Tindakan Yang Mencerminkan Peran Guru Penggerak Sebagai Couch Bagi Guru Lain 2
Kotaku.ID – Artikel ini akan membahas kembali tentang tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai couch bagi guru lain. Memang pembahasan satu ini cukup panjang dan dalam sehingga tidak hanya selesai pada artikel sebelumnya saja.
Lanjutan pembahasan dari tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai couch bagi guru lain diharapkan bisa menjadi referensi bagi para guru untuk mengetahui peran guru penggerak. Langsung saja kita bahas bersama tentang tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak lanjutannya ke 2, antara lain adalah sebagai berikut ini:
12. Membantu Perencanaan pengajaran
Selanjutnya, seorang guru penggerak diharapkan mau dan mampu membantu guru lainnya dalam perencanaan pembelajaran. Sehingga kedepannya pengajaran yang dilakukan lebih kreatif dan efektif dalam merumuskan tujuan pembelajaran dengan jelas.
Tentunya menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tidaklah mudah karena berhubungan dengan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga dibutuhkan bantuan dari yang lebih berpengalaman.
13. Mendorong Penggunaan Data dan Evaluasi
Jika selama ini sebagai tenaga pendidik hanya melakukan suatu agenda hanya berdasarkan feeling atau insting saja, maka ternyata kurang tepat. Untuk mengambil keputusan yang tepat harus sesuai dengan data yang dimiliki.
Guru penggerak akan mendorong guru lainnya untuk melakukan evaluasi dari data hasil ujian untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pengajaran mereka. Sehingga nantinya guru tersebut bisa membuat keputusan berdasarkan data yang dimiliki dan bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran akrena bisa meningkatkan kekuatan dan mencari solusi dari kelemahan pengajaran yang dilakukan.
14. Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan Guru
Bagaimana peran anda ketika ada guru yang belum bisa mengembangkan keterampilan kepemimpinan? Apakah anda hanya diam atau anda gunakan sebagai bahan menjatuhkannya? Ini bukan peran guru penggerak.
Guru penggerak ketika melihat kurangnya keterampilan kepemimpinan guru lain maka akan berusaha untuk membantu dan mengidentifikasi serta mengembangkan keterampilan tersebut. Harapannya di kemudian hari, mereka bisa bersama-sama berperan aktif dalam memajukan sekolah dan pengajaran.
15. Tindakan Yang Mencerminkan Peran Guru Penggerak Sebagai Couch Bagi Guru Lain – Menjalin Hubungan dengan Komunitas Sekolah dan Orang Tua
Dari pendidikan guru penggerak sebelumnya, seorang guru mengetahui bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan komunitas sekolah maupun orang tua. Bekal inilah yang bisa dimanfaatkan untuk membantu guru lainnya dalam menjalin hubungan dengan orang lain yang ada di lingkungan sekolah.
Tentunya ada tata cara menjamin hubungan yang baik tidak hanya dengan berkomunikasi saja. Namun ada contoh lainnya seperti melakukan home visit pada rumah peserta didik, menghubungi orang tua secara berkala ketika siswa tidak masuk atau ,menjalin kolaborasi dengan komunitas sekolah sehingga menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan.
Cara ini tentunya lebih memperkuat dukungan untuk siswa dan meningkatkan keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak-anaknya sehingga jalan mencapai tujuan pendidikan lebih mudah dilakukan.
16. Menyelenggarakan Sesi Pembelajaran Kolaboratif
Pembelajaran kolaboratif adalah pembelajaran yang menggabungkan unsur lain seperti guru mata pelajaran lain atau instansi lainnya. Pembelajaran ini lebih menyenangkan dan efektif dilakukan.
Contohnya untuk pembelajaran tentang reproduksi maka guru biologi bisa berkolaborasi dengan puskesmas untuk memberikan workshop sederhana atau lainnya.
Nah, untuk unsur yang ada di dalam lingkungan pendidikan guru penggerak bisa mengadakan sesi pembelajaran kolaboratif antar guru. Jadi mereka bisa saling berbagi ide, strategi dan juga pengalaman untuk disatukan dalam pengajarannya.
17. Memfasilitasi Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif
Contoh tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai couch bagi guru lain lainnya adalah dengan memfasilitasi penggunaan metode pembelajaran aktif. Guru penggerak tentunya tahu bahwa mendorong penggunaan metode pembelajaran yang aktif dan melibatkan siswa dalam setiap proses pembelajaran menjadi suatu hal yang penting untuk perkembangan mereka.
Contoh pelibatan siswa dalam proses pembelajaran seperti melakukan diskusi berkelompok, membuat penugasan kreatif dan juga proyek berbasis masalah. Tindakan semacam ini mencerminkan peran guru penggerak sebagai coach bagi guru lainnya demi mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik.
Sangat banyak tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai couch bagi guru lain yang bisa digali jika anda kreatif an benar-benar ingin mengetahuinya. Pada intinya peran guru penggerak tidak sebatas memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih untuk dirinya sendiri namun menjadi motivator pertama untuk menggerakan perubahan pembelajaran di lingkungan satuan pendidikannya salah satunya dengan menjadi coach bagi guru lainnya.
Masih banyak tindakan yang mencerminkan peran guru penggerak sebagai couch bagi guru lain lainnya yang bisa dipelajari. Namun ingat, semua ide diatas hanya sebagai referensi, selebihnya anda harus mau untuk mengembangkan diri dan mencari jalan apa yang bisa anda ubah dalam satuan pendidikan agar menjadikanya lebih baik lagi.