Kotaku
Home Pendidikan 15 Contoh Soal Teks Pidato Persuasif Kelas 9 SMP dan Kunci Jawabannya

15 Contoh Soal Teks Pidato Persuasif Kelas 9 SMP dan Kunci Jawabannya

istockphoto 1306230784 612×612 1

Kotaku.id – Dalam artikel ini akan kami bahas tentang soal teks pidato persuasif kelas 9 SMP dan Kunci Jawabannya. Pidato persuasif adalah teks pidato yang berisi tentang imbauan atau ajakan yang bertujuan untuk mempengaruhi seseorang. Dan di kelas 9 SMP, para siswa sudah mengenal materi pelajaran pidato persuasif ini. Sebenarnya ada banyak momen yang membutuhkan pidato persuasif dalam menyampaikan pesan.

Salah satunya adalah di sekolah, yakni ketika para guru mengajar dan mengajak para peserta didik untuk melakukan berbagai hal yang baik. Contoh lain dari pidato persuasif ini juga bisa Anda lihat saat Anda mengikuti pengajian atau majelis dakwah. Yaitu pada saat para ulama sedang menyampaikan ajaran agama kepada para jemaah atau mengajarkan para jemaah untuk beribadah. Lalu, apa sebenarnya pidato persuasif? Berikut ini penjelasannya.

Apa Teks Pidato Persuasif dan Apa Tujuannya?

soal teks pidato persuasif

Para siswa akan memahami apa itu teks pidato persuasif, yakni jenis teks pidato yang bertujuan untuk meyakinkan, mempengaruhi, atau mengubah audiens tentang suatu masalah atau isu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, Atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Sedangkan menurut Modul Pembelajaran SMP Terbuka : Kelas IX Modul 2 yang diterbitkan oleh Kemdikbud. Pengertian pidato persuasif yaitu pidato dengan tujuan untuk mempengaruhi emosi pendengar agar berbuat sesuatu. Dari beberapa uraian tersebut maka, kesimpulan dari tujuan pidato persuasif secara umum adalah mengajak pendengarnya agar mengikuti sesuatu yang disampaikan dalam pidato.

Pendekatan persuasif ada tiga yakni etika yakni menyampaikan apa yang baik atau buruk. Luapan perasaan (emosi) dan bukti yang masuk akal (logika), orang yang berpidato (orator) dapat membujuk atau meyakinkan pendengarnya. Dengan menggunakan kalimat yang mengajak atau membujuk, teks pidato persuasif bertujuan mempengaruhi pendengarnya untuk melakukan berbagai hal yang positif.

1. Unsur Unsur Teks Pidato Persuasif

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan berikutnya adalah unsur-unsur penting yang mencakup teks pidato persuasif, antara lain berikut ini.

  • Pendahuluan, yakni bagian awal pidato yang digunakan untuk memperkenalkan topik dan menarik audiens.
  • Penjelasan argumen, yaitu bagian utama pidato, di mana orator akan menyajikan argumen-argumen dan bukti-bukti yang mendukung pandangannya.
  • Ucapan syukur, yaitu bagian di mana orator akan mengucapkan terima kasih atau apresiasi kepada pendengarnya.
  • Tindakan konkret, bagian di mana orator mengajak audiens untuk bertindak mengambil langkah-langkah tertentu sesuai dengan pesan pidato.
  • Kesimpulan, bagian akhir pidato yang berisi rangkuman argumen, sekaligus memberikan pesan penutup.

Sedangkan untuk materi strategi persuasif adalah membahas berbagai strategi yang digunakan dalam pidato persuasif. Seperti penggunaan data dan statistik, emosi, retorika, dan contoh konkret.

2. Penyusunan dan Struktur Pidato

Para siswa akan belajar menyusun teks pidato persuasif yang efektif. Termasuk cara merancang pendahuluan yang menarik, membangun argumen yang kuat, dan mengakhiri dengan tindakan konkret atau kesimpulan yang mempengaruhi.

3. Bahasa dan Gaya

Dalam materi ini, para siswa kelas 9 akan belajar tentang bagaimana cara penggunaan bahasa yang tepat, dan gaya penyampaian yang sesuai dalam pidato persuasif. Hal ini mencakup pemilihan kata-kata, penekanan vokal, serta penggunaan analogi atau metafora.

4. Latihan Berbicara dalam Teks Pidato Persuasif

Di sini, para siswa kelas 9 memiliki kesempatan untuk berlatih menyusun dan menyampaikan teks pidato persuasif mereka sendiri. Dengan cara melakukan latihan berbicara di depan kelas atau audiens lainnya. Dan sebagai penilaian umpan balik, para guru biasanya akan memberikan umpan balik konstruktif tentang pidato mereka.

Proses ini sangat membantu para siswa agar bisa memahami kekuatan dan kelemahan pidato mereka. Dan bisa meningkatkan ketrampilan berbicara mereka.

5. Contoh Pidato Persuasif

Para siswa akan mempelajari berbagai contoh pidato persuasif yang terkenal dan relevan. Dan para siswa bisa memahami bagaimana penerapan prinsip yang harus dipelajari dalam pidato nyata. Selain belajar membuat pidato, di kelas 9 ini, para siswa juga akan belajar tentang bagaimana cara mengevaluasi pidato orang lain. Termasuk cara melakukan identifikasi argumen yang kuat dan teknik persuasif yang digunakan.

Materi pelajaran tentang Struktur Pidato Persuasif ini bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan berbicara, dan ketrampilan penulisan. Serta kemampuan berpikir siswa dalam memahami dan menyampaikan pesan persuasif.

Soal Teks Pidato Persuasif Kelas 9 SMP dan Kunci Jawabannya

Contoh soal teks pidato persuasif

Berikut ini adalah soal teks pidato persuasif kelas 9 SMP berikut kunci jawabannya.

1. Manakah penggalan teks pidato berikut yang mengandung makna persuasif?

A. Kita tahu bahwa minat membaca di kalangan pelajar sangat rendah. Jangankan membaca membaca buku, banyak siswa yang malas walaupun hanya membaca cerpen atau artikel singkat. Ditambah lagi, maraknya media sosial dan permainan online. Hal itu tentu semakin membuat daya minat baca siswa menjadi rendah.

B. Tingginya angka kecelakaan lalu lintas banyak diakibatkan oleh kelalaian pengendara. Dalam sebuah video viral, saya pernah menonton seorang pengendara motor menabrak premotor lainnya karena bermain HP. Padahal, aturan lalu lintas melarang pengendara bermain HP saat berkendara.

C. Kesehatan perlu dijaga. Apalagi saat ini kita sudah bangkit dari pandemi. Pandemi mengajarkan kita untuk lebih menjaga kesehatan tubuh. Rajin berolahraga adalah salah satu contoh cara menjaga kesehatan tubuh. Mari bersama-sama rajin olahraga agar badan kita menjadi sehat.

D. Begadang tentu mengurangi waktu tidur seseorang. Padahal, kurang tidur bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kurang tidur juga bisa membuat daya konsentrasi menjadi rendah. Menurut hasil penelitian dari University of Wisconsin, kurang tidur ternyata juga bisa menyebabkan penuaan kulit.

Jawaban: C

2. Teks pidato persuasif adalah ….

A. Teks pidato yang digunakan untuk memberikan pendapat dan fakta

B. Teks pidato yang isinya menjelaskan suatu proses kepada khalayak

C. Teks pidato yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan

D. Teks pidato yang isinya bujukan atau imbauan untuk memengaruhi pendengarnya

Jawaban: D

3. Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut!

Hadirin yang saya hormati,

Seperti kita ketahui, merokok memiliki risiko buruk bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. Orang-orang di sekitar perokok yang mengisap asap rokok juga bisa terkena dampak bahayanya. ….

Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….

A. Mereka sering disebut sebagai perokok pasif.

B. Karena banyak kerugiannya, saya mengimbau hadirin untuk tidak merokok.

C. Banyak kasus penyakit dan kematian yang diakibatkan oleh aktivitas merokok.

D. Menurut penelitian, perokok pasif justru lebih berbahaya terkena dampak rokok daripada perokok aktif.

Jawaban: B

4. Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut!

Kita harus mengatur waktu tidur kita. Tidur cukup bisa membuat badan menjadi segar dan sehat. Seseorang akan bersemangat saat memulai aktivitas di pagi hari jika waktu tidurnya cukup. Mari kurangi begadang dan tidur yang cukup pada malam hari.

Tema penggalan teks pidato persuasif di atas adalah ….

A. kesehatan

B. kebudayaan

C. pendidikan

D. lingkungan

Jawaban: A

5. Sebelum menulis teks pidato persuasif, agar isinya sistematis kita bisa membuat ….

A. rubrik penilaian

B. kerangka pidato

C. pertanyaan-pertanyaan

D. rangkuman

Jawaban: B

6. Bagian teks pidato persuasif yang berisi ucapan puji syukur adalah ….

A. pembuka

B. isi

C. penutup

D. simpulan

Jawaban: A

7. Salah satu ciri dalam penutup pidato persuasif adalah adanya ….

A. ucapan puji syukur

B. sapaan hormat

C. materi inti pidato

D. permohonan maaf

Jawaban: D

8. Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut!

Sekolah akan melaksanakan program penghijauan. Pelaksanaan kegiatan itu melibatkan semua warga sekolah dan masyarakat sekitar.

Nominalisasi dalam paragraf di atas dibuktikan dengan kata ….

A. melaksanakan

B. melibatkan

C. pelaksanaan

D. masyarakat

Jawaban: C

9. Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut!

Budaya menyontek berdampak buruk bagi siswa. Daya kreativitas mereka dalam belajar tidak akan berkembang karena selalu mengandalkan hasil menyontek. Degradasi kepercayaan diri juga pasti akan dialami siswa. Menyontek juga membiasakan siswa untuk berbohong. Karena dampak negatifnya sangat besar, mari hindari kebiasaan menyontek.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks pidato persuasif di atas adalah ….

A. Kebiasaan menyontek membuat siswa lebih kreatif

B. Kepercayaan diri siswa akan turun jika membiasakan menyontek

C. Menyontek bukanlah termasuk perbuatan yang memiliki dampak negatif

D. Menyontek jauh berbeda dengan tindakan berbohong

Jawaban: B

10. Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut!

Seseorang yang kecanduan game online sangat mudah dikenali. Mata mereka akan kelihatan sayu dan kemerahan karena sering terpapar layar gawai. Mereka sering menyendiri karena terbiasa asyik dengan gawainya. Di sekolah pun mereka tidak bisa konsentrasi dan merasa cepat bosan dengan aktivitas di kelas. Karena dampaknya yang buruk, mari kita kurangi game online agar tidak kecanduan.

Isi teks pidato persuasif di atas adalah ….

A. ajakan untuk mengurangi kegiatan game online.

B. trik jitu agar seseorang tidak kecanduan game online

C. ciri-ciri orang yang belum kecanduan game online

D. dampak positif seseorang yang menyukai game online

Jawaban: A

11. Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut!

Pendidikan adalah kebutuhan manusia. Salah satu tokoh pendidikan yang terkenal di Indonesia adalah Ki Hajar Dewantara. …. menjadi sosok teladan bagi para guru.

Kata ganti yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah ….

A. Anda

B. dia

C. beliau

D. mereka

Jawaban: C

12. Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut!

Sebelum saya mengimbau warga, ada baiknya saya ceritakan pengalaman saya saat mencari pekerjaan ke kota. Dulu, saya bersama kakak saya ingin mengadu nasib ke Jakarta. …. berangkat ke sana dengan berbekal ijazah SMA.

Kata ganti yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang adalah ….

A. mereka

B. saya

C. beliau

D. kami

Jawaban: D

13. Kata yang termasuk kata benda abstrak adalah ….

A. kejujuran

B. masyarakat

C. permukiman

D. pemandangan

Jawaban: A

14. Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut!

Menurut hasil tes PISA tahun 2018, Indonesia menempati peringkat ke-74 dari 79 negara. Tentunya hasil ini semakin membuktikan rendahnya daya literasi remaja kita.

Kata “literasi” adalah kata teknis di bidang ….

A. politik

B. ekonomi

C. budaya

D. pendidikan

Jawaban: D

15. Kalimat berikut yang menggunakan hubungan kausalitas adalah ….

A. Tujuan perjuangan para pahlawan adalah kemerdekaan bangsa dan negara

B. Pemerintah memberikan subsidi karena banyak masyarakat yang kurang mampu.

C. Kenaikan bahan bakar minyak akan dilakukan pemerintah secara bertahap.

D. Pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat agar daya beli mereka meningkat.

Jawaban: B

Demikian tadi 15 soal teks pidato persuasif kelas 9 beserta kunci jawabannya. Semoga bermanfaat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad