Kotaku
Home Beasiswa Siswa Gap Year Tak Perlu Khawatir, SNBT Masih Bisa Diikuti: Berapa Banyak Batas Maksimalnya?

Siswa Gap Year Tak Perlu Khawatir, SNBT Masih Bisa Diikuti: Berapa Banyak Batas Maksimalnya?

KOTAKU.ID – Melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tentu saja menjadi impian banyak orang, apalagi di Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) merupakan proses seleksi masuk ke perguruan tinggi di Indonesia yang dilaksanakan serentak secara nasional. SNPMB memiliki tiga lajur yang dapat dipilih oleh siswa, antara lain jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur mandiri.

Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) hanya bisa diikuti oleh siswa yang masuk ke dalam daftar eligible yang tentu saja telah dilakukan penjaringan secara ketat di sekolah masing-masing. Jalur SNBP juga hanya bisa diikuti oleh siswa kelas 12 pada tahun tersebut dan yang memiliki prestasi. Penyeleksian jalur ini yaitu berdasarkan dari nilai rapor dan juga prestasi siswa sejak semester 1-5 dan tanpa tes.

Siswa Gap Year tidak perlu khawatir terkait hal tersebut. SNPMB masih memiliki dua jalur yang dapat diikuti oleh siswa Gap Year, yaitu jalur SNBT dan jalur Mandiri. Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tidak hanya bisa diikuti oleh siswa kelas 12 pada tahun pendaftaran, akan tetapi bagi siswa Gap Year dua tahun sebelumnya. 

Berdasarkan namanya, penyeleksian jalur SNBT yaitu menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang telah diikuti oleh siswa pada tahun tersebut. Selain dapat digunakan untuk pendaftaran pada jalur SNBT, nilai UTBK juga dapat digunakan untuk pendaftaran pada jalur mandiri.

Persyaratan Wajib Pendaftaran SNBT

Berikut ini persyaratan yang wajib dipenuhi oleh peserta yang akan mendaftarkan diri untuk mengikuti jalur SNBT:

  1. Peserta harus memiliki akun SNPMB Siswa. Registrasi akun SNPMB Siswa dapat dilakukan di portal SNPMB.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/SMK/MA kelas 12 atau kelas terakhir pada tahun 2024.
  4. Peserta didik Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 25 tahun
    (per 1 Juli 2024).
    1. Siswa yang belum mempunyai ijazah pada poin 3 dan 4 harus membawa surat keterangan siswa kelas 12 sekurang-kurangnya disertai dengan:
    2. identitas meliputi nama, kelas, NISN, dan NPSN
    3. pas foto terbaru (berwarna)
    4. tanda tangan Kepala Sekolah/Madrasah
    5. stempel/cap sekolah
  5. Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat tahun 2022 dan 2023
  6. Lulusan paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 juli 2024)
  7. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang telah disetarakan.
  8. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan//atau Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  9. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  10. Bagi peserta yang berkebutuhan khusus tunanetra, wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.
  11. Membayar biaya UTBK sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).

Pilihan Program Studi

Berikut ini ketentuan Pilihan Program Studi yang dapat dipilih:

  1. Setiap peserta bebas memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan’/atau PTKIN.
  2. Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua0 pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2(dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan) dengan ketentuan sebagaimana terlampir:
  • Bagi peserta yang memilih 1 program studi, maka bebas memilih di program apapun. 1 Diploma Tiga; atau 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau 1 Sarjana.
  • Bagi peserta yang memilih 2 program studi, maka bebas memilih di program apapun. 2 Diploma Tiga, atau 2 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau 2 Sarjana, atau 1 DIploma Tiga dan 1 Sarjana, atau 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan dan 1 Sarjana.
  • Bagi Peserta yang memilih 3 program studi, maka wajib memilih antara 2 program akademik dan 1 program vokasi atau 1 program akademik dan 2 program vokasi.

Batas pendaftaran UTBK-SNBT untuk siswa gap year yaitu akan ditutup pada 5 April 2024, pada pukul 15.00 WIB. Oleh karena itu, bagi peserta yang belum mendaftarkan diri diharapkan segera mendaftar ya! Jangan sampai terlewat belum mendaftar dan portal pendaftaran telah ditutup. 

Demikian informasi tentang SBNT, peserta lulusan 2022, 2023, 2024 masih bisa untuk mengikuti UTBK dan batas maksimalnya 3 kali. Semoga apa yang disampaikan pada kali ini bermanfaat dan semoga berhasil!

Disclaimer : Ikuti informasi-informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia pendidikan di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih opsi JOIN.

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad