Kotaku
Home Seputar Pekerjaan Prospek Kerja Lulusan Akuntansi, Berapa Gajinya?

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi, Berapa Gajinya?

Apa saja prospek kerja lulusan akuntansi? Jurusan akuntansi adalah salah satu jurusan yang banyak diminati oleh siswa dari segala bidang kejuruan. Hal tersebut karena bidang akuntansi merupakan ilmu yang banyak dibutuhkan di semua perusahaan.

Tidak heran jika kemudian banyak calon mahasiswa yang menargetkan jurusan akuntansi menjadi impiannya. Namun, tahukah kamu bahwa prospek kerja jurusan ini tidak hanya dapat mengisi posisi akuntansi. Terdapat beberapa peluang-peluang kerja yang dapat diisi oleh lulusan akuntansi. Simak ulasan lebih lengkapnya dari kotaku.id berikut ini.

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi dan Gajinya

Jurusan akuntansi merupakan studi yang mempelajari ilmu teknik dalam mengelola keuangan dengan melakukan identifikasi, pencatatan, peringkasan, perhitungan, penggolongan yang disajikan pada laporan keuangan.  Lulusan akuntansi menjadi jurusan yang banyak dibutuhkan oleh berbagai jenis perubahan mulai dari bidang industri, pemerintahan, hingga perusahaan lokal dan multinasional. Jenjang karir posisi ini juga cukup tinggi, oleh karena itu banyak lulusan SMA/SMK/MA dan jenjang sederajat memilih jurusan ini sebagai pilihan masuk kuliah.

Beberapa prospek kerja lulusan akuntansi pada sebuah perusahaan atau lembaga sangat banyak seperti akuntan publik, auditor hingga bekerja di lembaga pajak. Berikut ini adalah daftar prospek kerja untuk jurusan akuntansi.

Akuntan Publik

Peluang besar untuk lulusan akuntansi adalah mengisi posisi sebagai seorang akuntan, salah satunya akuntan publik. Seorang akuntan publik bertugas memberikan layanan jasa audit, perpajakan dan konsultasi pada klien. Akuntan publik juga dapat bekerja untuk firma akuntansi maupun memulai praktik jasa sendiri.

Sedangkan gaji seorang akuntan publik sangat beragam tergantung dengan lama kerja atau perusahaan tempat bekerja. Secara umum akuntan publik mendata gaji 4 hingga 8 juta per bulan sering dengan pengalaman dan kualitas kerjanya.

Auditor Internal

Selain bekerja sebagai akuntan publik,lulusan akuntansi juga dapat mengisi posisi sebagai auditor. Perusahaan-perusahaan besar pasti membutuhkan  internal auditor. Tugas dari posisi ini adalah memastikan hasil laporan keuangan sesuai dengan kenyataan. Tugas lain dari pisau ini adalah meninjau, memperbaiki, dan memberikan saran perbaikan terkait operasional perusahaan dan regulasi keuangan.

Fungsi seorang auditor sangat penting agar bisnis berjalan dengan lancar. Sehingga akan membuat banyak lowongan kerja untuk lulusan jurusan akuntansi. Gaji auditor antara 3,5 hingga 5 juta berduaan tergantung perusahaan masing-masing.

Konsultan Pajak

Tidak hanya di bagian akuntan saja namun peluang kerja untuk jurusan akuntansi juga dapat mengisi sebagai konsultan pajak. Seorang konsultan pajak akan melakukan perhitungan pajak, perhitungan, pembayaran dan pelaporan pajak perusahaan dan klien. Bagi kamu yang ingin membuka jasa konsultan pajak sendiri maka harus mendapat izin praktek sebagai konsultan pajak. Izin praktik harus disertai pula dengan ujian sertifikasi.

Seorang konsultan pajak dapat memperoleh gaji sebanyak Rp 4 hingga Rp 6 juta jika telah menjadi profesional. Besar gaji dapat meningkat seiring dengan pengalaman peserta sertifikasi yang diperoleh.

Analisis keuangan

Lalu, prospek lain dari lulusan akuntansi adalah dapat mengisi posisi sebagai analisis keuangan atau financial analyst. Dimana posisi ini kemungkinan akan mendapat gaji mulai dari 5 hingga 10 juta per bulan untuk financial analyst profesional.

Manajer Akuntansi

Manajer akuntansi adalah pekerjaan yang tugasnya mengelola serta mengawasi dokumen akuntansi serta pengelolaan keuangan. Selain itu, seorang manajemen akuntansi juga bertugas untuk mengembangkan bisnis menjadi terbaik. Selain itu tugas seorang manajemen tidak hanya itu saja, tetapi juga bertanggung jawab untuk mengelola keuangan yang didapatkan-nya.

Tugas lain dari seorang manajemen akuntansi adalah membuat keputusan bisnis berdasarkan analisis keuangan. Gaji awal untuk profesional manajemen akuntansi dapat mencapai 5 juta hingga 10 juta. sering dengan posisi dan jenjang karirnya dalam perusahaan.

Pendidik

Lulusan akuntansi juga dapat menaiki seorang pendidik, baik guru atau dosen. Untuk pendidikan tingkat sekolah menengah, alumni jurusan akuntansi dapat mengisi posisi guru di SMK-SMK jurusan akuntansi atau mengajar materi tentang akuntansi. Gaji yang dapat tergantung dengan masa kerja dan tempat bekerja. Sebagai pendidikan dapat menghasilkan  gaji sekitar Rp 2 hingga Rp 5 juta.

Business Analyst

Tugas dari posisi ini adalah memberikan masukan pada klien sesuai dengan analisis yang telah dibuat mengenai model bisnis hingga akhir dan pengelolaan keuangan di masa yang akan datang seorang business analyst dapat sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena pekerjaan ini dapat membantu seorang pebisnis meningkatkan keuntungan dan membuat pondasi yang kuat bagi perusahaan. Gaji business analyst sangat beragam mulai dari Rp 3, 6 hingga 12 juta tergantung dengan posisi dan perusahaannya.

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad