Tips Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa, Guru Harus Tahu

Daftar isi:
Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa sebagai hasil pembelajaran adalah keterampilan literasi. Namun, masih banyak siswa yang kemampuan lterasinya rendah. Oleh karena yaitu sebagai guru harus dapat menerapkan berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Apalagi kemampuan literasi adalah salah satu yang diujikan dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Asesmen tersebut digunakan sebagai penilaian hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia.
Penilaian tersebut digunakan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Terdapat dua kemampuan yang diuji yaitu literasi dan numerasi. Lalu bagaimana cara meningkatkan kemampuan literasi siswa itu?.
Berikut kami sajikan tips untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Mengenal Kemampuan Literasi
Sebelum mengetahui apa saja tips meningkatkan kemampuan literasi siswa, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih dekat tentang jenis kemampuan ini.
Literasi sendiri mencakup kemampuan dalam menulis, membaca dan mengkomunikasikan sesuatu. Menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan, menjelaskan bahwa literasi adalah kemampuan untuk memaknai informasi secara kritis, sehingga seseorang dapat mengakses ilmu pengetahuan dan dapat meningkatkan kualitas hidupnya.
Sehingga kemampuan literasi dapat didefinisikan sebagai kegiatan dalam mengakses informasi secara kritis yang dapat dijadikan sebagai media meningkatkan efektivitas kegiatan literasi.
Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa
Rendahnya minat baca siswa sebenarnya menjadi masalah yang perlu diselesaikan oleh guru. Banyak siswa yang menganggap bahwa kegiatan membaca adalah kegiatan yang membosankan dan tidak menarik. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa, guru harus dapat berperan menumbuhkan semangat membaca siswa.
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Membaca
Hal yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa adalah dengan menumbuhkan dan mendorong kesadaran siswa akan pentingnya membaca, guru harus dapat memberikan dorongan pada siswa bahwa kegiatan membaca adalah kegiatan yang penting dan berpengaruh dalam kehidupan.
Guru harus memberikan motivasi dan dorongan agar siswa mau da gemar membaca. Hal yang dapat dilakukan guru adalah dengan mengajar siswa membaca buku-buku yang tidak hanya buku pelajaran tetapi juga buku-buku menarik seperti novel. Hal tersebut dapat meningkatkan ketersediaan dan kebiasaan siswa untuk gemar membaca.
Tentukan Target Membaca
Untuk membiasakan siswa membaca, maka guru dapat melakukan tips meningkatkan kemampuan membaca dengan menentukan target membaca.
Guru dapat memberikan target membaca pada siswa, yang akan dibahas kembali pada pertemuan selanjutnya. Dengan membiasakan siswa untuk membaca maka akan tumbuh kemampuan literasi yang baik.
Mengoptimalkan Fasilitas Perpustakaan
Salah satu tempat yang paling cocok untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa adalah perpustakaan. Sekolah pasti menyediakan perpustakaan yang dapat menjadi gunag ilmu pengetahuan.
Guru dapat memanfaatkan peran perpustakaan dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Caranya dapat dengan melakukan kunjungan perpustakaan secara teratur untuk membaca buku. Atau guru dapat memberikan tugas ada siswa untuk menemukan informasi melalui buku-buku yang ada di perpustakaan. Siswi akan mencari dan menemukan informasi sendiri dengan menjelajah di perpustakaan.
Membuat Tugas Karya Tulis
Kemampuan literasi juga dapat ditingkatkan dengan memberikan tugas berupa pembuatan karya tulis. Guru dapat memberikan tugas pada siswa untuk membuat sebuah karya tulis sesuai dengan topik yang sedang dipelajari,
Dengan tugas tersebut siswa tidak hanya akan meningkatkan kemampuan literasi tetapi juga menumbuhkan pemikiran kritis yang dapat melahirkan ide-ide dan gagasan cemerlang.
Membentuk Komunitas Membaca
Cara meningkatkan kemampuan literasi siswa selanjutnya adalah dengan membentuk sebuah komunitas baca. Siswa akan lebih tertarik jika melakukan kegiatan bersama-sama dengan teman sebayanya. Untuk menarik keterampilan siswa akan membaca, guru dapat membentuk sebuah komunitas baca.
Kegiatan yang dapat dilakukan dalam komunitas baca dalam ,membaca suatu buku, kemudian berdiskusi untuk menjelaskan dan memahami isi buku. Kegiatan ini dapat memberikan dorongan pada siswa untuk gemar membaca dan dapat memahami sebuah bacaan dengan baik.