Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Student Centered Learning (SCL): Pengertian, Manfaat, dan Penerapan

Student Centered Learning (SCL): Pengertian, Manfaat, dan Penerapan

Praktik Mudah Pengintegrasian SKP ke Dalam Platform Merdeka Mengajar 1

Apa itu pembelajaran student centered learning (SCL)? Pembelajaran SCL adalah strategi mengajar yang berpusat pada siswa.

Posisi siswa dalam pembelajaran SCL adalah sebagai subjek bukan sebagai objek. Sehingga mereka berperan aktif dalam melakukan pembelajaran. Tidak seperti dalam pembelajaran konvensional yang kegiatan berpusat pada guru, penerapan student centered learning menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran.

Hal ini sesuai dengan penerapan Kurikulum Merdeka yang kini diterapkan di Indonesia, bahwa pembelajaran harus dipusatkan pada siswa. Untuk itu Bapak/Ibu guru harus mengetahui SCL dengan baik dan bagaimana cara menerapkannya.

Pengertian Student Centered Learning

Student centered learning atau pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah suatu pendekatan ketika guru berperan sebagai fasilitator dan pengarah, sedangkan siswa akan menjadi pusat perhatian pada proses pembelajaran.

Pendekatan ini memungkinkna siswa untu berpartisipais secara katif dalam pembelajaran. Siswa akan mengesplorasi dan mengkonsturksikan pengetahuan mereka sendiri.guru menyampaikan inrmasi secara paisf, dan membeirkan fasilitas siswa untuk dapat menemukan dan memahami konsep melalui aktivitas pembelajaran yang relevan.

Menurut Westwood (2008), pendekatan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa (SCL) adalah suatu metode pembelajaran yang mengutamakan peran peserta didik sebagai fokus utama selama proses pembelajaran. Model pembelajaran yang tadinya didominasi oleh instruksi kaku dari pendidik diubah menjadi model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kemampuan mereka sendiri serta aktif terlibat dalam pengalaman belajar mereka.

Menurut Priyatmojo (2010), Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa (SCL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan peran utama peserta didik dalam aktivitas pembelajaran dimana siswa memiliki peran aktif dalam mengembangkan kemampuan mereka untuk berpikir kreatif dan inovatif.

Tujuan dan Manfaat Student Centered Learning (SCL)

Seperti strategi pembelajaran lainnya, SCL juga memiliki tujuan dan manfaatnya masing-masing. Berikut ini adalah tujuan dan manfaat SCL sebagai salah satu model pembelajaran untuk guru dan siswa.

Tujuan SCL

Tujuan dari pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah sebagai berikut:

Meningkatkan keterlibatan siswa, ujian utama pendekatan SCL adalah untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Siswa akan diberi ruang dan waktu untuk dapat mengeksplorasi dan menemukan pengetahuan sendiri.

Menrdorong pemahaman mendalam, salah satu tujuan penerapan model pembelajaran adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dimana hasil belajar akn tercapai dengan baik, jika siswa dalam memahami dengan baik tentang materi pelajaran. Siswa akan lebih memahami materi pelajaran karena mereka menemukan ilmu pengetahuan secara mandiri.

Meningkatkan hasil belajar, saat siswa memahami dengan baik materi pelajaran maka pasti hasil belajar juga mereka juga baik. .

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad