Kotaku
Home Pendidikan Unsur, Senyawa dan Campuran: Materi Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8

Unsur, Senyawa dan Campuran: Materi Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8

periodic table 42115 1280

Pernahkah kamu memperhatikan saat membuat teh, dalam minuman tersebut terdapat air, teh dan gula. Dalam pelajaran kimia minuman teh merupakan campuran. Sedangkan air putih yang kita minum adalah bagian dari senyawa. Lalu apa bedanya unsur, senyawa dan campuran itu?

Untuk mengenal lebih jauh tentang unsur, senyawa dan campuran kamu dapat memperhatikan ulasan berikut ini.

Unsur, Senyawa dan Campuran

Unsur, senyawa dan campuran merupakan salah satu cara untuk masuk ke dasar kimia yang merusak alam Ilmu pengetahuan Alam. Ketiga komponen tersebut sebenarnya saling berkaitan tetapi masing-masing memiliki perbedaan dan karakternya masing-masing.

Apa yang terpikir jika kamu mendengar tentang unsur, senyawa dan campuran/ bagaimana ciri ciri na apa saja contohnya? Ayo langsung simak ulasan berikut ini.

Unsur

Unsur adalah substansi kimia murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi substansi yang lebih sederhana melalui reaksi kimia. Unsur terdiri dari atom-atom yang mempunyai proton yang sama di inti atomnya. Jenis-jenis unsur dapat dilihat dalam tabel periodik yang dapat kamu pelajari dengan menghafal istilah istilahnya.

Unsur dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu unsur logam, semilogam dan non logam.

1. Unsur logam, ciri-cirinya adalah berwujud padat, dengan warna putih mengkilap/keperakan dan abu-abu, mempunyai sifat sebagai penghantar listrik yang baik, titik didih dan titik lelehnya tinggi, dibentuk dari lempengan atau lembaran. Contoh unsur logam: Barium (Ba). Kalium (K). Mangan (Mg), Alumunium (Al), Perak (Ag), dll.

2. unsur semi logam,bersifat seperti logam atau nonlogam. Bersifat semikonduktor, memiliki suhu rendah, dan tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik, berwujud padat, mempunyai tekstur rauh jika dibanding dengan unsur logam. Contoh: Boron (B), Silikon (S), Germanium “(Ge) dll.

3. Unsur Nonlogam ,wujudnya padat, cair dan gas pada suhu ruangan. Berwarna mengkilap, dan tidak dapat menghantarkan listrik dan panas yang baik. memiliki titik leleh dan titik beku yang tinggi dan tidak dapat direntangkan. Misal Belerang (S), Karbon (C), Nitrogen (N), oksigen (O), dll.

Sifat-sifat unsur dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Tersusun dari satu jenis atom saja, semua atom dalam unsur memiliki jumlah proton yang sama dalam inti atom, sehingga sifatnya identik.
  • Simbol kimia, unsur memiliki simbol kimia yang biasanya terdiri dari satu atau dua huruf, misalnya untuk unsur Hidrogen simbolnya H, oksigen disimbolkan O.
  • Tidak dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana, unsur merupakan zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana melalui reaksi kimia.
  • Terbentuk secara alamiah, unsur banyak ditemukan dalam bentuk alamiah di kerak bumi dan dalam berbagai senyawa. Beberapa unsur ditemukan dalam bentuk bebas, seperti gas mulia helium dna logam emas.

Senyawa

Senyawa dibentuk dari dua atau lebih unsur untuk bergabung secara kimia dalam perbandingan tetap. Senyawa adalah zat tunggal yang dapat diuraikan zat yang lebih sederhana reaksi kimia, contoh: untuk menghasilkan H2O  maka reaksi kimianya terdiri daru H dan Oksigen.

Senyawa dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu senyawa organik dan anorganik. Senyawa organik adalah senyawa yang berasal dari makhluk hidup. Sifat senyawa adalah tidak mudah larut dalam air tetapi jika dicampur pelarut yang sifatnya organik juga. Contoh senyawa organik adalah gula (C12H22O11), alkohol (C2H5OH), dan urea.

Senyawa organik berasal dari sumber yang bukan makhluk hidup sumber lain ini seperti daya mineral. Jenis senyawa ini memiliki titik didih atau titik leleh yang relatif tinggi jika dibanding dengan senyawa jenis organis. Contoh senyawa ini air (H2O), garam (NaCl), karbon dioksida (CO2), dan lain-lain.

Untuk dapat membedakan antara unsur, senyawa dan campuran maka dapat dilihat dari ciri dan sifatnya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri senyawa.

  • Tersusun dari beberapa unsur, senyawa terbentuk dari beberapa unsur yang berikatan dan mempunyai rumus kimia yang menunjukkan jenis dna rasio yang terlibat.
  • Massa molekul setiap, senyawa mempunyai jumlah relatif massa atom yang membentuk senyawa tersebut.
  • Tidak dapat dibedakan secara fisik, senyawa mempunyai sifat kimia yang berbeda dari unsur penyusunnya, serta sifatnya tidak dapat dibedakan secara fisik.
  • Terjadi melalui reaksi kimia, senyawa terbentuk dengan melibatkan reaksi kimia antara unsur penyusunya.
  • Titik lebur dan titik didih khas, senyawa mempunyai titik lebur dan titik didih khas yang berbeda dengan unsur penyusunnya. 

Campuran

Campuran adalah zat yang dibuat dari menggabungkan dua atau lebih zat yang berbeda melalui reaksi kimia. Membuat campuran sangat mudah yaitu dengan mencampurkan dua zat yang berbeda. Membuat teh air kopi merupakan salah satu contoh campuran dalam kehidupan sehari-hari.

Perbedaan senyawa dan campuran adalah bahwa senyawa tersusun dari dua atau lebih dari unsur, sementara campuran tersusun dari beberapa unsur atau senyawa. Kemudian senyawa berbeda dengan unsur pembentuknya, namun campuran masih mewarisi sifat unsur atau senyawa terbentuknya.

Komponen-komponen dalam campuran tetap mempertahankan sifat kimia nya yang asli dan dapat dipisahkan secara fisik. Campuran dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

  • Campuran homogen, mempunyai komponen yang terdistribusi merata dan tidak dapat dibedakan secara kasat mata. Campuran homogen dikenal juga dengan sebutan larutan. Namun, sifat masing-masing materi penyusunnya masih dapat terlihat. Contoh campuran homogen adalah air dan garam. Saat kamu mencampurkan air dan garam, dan garam terlarut kamu tidak akan dapat membedakan lagi perbedaanya antara garam dan air secara kasat mata.
  • Campuran heterogen, adalah komponen-komponen yang kedua zatnya tetap dapat dibedakan secara kasat mata. Diantara zat yang tersusun dalam campuran, masih dapat dibedakan zatnya. Contoh dari campuran homogen adalah campuran pasir dan air, kopi dan air, dimana masih dapat dibedakan zatnya.

Demikian adalah materi tentang unsur, senyawa dan campuran beserta penjelasan dan ciir-cirinya serta jenisnya.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad