Kotaku
Beranda Beasiswa UTBK 2024: Jumlah Soal dan Materi Tes, Catat Durasinya!

UTBK 2024: Jumlah Soal dan Materi Tes, Catat Durasinya!

image 221

Kotaku.idUTBK 2024: Jumlah Soal dan Materi Tes, Catat Durasinya! – Bagi mereka yang berencana mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, penting untuk memahami jumlah pertanyaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang akan dihadapi. SNBT merupakan proses seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang menggunakan ujian tertulis berbasis komputer atau UTBK sebagai salah satu tahapnya. Oleh karena itu, calon mahasiswa yang memiliki niat mendaftar SNBT 2024 sebaiknya memahami tidak hanya jumlah soal UTBK 2024, tetapi juga materi tes UTBK 2024 serta durasi keseluruhan ujian.

Untuk siswa kelas 12 dan siswa yang memilih gap year yang berkeinginan mendaftar UTBK SNBT 2024, informasi yang krusial adalah adanya soal isian dalam pelaksanaan ujian mendatang. Terkait materi soal UTBK 2024 ini, tidak ada perubahan dari materi tes UTBK SNBT pada tahun 2023. Model soal dalam UTBK 2024 akan mencakup pilihan ganda, pilihan majemuk kompleks, dan juga mengisi rumpang atau soal isian. Menurut informasi yang disampaikan oleh laman SNPMB BPPP Kemdikbud pada Sabtu, 27 Januari 2024, terdapat penjelasan mengenai jumlah soal UTBK 2024, materi tes yang akan diujikan, serta durasi ujian yang seharusnya menjadi perhatian utama bagi calon peserta UTBK SNBT 2024.

Berapa Soal UTBK 2024?

Berapa Soal UTBK 2024?
Berapa Soal UTBK 2024?

Untuk memberikan gambaran lebih lengkap, perlu dicatat bahwa UTBK SNBT 2024 akan mengadopsi format yang terdiri dari dua komponen utama, yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi.

A.     Tes Skolastik

Komponen ini, atau yang lebih dikenal sebagai TPS, memiliki tujuan mengukur kemampuan kognitif yang dianggap esensial untuk mencapai kesuksesan dalam konteks pendidikan formal, khususnya tingkat pendidikan tinggi. Dalam TPS, aspek-aspek yang akan dinilai akan meliputi Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan juga Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Sementara itu, dalam aspek Kemampuan Kuantitatif, pengujian akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar. Secara lebih rinci, tes skolastik di UTBK 2024 terdiri dari beberapa bagian, yakni:

  1. Kemampuan Penalaran Umum, terdiri dari soal Penalaran Induktif (10 soal, 10 menit), Penalaran Deduktif (10 soal, 10 menit), dan Penalaran Kuantitatif (10 soal, 10 menit).
  2. Pengetahuan dan juga Pemahaman Umum, terdiri dari 20 buah soal dengan durasi 15 menit.
  3. Kemampuan Memahami Bacaan dan juga Menulis, terdiri dari 20 buah soal dengan durasi 25 menit.
  4. Pengetahuan Kuantitatif, terdiri dari 15 buah soal dengan durasi 20 menit.

B.     Tes Literasi

Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan peserta ujian dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merespons berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah, sambil mengembangkan kapasitas mereka sebagai individu yang berkontribusi secara produktif baik pada tingkat nasional maupun global. Adapun subkomponen tes literasi melibatkan:

  1. Literasi dalam Bahasa Indonesia, terdiri dari 30 buah soal dengan durasi 45 menit.
  2. Literasi dalam Bahasa Inggris, terdiri dari 20 buah soal dengan durasi 30 menit.
  3. Penalaran Matematika, terdiri dari 20 buah soal dengan durasi 30 menit, yang bertujuan mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dalam berbagai konteks relevan.

Dengan demikian, setelah memahami komposisi materi dan struktur tes UTBK SNBT 2024, perlu juga dicatat jadwal pelaksanaan ujian dan proses administratifnya:

  • Pembuatan akun SNPMB: 8 Januari sampai 15 Februari 2024
  • Pendaftaran UTBK-SNBT: 21 Maret¬† sampai 5 April 2024
  • Jadwal UTBK Gelombang 1: 30 April dan 2 sampai 7 Mei 2024
  • Jadwal UTBK Gelombang 2: 14 sampai 20 Mei 2024
  • Pengumuman hasil SNBT: 13 Juni 2024
  • Masa Download ¬†sertifikat UTBK: 17 Juni sampai 31 Juli 2024

Durasi Ujian UTBK 2024

Durasi Ujian UTBK 2024
Durasi Ujian UTBK 2024

Pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2024, ujian ini dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Hari pertama, peserta akan menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri dari seratus soal. Waktu yang disediakan untuk menyelesaikan TPS adalah selama dua ratus menit.
  • Sementara itu, pada hari kedua, ujian dilanjutkan dengan Tes Kemampuan Penalaran (TLN) yang terdiri dari empat puluh lima soal. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan TLN adalah selama seratus sembilan puluh lima menit.

Dengan demikian, peserta memiliki dua hari untuk mengikuti UTBK Tahun 2024 dengan durasi ujian dan jenis soal yang telah dijelaskan di atas. Semoga peserta dapat menjalani ujian dengan baik dan meraih hasil yang memuaskan.

Semoga dengan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2024 yang berlangsung selama dua hari, peserta dapat menghadapi tantangan dengan percaya diri dan kemampuan terbaik. Kesuksesan dalam mengatasi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Penalaran (TLN) diharapkan dapat membuka pintu kesempatan menuju langkah berikutnya dalam perjalanan akademis mereka.

Semakin baik persiapan dan penguasaan materi, semakin besar pula potensi untuk meraih hasil yang memuaskan. Dengan tekad dan semangat belajar yang tinggi, diharapkan setiap peserta dapat mengoptimalkan performa mereka selama ujian. Selamat berjuang, dan semoga segala upaya keras yang telah dilakukan akan membuahkan hasil yang memuaskan. Sukses selalu untuk para peserta UTBK 2024!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan