Kotaku
Beranda Beasiswa 5 Beasiswa Impian dari Pemerintah Indonesia untuk Tahun 2024!

5 Beasiswa Impian dari Pemerintah Indonesia untuk Tahun 2024!

IMG 20240253 091829300 copy 2101×1200

Kotaku.id 5 Beasiswa Impian dari Pemerintah Indonesia untuk Tahun 2024! – Meskipun biaya pendidikan di bangku kuliah mungkin terasa cukup besar, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini, Pemerintah Indonesia telah membuka banyak kesempatan beasiswa yang bisa kamu manfaatkan. Ragam manfaat dari 5 beasiswa ini tidak hanya mencakup biaya pendidikan, tetapi juga dukungan untuk kebutuhan pribadi dan aspek lain yang perlu Anda miliki.

Jangan hanya berpikir tentang Beasiswa KIP Kuliah, karena ada banyak kesempatan yaitu 5 beasiswa menarik lainnya bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke tingkat berikutnya. Pada tahun 2024, Pemerintah Indonesia bahkan akan segera membuka pintu untuk beasiswa Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

5 Beasiswa Impian dari Pemerintah Indonesia untuk Tahun 2024!

1y
5 Beasiswa Impian dari Pemerintah Indonesia untuk Tahun 2024!

Berikut adalah lima daftar beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk tahun 2024:

1. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Beasiswa ini mencakup jenjang pendidikan S1, S2, dan S3, diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek. Pendaftarannya akan dibuka mulai bulan Mei hingga Juni 2024. Proses seleksi BPI terdiri dari tahap administrasi dan substansi.

Ada beragam opsi beasiswa yang dapat diikuti untuk berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari sarjana hingga doktoral. Bagi mereka yang tertarik menjadi guru SMK, tersedia beasiswa khusus di dalam negeri. Selain itu, bagi individu yang aktif dalam kegiatan budaya, ada juga beasiswa yang ditujukan untuk mereka di dalam negeri. Untuk peluang yang lebih luas, tersedia juga program beasiswa “Indonesia Maju” yang dapat diambil baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Bagi yang ingin melanjutkan studi ke tingkat magister (S2), berbagai kesempatan beasiswa juga tersedia. Ini termasuk beasiswa untuk calon dosen di perguruan tinggi akademik, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, ada juga beasiswa untuk dosen di perguruan tinggi vokasi, serta untuk pendidik dan tenaga kependidikan, dengan opsi di dalam negeri maupun di luar negeri. Bagi mereka yang aktif di bidang budaya, beasiswa khusus juga tersedia di dalam negeri maupun di luar negeri. Tak ketinggalan, program beasiswa “Indonesia Maju” juga dapat diikuti.

Untuk mereka yang mengejar gelar doktoral (S3), berbagai opsi beasiswa juga tersedia. Ini termasuk beasiswa untuk dosen di perguruan tinggi akademik, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sama halnya, ada juga beasiswa untuk dosen di perguruan tinggi vokasi, serta untuk pendidik dan tenaga kependidikan, dengan kesempatan di dalam negeri maupun di luar negeri. Program beasiswa joint degree/dual degree di perguruan tinggi akademik juga tersedia bagi yang berminat. Bagi mereka yang aktif dalam bidang budaya, beasiswa khusus juga tersedia di dalam negeri maupun di luar negeri. Dan tak lupa, ada juga kesempatan beasiswa untuk dosen di LPTK/Pendidikan Profesi Guru yang dapat diambil di luar negeri.

2.      Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

LPDP menyelenggarakan program beasiswa untuk jenjang S2 dan S3. Pendaftarannya terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap 1 pada bulan Juli 2023 dan Januari 2024, serta tahap 2 dari tanggal 19 Juni hingga 17 November 2024. Masa awal kuliah dapat dimulai paling cepat pada bulan Januari 2025. Beberapa program Beasiswa LPDP untuk tahun 2024 termasuk:

Program Beasiswa LPDP Umum

  • Beasiswa Reguler
  • Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia
  • Beasiswa Parsial

Besiswa Targeted

  • Beasiswa PNS, TNI, POLRI
  • Beasiswa Kewirausahaan
  • Beasiswa Pendidikan Kader Ulama
  • Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis

Program Afirmasi

  • Beasiswa Penyandang Disabilitas
  • Beasiswa Putra-Putri Papua
  • Beasiswa Daerah Afirmasi
  • Beasiswa Pra Sejahtera

3.      Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia diselenggarakan oleh GenBI (Generasi Baru Indonesia) di bawah naungan Bank Indonesia untuk mendukung mahasiswa jenjang S1. Manfaatnya mencakup bantuan biaya kuliah, tunjangan hidup, akses ke komunitas Beasiswa BI, serta pelatihan dari Bank Indonesia. Informasi persyaratan umum Beasiswa Bank Indonesia mencakup banyak poin penting.

Untuk dapat menerima beasiswa ini, mahasiswa harus aktif pada jenjang D3, D4, atau S1, dan tidak sedang dalam cuti akademik. Mereka juga diharuskan telah menyelesaikan sejumlah 40 SKS atau telah menginjak semester 3. Selain itu, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dari skala 4 menjadi syarat wajib. Usia penerima beasiswa tidak boleh lebih dari 23 tahun pada saat menerima beasiswa dan tidak boleh sedang atau akan menerima bantuan beasiswa dari ikatan dinas/lembaga/instansi lainnya.

Pengalaman dalam kegiatan sosial yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan juga menjadi pertimbangan, serta kesiapan untuk aktif berperan dalam mengelola serta mengembangkan komunitas penerima beasiswa BI (GenBI) dan berpartisipasi dalam kegiatan Bank Indonesia. Prioritas diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

4.      Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek

Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek merupakan program pemberian biaya pendidikan dari pemerintah Indonesia kepada putra-putri terbaik bangsa pada perguruan tinggi dalam dan luar negeri, mulai dari jenjang S1 hingga S3. Komponen beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku, dan biaya transportasi. Program Beasiswa Unggulan terdiri dari empat jenis program beasiswa, yakni Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbud Ristek, Beasiswa Penyayang Disabilitas, dan Beasiswa Penghargaan.

Beasiswa Masyarakat Berprestasi mencakup program beasiswa untuk jenjang S1, S2, dan S3. Sedangkan Beasiswa Pegawai Kemendikbud Ristek dan Beasiswa Penyayang Disabilitas khusus untuk jenjang S2 dan S3. Adapun Beasiswa Penghargaan diberikan sebagai bentuk penghargaan pemerintah kepada anak kandung dari orang tua yang gugur dalam tugas negara dan/atau pengabdian kepada negara untuk melanjutkan pendidikan.

5. Beasiswa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Program beasiswa ini tersedia bagi para pegawai pemerintah pusat dan daerah, termasuk anggota TNI, POLRI, serta pegawai swasta yang memiliki pengalaman di sektor start-up. Proses seleksi Beasiswa Kominfo meliputi tahapan pembuatan akun, pendaftaran, pengisian profil, seleksi administrasi, tes psikologi, wawancara, dan pengumuman penerima. Berikut ini kami sampaikan informasi mengenai persyaratan umum Beasiswa Kominfo:

  • Penerima calon harus WNI.
  • Usia maksimum yang diizinkan adalah 45 tahun.
  • Calon penerima harus memiliki gelar S1/D4.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal yang diperlukan adalah 3.00 dari Skala 4.00.
  • Latar belakang pendidikan harus terkait dengan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
  • Pengalaman kerja yang dibutuhkan yaitu minimal 2 tahun.
  • Beasiswa ini tidak berlaku untuk jabatan fungsional dosen di lembaga pendidikan tinggi.
  • Calon penerima harus menerapkan rencana tesis yang disusun dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai lima program Beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2024. Semoga ini dapat memberikan bantuan bagi mereka yang sedang mencari kesempatan beasiswa untuk melanjutkan studi.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan