Kotaku
Home Beasiswa Ini Hal Penting Saat Registrasi Akun SNPMB 2024 Untuk Siswa dan Sekolah

Ini Hal Penting Saat Registrasi Akun SNPMB 2024 Untuk Siswa dan Sekolah

Kotaku.id Ini Hal Penting Saat Registrasi Akun SNPMB 2024 Untuk Siswa dan Sekolah – Setiap sekolah dan siswa diwajibkan melakukan pendaftaran akun untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024. Penggunaan akun ini menjadi suatu keharusan untuk mengikuti proses Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Berdasarkan Tes (SNBT). Dilansir dari informasi yang diposting di akun Instagram resmi @bp3_kemdikbud, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan terkait mekanisme pendaftaran akun SNPMB 2024. Beberapa poin penting berkaitan dengan akun bagi siswa dan sekolah dalam konteks SNPMB 2024 juga perlu dipahami.

Akun SNPMB Sekolah

Akun SNPMB Sekolah
Akun SNPMB Sekolah

Untuk mengatasi situasi di mana Anda tidak ingat kata sandi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Anda, silakan manfaatkan opsi reset password yang telah disediakan. Apabila Anda mengalami kesulitan mengingat alamat email yang terhubung dengan akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2024 , jangan ragu untuk menghubungi help desk SNPMB. Bagi sekolah yang telah memiliki akun SNPMB untuk tahun 2023 kemarin, tidak diperlukan pembuatan akun baru. Langkah ini dimaksudkan untuk mempermudah proses administratif dan memastikan kelancaran akses ke platform SNPMB.

Sebagai langkah pencegahan, sebelumnya disarankan untuk memeriksa keakuratan data sekolah dengan mengunjungi laman berikut: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/snpmb/site/index. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memastikan bahwa informasi yang tercatat mengenai sekolah Anda sudah sesuai dan akurat.

Akun SNPMB Siswa

Para siswa yang sudah memiliki akun hanya perlu melakukan proses login tanpa perlu repot-repot membuat akun baru. Sementara bagi siswa yang belum memiliki akun, mereka dapat dengan mudah membuatnya melalui portal SNPMB 2024, dengan menggunakan alamat email pribadi mereka, bukan email sekolah, orang tua, atau teman.

Penting untuk memastikan keakuratan data siswa. Jika terdapat kesalahan, diharapkan untuk segera melaporkannya kepada pihak sekolah atau operator sekolah, bukan ke help desk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024. Keterlibatan pihak sekolah akan memastikan penyelesaian yang lebih efektif.

Sebagai syarat wajib, siswa diharapkan mengunggah pas foto terbaru dengan ukuran 4×6. Selama proses verifikasi, pastikan bahwa semua data dan posisi foto sudah sesuai dengan ketentuan sebelum menyimpan secara permanen. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan atau ketidaksesuaian data di kemudian hari.

Saat telah berhasil melakukan verifikasi, disarankan agar siswa mengunduh bukti penyimpanan permanen akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 sebagai konfirmasi. Penting untuk diingat bahwa setelah proses penyimpanan permanen dilakukan, status data siswa tidak dapat dibatalkan. Oleh karena itu, kehati-hatian dalam memastikan kebenaran data sebelum penyimpanan permanen menjadi kunci utama dalam menjaga integritas informasi siswa.

Tata Cara Pembuatan Akun SNPMB 2024

Tata Cara Pembuatan Akun SNPMB 2024
Tata Cara Pembuatan Akun SNPMB 2024

Para siswa diharuskan memiliki akun yang telah tersimpan secara permanen di portal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan akun SNPMB 2024 yang harus diikuti oleh siswa:

  • Mulailah dengan mengakses link registrasi SNPMB 2024, yang dapat ditemukan di https://reg-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.
  • Selanjutnya, klik opsi “Daftar Akun” yang terdapat pada halaman tersebut.
  • Pada bagian khusus siswa, tekan tombol “Daftar” untuk memulai proses pembuatan akun.
  • Isilah kolom NISN, NPSN, dan tanggal lahir, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol “Selanjutnya”.
  • Pastikan untuk memeriksa kembali seluruh data NISN, NPSN, dan tanggal lahir. Selain itu, tambahkan informasi email, password, dan konfirmasi password sebelum menekan tombol “Submit”.
  • Setelah itu, akan muncul notifikasi aktivasi akun melalui email. Pastikan untuk memeriksa kotak masuk email dan mengaktifkan akun melalui tautan yang disediakan.
  • Kembali ke laman registrasi dengan mengisi email dan juga password untuk bisa masuk ke akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2024.
  • Lakukan verifikasi dan validasi data dengan mengklik tombol “Perbarui Data” dan melakukan validasi data yang diperlukan.
  • Jika terdapat kesalahan dalam data, laporkan hal tersebut kepada pihak sekolah untuk melakukan koreksi data pada dapodik/emis. Pastikan untuk melaporkan hasilnya ke pusdatin/pendis.
  • Setelah proses koreksi dari sekolah selesai, ulangi langkah-langkah verifikasi dan validasi hingga data terlihat valid.
  • Jika data sudah terbukti valid, lengkapi biodata yang diminta dalam formulir registrasi.
  • Unggah pasfoto terbaru atau yang diambil dalam tiga bulan terakhir sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Simpan informasi registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 secara permanen dan unduh bukti registrasi untuk menyelesaikan keseluruhan proses registrasi.

Perlu dicatat bahwa periode registrasi akun SNPMB 2024 untuk sekolah dibuka mulai 8 Januari hingga 8 Februari 2024. Sementara itu, tahap registrasi akun bagi siswa dimulai pada 8 Januari dan berakhir pada 15 Februari 2024.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan siswa dapat dengan mudah dan lancar membuat akun SNPMB 2024. Pastikan untuk melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dan selalu memeriksa serta mengikuti petunjuk dengan cermat agar proses ini berjalan tanpa kendala.

Jika ditemui kendala atau kesalahan data, segera laporkan kepada pihak sekolah untuk koreksi yang tepat. Penggunaan portal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 ini memastikan partisipasi siswa dalam proses penerimaan sekolah dengan lebih efisien. Semoga proses registrasi berjalan dengan lancar, dan siswa dapat melanjutkan pendidikannya dengan sukses. Terima kasih atas kerjasama dan partisipasinya dalam menjalankan proses ini.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad