Kotaku
Home Pendidikan Pembelajaran Tips Agar Tidak Mengantuk Di Kelas Ketika Berpuasa, Paling Ampuh Lho!

Tips Agar Tidak Mengantuk Di Kelas Ketika Berpuasa, Paling Ampuh Lho!

KOTAKU.ID – Ketika berpuasa aktivitas sehari-hari tetap berjalan sebagaimana mestinya, salah satunya aktivitas sekolah. Meskipun ada beberapa kebijakan yang berlaku ketika puasa seperti pengurangan jam namun tetap saja pembelajaran tidak bisa dihindari.

Banyak siswa yang mengeluh ketika pembelajaran di kelas selama puasa lebih mudah lelah dan mengantuk. Lantas bagaimana solusinya? Berikut ini ada tips agar tetap fokus dan tidak mengantuk di kelas ketika puasa, diantaranya :

1. Pastikan Sahur Dengan Makanan Yang Bergizi

Pertama, untuk bisa menjalankan aktivitas di bulan ramadhan dengan penuh energi dan maksimal maka pastikan terlebih dahulu anda mengkonsumsi makanan yang sehat ketika sahur. Jangan asal memilih makanan sahur yang penting kenyang.

Hindari makanan berlemak tinggi seperti makanan yang digoreng maupun makanan cepat saji. Hindari pula mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula karena hanya membuat kenyang dalam waktu yang singkat dan tidak bisa berubah menjadi energi.

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Selanjutnya, hindari pula mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Karena kafein dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat membuat tubuh lebih cepat merasa lelah. Contoh minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi.

3. Pastikan Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat penting ketika berpuasa. Buatlah jadwal khusus agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Contohnya saja 3 gelas di waktu sahur, 1 gelas ketika berbuka, 1 gelas setelah berbuka, 1 gelas ketika sholat isya, 1 gelas setelah sholat tarawih dan terakhir 1 gelas sebelum tidur.

Dengan memastikan kebutuhan cairan tercukupi maka tubuh akan segar dan jauh dari rasa kantuk.

4. Istirahat yang Cukup

Memang ramadhan adalah momen yang paling tepat untuk memperbanyak amal ibadah khususnya di malam hari. Misalnya saja melakukan shalat tarawih, sholat witir, sholat malam, mengaji dan tadarus serta ibadah lainnya.

Namun jangan lupa akan kewajiban anda bersekolah esok hari. Sehingga pastikan anda sudah memberikan tubuh istirahat dengan waktu yang cukup. Hindari bermain smartphone di malam hari karena akan membuat anda kesulitan tidur dan berdampak esok paginya mengantuk.

5. Tetap Bergerak Aktif

Meskipun sedang berpuasa namun jangan dijadikan alasan untuk mengurangi berbagai aktivitas atau bahkan bermalasan-malasan dirumah. Anda teta disarankan melakukan aktivitas ringan di sekitar area sekolahan seperti berjalan kaki, melakukan peregangan dan lainnya, dengan cara ini membantu anda tidak mengantuk ketika pembelajaran berlangsung.

6. Melakukan Interaksi yang Aktif

Untuk mengalihkan rasa kantuk yang datang, anda bisa melakukan interaksi yang aktif. Misalnya sama berdiskusi dengan teman, mencatat pelajaran atau mencoba hal-hal lainnya. Cara ini cukup efektif membuat anda tetap konsentrasi di kelas dan tidak mengantuk.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan agar tidak mengantuk di kelas meskipun sedang berpuasa. Jangan jadikan puasa menjadi alasan untuk tidak melakukan aktivitas dan bermalas-malasan ya.

Disclaimer : “Jangan lewatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan dan informasi CPNS dan PPPK dengan bergabung di channel telegram kami. Klik LINK BERIKUT dan pilih join”

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad