Kotaku
Home Pendidikan 7 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Terlengkap dan Strukturnya

7 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Terlengkap dan Strukturnya

woman typing writing windows

Kotaku.id – Berikut ini adalah beberapa contoh teks eksplanasi fenomena alam lengkap dengan strukturnya sebagai bahan pembelajaran siswa. Ada banyak fenomena yang terjadi di sekitar kita. Dan banyaknya fenomena yang terjadi tersebut sering dijadikan inspirasi untuk penulisan teks eksplanasi.

Lalu, apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? Teks eksplanasi merupakan sebuah karangan yang menyajikan penjelasan atas serangkaian fenomena atau peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.Teks eksplanasi fenomena alam adalah jenis teks atau tulisan karangan yang menyajikan penjelasan tentang fenomena atau peristiwa alam yang terjadi di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tujuan dan Struktur Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Contoh teks eksplanasi fenomena alam

Adapun tujuan dibuatnya teks eksplanasi adalah untuk memberikan penjelasan atau pemahaman dengan lebih detail mengenai fenomena dan peristiwa yang terjadi secara lebih jelas. Teks eksplanasi ini bisa mencakup berbagai tema, mulai dari fenomena alam, sosial, atau budaya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memberikan penjelasan secara lebih dalam tentang fenomena atau peristiwa tersebut.

Sebuah teks yang berisi penjelasan tentang sebuah fenomena atau peristiwa alam yang terjadi di sekitar kita biasa disebut sebagai teks eksplanasi fenomena alam. Dan tujuan teks eksplanasi fenomena alam adalah untuk memberikan pemahaman secara detail dan jelas mengerti mengenai fenomena atau peristiwa alam yang terjadi sekaligus menambah wawasan pembaca.

Dalam membuat teks eksplanasi fenomena alam tentunya juga harus memperhatikan struktur penulisannya. Adapun struktur penulisan teks eksplanasi fenomena alam adalah sama seperti pada struktur penulisan penulisan teks eksplanasi pada umumnya. Yang terdiri dari pernyataan umum, penjelasan sebab akibat dan kesimpulan atau penutup.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam dan Strukturnya

Contoh teks eksplanasi fenomena alam dan strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi fenomena alam tentang berbagai peristiwa alam terlengkap yang terjadi di sekitar kita beserta strukturnya.

1. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Singkat dan Strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi fenomena alam singkat tentang gerhana bulan lengkap dengan strukturnya.

Pernyataan Umum :
Gerhana bulan adalah peristiwa alam langka yang banyak ditunggu orang. Karena jarang terjadi inilah yang membuat banyak orang ingin melihat fenomena alam ini. Tercatat, dalam satu tahun, gerhana bulan kemungkinan dapat terjadi hanya beberapa kali saja.

Penjelasan Sebab Akibat :
Gerhana bulan dapat terjadi akibat tertutupnya penampang bulan oleh bayangan bumi. Hal inilah yang menyebabkan sinar matahari tidak dapat mencapai permukaan bulan tersebut. Jadi, gerhana bulan akan muncul ketika bulan beroposisi dengan matahari.

Penutup atau kesimpulan :
Menyaksikan gerhana bulan ternyata juga dapat dilakukan dengan mata telanjang. Dan untuk dapat melihat fenomena alam ini, sebaiknya carilah informasi terlebih dahulu mengenai waktu terjadinya peristiwa tersebut agar Anda tidak ketinggalan.

2. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam tentang Bencana Alam Tsunami

Contoh teks feksplanasi fenomena alam dan strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi fenomena alam tentang tsunami dan strukturnya.

Pernyataan umum:
Tsunami merupakan salah satu di antara banyak fenomena alam yang sering terjadi. Fenomena alam ini sering terjadi di wilayah pesisir yang berada di area patahan gempa. Tsunami adalah peristiwa di mana gelombang laut tinggi yang datang menuju pantai secara tiba-tiba setelah terjadi aktivitas tektonik.

Penjelasan sebab akibat :
Pada umumnya tsunami terjadi akibat adanya aktivitas seismik di tengah laut. Saat terjadi peristiwa tersebut di area patahan akan membuat air laut menjadi surut sementara waktu. Namun, kemudian akan berbalik menuju pantai dalam bentuk gelombang besar. Tinggi gelombang laut akibat tsunami dapat mencapai hingga 100 meter dengan kecepatan hingga 700km per jam.

Kesimpulan:
Tsunami merupakan fenomena alam yang patut diwaspadai. Maka dari itu, jika melihat air laut surut setelah aktivitas tektonik, sebaiknya segera menyelamatkan diri dan waspada.

3. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam tentang Aurora Borealis di Langit Utara Bumi

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi fenomena alam tentang fenomena Aurora Borealis di langit utara bumi.

Pernyataan umum:
Aurora Borealis, atau Cahaya Utara, adalah fenomena alam yang memukau banyak orang, khususnya di belahan Bumi utara. Fenomena munculnya cahaya berwarna-warni yang menyala di langit malam ini telah menarik perhatian ilmuwan dan penikmat alam sejak lama.

Penjelasan sebab akibat :
Fenomena alam ini terjadi ketika partikel bermuatan dari matahari, yang disebut angin matahari, berinteraksi dengan atmosfer Bumi. Ketika partikel ini masuk ke atmosfer, mereka bertabrakan dengan atom dan molekul di sana. Dan hasil dari tumbukan partikel, atom dan molekul ini adalah munculnya cahaya yang terlihat sebagai aurora.

Ketika partikel bermuatan tinggi bersentuhan dengan atom-atom oksigen dan nitrogen di atmosfer, energi dilepaskan dalam bentuk cahaya. Dan warna cahaya yang keluar ini tergantung pada jenis atom yang terlibat dalam tumbukan dan ketinggian di mana tumbukan terjadi.

Kesimpulan:
Aurora Borealis adalah hasil dari interaksi kompleks antara angin, matahari dan atmosfer Bumi. Fenomena alam ini begitu spektakuler dan memberikan pandangan yang luar biasa dan sangat memukau di langit malam utara.

4. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam tentang Gunung Meletus

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi fenomena alam Gunung Meletus dan strukturnya.

Pernyataan umum:
Ada berbagai macam bencana alam yang terjadi di dunia, dan satu di antaranya adalah peristiwa gunung meletus. Peristiwa ini biasanya terjadi pada gunung berapi yang masih aktif.

Penjelasan sebab akibat :
Peristiwa gunung meletus bermula dari proses terdorongnya endapan magma yang tersimpan dalam perut bumi menuju ke luar. Proses tersebut dapat terjadi akibat tekanan gas yang cukup tinggi.

Dalam peristiwa letusan ini, biasanya endapan magma akan terdorong keluar bersamaan dengan batu dan abu. Jarak letusan dapat mencapai hingga puluhan kilometer dan mengubah suhu di sekitarnya menjadi sangat panas.

Kesimpulan:
Gunung meletus adalah bencana alam yang sering kali tidak dapat dihindari. Namun, hal ini dapat diwaspadai dan terdeteksi lebih awal oleh penduduk di sekitar wilayah gunung berapi.

5. Contoh Teks Ekpsplanasi Fenomena Alam Pelangi

Contoh teks eksplanasi fenomena alam dan strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi fenomena alam tentang Pelangi lengkap dengan strukturnya.

Pernyataan Umum :
Pelangi atau pun bianglala adalah sebuah fenomena alam yang begitu indah dan memukau. Fenomena alam ini dapat terjadi karena adanya pembiasan dari cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi memiliki bermacam-macam warna yang sejajar dan letak keberadaannya ada di langit. Pelangi juga disebut sebagai sebuah gejala optik.

Bentuk pelangi pada umumnya berbentuk busur, yang masing-masing ujungnya mengarah kepada titik yang berbeda. Jika dilihat lebih seksama, pelangi juga tampak seperti sebuah busur cahaya yang ujungnya mengarah kepada horizon di saat hujan ringan. Tidak jarang fenomena pelangi dapat dilihat pada sekitar air terjun yang sangat deras.

Penjelasan Sebab Akibat :
Fenomena alam pelangi juga dapat muncul karena cahaya yang membias serta menyimpang untuk menjauhi partikel. Saat matahari akan terbenam, langit akan menjadi merah dikarenakan sinar matahari yang melewati atmosfer yang jauh lebih tebal dari keadaan matahari pada siang hari. Pelangi tidak akan terlihat pada malam hari ataupun ketika cuaca mendung.

Maka, dapat didefinisikan secara jelas jika pelangi merupakan peristiwa alam yang tehadi karena adanya pembiasan cahaya. Pada awalnya, cahaya matahari akan melewati tetes hujan, kemudian dibiaskan atau dibelokkan pada tengah tetes hujan. Sehingga dapat mengubah cahaya putih yang tampak tersebut menjadi sebuah warna spektrum.

Penutup :

fenomena alam pelangi dapat kita lihat saat sedang hujan. Dan matahari bersinar dari sebuah sisi yang berlawanan arah. Posisi kita juga harus berada di antara matahari serta tetesan air, dengan posisi matahari pada ada di belakang kita.

Atau secara mudahnya adalah seperti ini. Untuk bisa melihat pelangi secara jelas, posisi matahari, serta pusat busur dari pelangi harus berada pada satu garis lurus. Kita dapat menikmati keindahan warna-warni pelangi yang terdiri dari 7 macam warna. Yakni yang terdiri dari warna merah, hijau, jingga, kuning, nila, biru, dan ungu.

6. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tanah Longsor

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi fenomena alam tentang terjadinya tanah longsor dan strukturnya.

Pernyataan Umum :
Tanah longsor merupakan peristiwa bencana alam yang sering terjadi. Bahkan beberapa kali kita melihat terjadinya peristiwa tanah longsor, terutama di area pegunungan. Baik itu tanah lonsor dalam skala kecil atau pun dengan skala yang lebih luas. Peristiwa ini tetaplah menimbulkan bahaya bagi warga di sekitarnya.

Penjelasan Sebab Akibat :
Tanah longsor lebih mudah terjadi pada saat musim hujan. Hal ini terjadi karena tebing dengan kondisi tanah yang kurang kuat akan runtuh ke bawah, saat air hujan menggerus bagian tanah tersebut secara terus menerus.

Makin besar volume tanah yang tergerus, maka akan semakin besar volume longsor yang terjadi. Kondisi hujan yang semakin intens dan deras, akan membuat potensi terjadinya tanah longsor juga semakin besar.

Penutup :
Bencana tanah longsor sebenarnya dapat diatasi dan dapat dihindari. Salah satu caranya adalah dengan pembuatan turap di sekitar tebing yang berpotensi. Namun, demikian hendaknya warga yang ada di sekitar area tersebut selalu berhati-hati saat melewatinya.

7. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Banjir

Contoh teks eksplanasi fenomena alam dan strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks eskplanasi fenomena alam tentang Banjir dan strukturnya.

Pernyataan umum :
Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan

Penjelasan sebab akibat :
Salah satu penyebab banjir adalah karena volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau meluap atau melimpah dari bendungan. Sehingga mengakibatkan air keluar dari sungai tersebut. Selain sejumlah tempat yang dimanfaatkan manusia seperti desa, kota, dan permukiman lain. Banjir juga dapat terjadi di sungai. Hal ini biasa terjadi ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokan sungai.

Banjir sering mengakibatkan berbagai kerusakan, terutama pada rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami. Meski kerusakan akibat banjir dapat dihindari dengan pindah menjauh dari sungai dan badan air yang lain. Namun, orang-orang lebih memilih menetap dan bekerja dekat air untuk mencari nafkah dan memanfaatkan biaya murah. Serta perjalanan dan perdagangan yang lancar dekat perairan.

Penutup :
Di berbagai negara yang rawan banjir, pemerintah mengendalikannya dengan hati-hati. Pertahanan seperti bendungan, waduk, dan weir digunakan untuk mencegah sungai meluap. Peralatan darurat seperti karung pasir atau tabung apung portabel juga digunakan. Banjir pantai telah dikendalikan di Eropa dan Amerika melalui pertahanan pantai. Seperti dengan membuat tembok laut, pengembalian pantai dan pulau penghalang.

Kesimpulan

Demikian tadi 7 contoh teks eksplanasi fenomena alam tentang berbagai macam bencana yang kerap kita temui di sekitar kita. Dapatkan lebih banyak contoh lainnya di Kotaku.id.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad