuk simak!

Pengertian Admin Gudang

Admin Gudang

Admin gudang merupakan posisi yang bertanggung jawab atas pencatatan dan pendokumentasian barang produksi di dalam gudang. Admin gudang sendiri mempunya peran penting dalam setiap perusahaan dagang dan manufacturing.

Tugas utama dari admin gudang yaitu melakukan pencatatan barang keluar dan masuk dari gudang, mengklasifikasikan semua barang tersebut, dan memastikan persediaan barang selalu siap.

Tugas Admin Gudang

Admin Gudang

Secara garis besar tugas admin gudang yatu bertanggung jawab atas keluar dan masuknya barang di dalam gudang. Mulai dari pendataan batang sampai membantu sisi administratif divisi atau departemen gudang. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang tugas admin gudang.

1. Mencatat distribusi barang

Gudang adalah suatu tempat penampungan barang produksi ataupun pembelian dari produsen lain yang selanjutnya akan didistribusikan. Nah, tugas admin gudang yaitu membuat pencatatan tentang keluar masuknya barang produksi ke dalam gudang.

Beberapa unsur pencatatannya yakni meliputi jumlah stok barang yang tersedia di dalam gudang, keluar masuknya barang produksi yang akan didistribusikan, pemesanan barang, serta claim pembayaran atas pembelian barang. Tujuan dilakukannya ini adalah untuk mempermudah pihak manajemen ketika menganalisa penjualan, dan lain-lain.

2. Memasukkan data inventaris

Selanjutnya yakni memasukkan data inventaris ke program. Admin gudang sebagai pengawas dari seluruh kegiatan barang produksi bertugas untuk membuat laporan barang secara berkala. Selanjutnya, menginputnya ke dalam data inventaris. Tujuannya yaitu agar mudah saat harus melakukan perhitungan yang berkaitan dengan barang dan uang produksi.

3. Memeriksa dan melaporkan stok barang

Tugas selanjutnya dari admin gudang yakni melakukan pengecekan stok barang, mulai dari barang masuk, pembongkaran barang, dan distribusi barang. Banyaknya aktivitas di dalam gudang, mengharuskan admin untuk terus bisa memastikan keluar masuknya barang sesuai dengan transaksi.

4. Memperbarui barang yang memasuki expired period

Barang di dalam gudang harus sering dilakukan pengecekan untuk melihat batas expired, terutama barang yang berupa makanan dan minuman. Admin gudang akan melakukan pencatatan tentang data barang yang sudah memasuki masa kadaluarsa untuk kemudian diperbarui.

5. Melakukan stock opname

Tugas selanjutnya dari admin gudang yaitu melakukan stock opname. Stock opname sendiri adalah perhitungan stok fisik (barang) yang ada di dalam gudang. Tujuan dilakukan stock opname oleh admin gudang yakni untuk memastikan stok barang yang ada dalam sistem dengan stok yang ada di gudang.

6. Membuat surat jalan

Surat jalan merupakan sebuah dokumen yang wajib dibawa oleh supir saat mengirimkan barang dari gudang kepada para konsumen. Surat ini akan dibuat oleh admin gudang dan ditandatangani oleh pimpinan.

7. Melakukan pemeriksaan barang retur

Di dalam sebuah bisnis, wajar jika kadang terjadi kerusakan barang saat sampai kepada customer dan menyebabkan barang di retur. Penyebabnya bisa berbagai hal, mungkin saat terjadi pengiriman, barang terhimpit, jatuh, ataupun kurir kurang berhati hati. Bisa juga karena ada kecacatan saat proses produksi.

Sehingga, tugas dari admin gudang yakni melakukan pengecekan barang retur guna memastikan barang yang dikembalikan sesuai dengan SOP yang diterapkan.

Kesimpulan

Itulah di atas informasi tentang apa itu admin gudang, sekaligus tugas dan tanggung jawab mereka dalam perusahaan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, pekerjaan admin gudang memang sedikit berat karena mempunyai tanggung jawab besar terhadap persediaan barang.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad