Kotaku
Home Cpns dan PPPK Selain Gaji dan Tunjangan, Ini 8 Keuntungan Menjadi PNS

Selain Gaji dan Tunjangan, Ini 8 Keuntungan Menjadi PNS

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan salah satu pekerjaan yang menjadi cita-cita banyak kalangan di masyarakat Indonesia. hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pelamar setiap diadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Banyak yang mendambakan menjadi seorang ASN arena gaji dan karirnya yang stabil, selain itu terdapat keuntungan menjadi PNS lainnya yang perlu kamu ketahui.

Apa saja keuntungan menjadi PNS tersebut? Ayo simak ulasannya berikut ini.

Keuntungan Menjadi CPNS

Karir Stabil

Salah satu alasan mengapa banyak orang mendambakan menjadi PNS adalah karena kejelasan dan stabilnya karir yang akan didapatkan. Jika kamu lulus menjadi PNS kamu akan menempati jabatan tertentu dalam pemerintahan yang jelas dan terjamin. Keuntungan menjadi PNS yang banyak menjadi tujuan adalah karena jika lolos seleksi CPNS, akan menjadi pekerja tetap pada semua lembaga dan instansi.

Kecuali kamu melanggar aturan atau ketentuan yang menjadi ketentuan kerja PNS, maka kamu aman dari pemutusan kerja dan PHK. Meskipun bisa saja terjadi pemutusan kerja tetap hal tersebut terjadi jika terdapat persoalan atau aturan yang tidak sesuai peraturan perundang-undangan.

Gaji Tetap

Keuntungan menjadi PNS selanjutnya adalah mendapat penghasilan atau gaji pokok yang tetap. Jika pada pekerja swasatterd[aat kemungkinan perubahan penghasilan yang disebabkan karena performa perusahaan, atau kondisi industri. Pada ASN gaji akan selalu tetap dan bahkan bisa mendapat kenaikan gaji jika pangkatnya meningkat. Besarnya gaji pokok yang diterima oleh ASN disesuaikan dengan jabatan dan golongan yang diduduki.

Mendapat Banyak Tunjangan

Selain mendapat gaji pokok yang dibayar setiap bulannya, keuntungan menjadi PNS adalah kamu akan mendapatkan banyak tunjangan. Tunjangan juga akan dibayar bersama gaji pokok sehingga, beberapa tunjangan yang didapat antara lain adalah sebagai berikut.

Tunjangan Anak, bagi PNS yang memiliki anak akan mendapat tunjangan anak dengan umur kurang dari 21 tahun. Dan akan diperpanjang hingga 25 tahun jika anak masih bersekolah.

Tunjangan Suami/Istri

Bagi PNS yang memiliki suami atau istri akan mendapat tunjangan ini, apabila suami dan istri keduanya sebagai PNS maka tunjangan keluarga akan diberikan pada yang memiliki gaji pokok lebih tinggi.

  • Tunjangan makan

Beberapa golongan pada instansi pemerintah mendapat tunjangan makan per hari sesuai ketentuan.

  • Tunjangan kinerja

Tunjangan kinerja diberikan pada PNS yang jumlahnya didasarkan pada evaluasi jabatan dan capaian prestasi kerja yang telah dikerjakan.

  • Tunjangan jabatan struktural

Tunjangn ini diberikan pada PNS yang ditugaskan secara penuh dalam jabatan struktural sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Tunjangan umum

Tunangan umum sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2006 disebutkan bahwa tunjangan umum diberikan pada PNS yang tidak menerima tunjangan jabatan struktural, tunjangan fungsional atau tunjangan yang dipersamakan dengan tunjangan jabatan.

Jaminan Kesehatan

Menjadi seorang ASN, akan mendapat keuntungan dalam hal kesehatan yaitu jaminan kesehatan dan asuransi. PNS akan diberi fasilitas kesehatan yang baik, mencakup biaya pengobatan yang akan ditanggung oleh pemerintah. Hal ini tidak berlaku pada pegawai PNS saja tetapi juga keluarganya seperti istri atau suami dan anak sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Kemudahan Pinjaman ke Bank

Menjadi PNS dikatakan akan lebih mudah untuk mengajukan pinjaman ke Bank. Jika memerlukan uang yang cukup banyak seperti membeli rumah atau menyekolahkan anak, makan PNS dapat mengajukan pinjaman ke Bank menggunakan SK PNS. Dimana uang pinjaman akan dipotong langsung dari gaji setiap bulannya.

Kemudahan Melanjutkan Pendidikan

Keuntungan menjadi PNS lainnya adalah kamu akan diberi kemudahan dalam melanjutkan pendidikan. Biasanya beberapa instansi atau lembaga pemerintah akan memberikan beasiswa pekerja, untuk mengembangkan keterampilan pegawainya. Tentu saja kesempatan ini disertai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di masing-masing instansi.

Jam Kerja yang Pasti

Jam kerja PNS umumnya adalah 8 jam per hari, tergantung degan jam operasional masing-masing instansi. Tetapi secara umum PNS bekerja setiap hari dengan jam kerja yang tetap. Selain itu PNS juga bekerja dari Senin hingga Jumat.

Mendapat Uang Pensiun

Mendapatkan uang pensiun merupakan salah satu keuntungan menjadi PNS yang membuat banyak orang menifiktif seleksi CPNS. Karena meskipun sudah tidak bekerja, PNS akan tetap mendapat uang pensiun. Sehingga mereka mendapatkan jaminan akhir tuan yang besarnya tergantung dengan pangkat dan golongan PNS tersebut.

Jenjang Karir

Keuntungan selanjutnya adalah PNS akan mendapat jenjang karir yang jelas. Karena setiap PNS akan menempati golongan tertentu dengan gaji berdasarkan golongan. Jika golongan lebih tinggi tentu saja gaji yang didapat juga akan bertambah. Kenaikan pangkat akan dialihkan seusia kinerja dan waktu bekerja. Sehingga PNS mandapat jenjang karir yang jelas.

Persyaratan CPNS 2024

Sudha tertarikkah kamu menjadi PNS? Sebelum mendaftarkan diri simak persyaratannya berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 18 tahun dna maksimal 35 tahun
  • Sehat jasmani rohani
  • Tidak sedang dalam status CPNS, PNS, TNI dan sejenisnya.
  • Bukan termasuk anggota dan pengurus partai politik
  • Tidak pernah dipidana dan dipenjara
  • Tidak pernah diberhentikan tidak hormat dari pekerjaan sebelumnya
  • Memiliki Kualifikasi sesuai formasi dan jabatan
  • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia

Itu dia keuntungan menjadi PNS yang akan didapatkan jika lulus seleksi CPNS.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad