Kotaku
Home Pendidikan Prio Tahun Ini Lulus Sarjana Sistem Informatika dari Universitas Ternama di Amerika dengan Predikat Kelulusan

Prio Tahun Ini Lulus Sarjana Sistem Informatika dari Universitas Ternama di Amerika dengan Predikat Kelulusan

harry cunningham EPi3TRQc5Z0 unsplash

Kotaku.ID – Ketika menemukan soal “Prio tahun ini lulus Sarjana Sistem Informatika dari Universitas ternama di Amerika dengan predikat kelulusan cumlaude. Disamping itu, Prio pun sudah mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi, pelatihan bidang sistem informatika. Selama kuliah di Amerika, Prio magang di perusahaan IT di sana, Karena kinerja Prio saat magang dinilai baik oleh manajer perusahaan serta kompetensi Prio di bidang tersebut” bagaimanakah cara menjawabnya?

Seperti apakah jawaban dari soal Prio tahun ini lulus Sarjana Sistem Informatika dari Universitas ternama di amerika dengan predikat kelulusan cumlaude ini? Sebenarnya jawaban satu ini sangat menarik untuk dibahas.

Nah, langsungs aja kira simak jawaban dari Prio tahun ini lulus Sarjana Sistem Informatika dari Universitas ternama di amerika dengan predikat kelulusan cumlaude. Pertanyaan diatas menjelaskan tentang seorang bernama Prio.

Soal Lengkap

“Prio tahun ini lulus Sarjana Sistem Informatika dari Universitas ternama di Amerika dengan predikat kelulusan cumlaude. Disamping itu, Prio pun sudah mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi, pelatihan bidang sistem informatika. Selama kuliah di Amerika, Prio magang di perusahaan IT di sana, Karena kinerja Prio saat magang dinilai baik oleh manajer perusahaan serta kompetensi Prio di bidang tersebut.

Perusahaan berniat menjadikan Prio Karyawan di perusahaan dan boleh memilih bekerja di Amerika atau di perwakilan Indonesia. Prio menolak tawaran tersebut dan lebih memilih bekerja sebagai IT di Sekolah dengan alasan dapat memajukan pendidikan serta sangat besar peluang untuk beramal berupa ilmu yang bermanfaat. Hal ini membuat Haris merasa aneh, mengapa orang secerdas Prio lebih memilih bekerja di tempat yang penghasilannya kecil bila dibandingkan dengan bekerja di perusahaan IT Multinasional.”

 Analisis Fenomena di atas, jawab dengan rinci pertanyaan di bawah ini.

  1. Konflik nilai apa yang terjadi pada Prio & Haris fenomena di atas?
  2. Dua tipe nilai apa pada diri Prio yang menyebabkan lebih memilih bekerja di masyarakat?
  3. Apa anggapan kerja Prio serta bagaimana implikasinya kepada sikap kerja dan perilaku kerja?

Jawaban Lengkap

1. Konflik Nilai yang Terjadi pada Prio dan haris

Berikut ini merupakan konflik nilai yang terjadi kepada dua tokoh pada soal diatas:

  • Prio : Konflik nilai pada Prio terjadi karena sanjungan nilai personal yang selama ini diyakini. Seperti pentingnya pendidikan, sosial (kebaikan untuk sesama) dan meyakini bahwa amal yang diajarkan pada orang lain akan berguna selamanya bahkan ketika Prio sudah meninggal. Nilai kehidupan ini tidak terjadi begitu saja, namun merupakan hasil dari pengajaran atau pendidikan agama dari kedua orang tua. Prio meyakini bahwa seberapa pun kaya seseorang, tidak akan berguna jika dia tidak bermanfaat untuk orang lain. Yang terpenting adalah apa manfaat yang bisa dia berikan untuk orang lain.
  • Haris : Berbeda dengan Prio, harus memiliki nilai hidup yang lebih mengutamakan prinsip ekonomi (seberapa besar penghasilan seseorang) dan status tempat bekerja dibandingkan dengan amal ilmiah yang bisa dibagikan kepada orang lain.

2. Dua Tipe Nilai pada Prio

Terdapat dua nilai yang dimiliki Prio yakni pendidikan dan nilai ajaran sosial dan agama. Nilai pendidikan membuat Prio lebih menghargai pendidikan sebagai salah satu sarana untuk bisa memberikan kontribusi dan kebermanfaatan kepada orang lain demi pengembangan pendidikan.

Nilai kedua adalah kebermanfaatan diri dalam sosial yang juga dipengaruhi oleh nilai agama. Dimana dengan bekerja di sekolahan bisa memberikan dampak positif pada masyarakat terutama bidang pendidikan. Dengan memberikan ilmu menjadi amalan yang tidak ada putusnya.

3. Anggapan Kerja

Orang seperti Prio melihat pekerjaan di bidang pendidikan merupakan sebuah kesempatan untuk berkontribusi pada pendidikan dan demi kemajuan pendidikan.

Prio pun menyadari bahwa nilai kebermanfaatan untuk orang lain, ilmu yang diamalkan dibandingkan dengan penghasilan materil belaka.

Nah itulah jawaban dari soal “Prio tahun ini lulus Sarjana Sistem Informatika dari Universitas ternama di amerika dengan predikat kelulusan cumlaude. Disamping itu, prio pun sudah mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi, pelatihan bidang sistem informatika. Selama kuliah di Amerika, Prio magang di perusahaan IT di sana, Karena kinerja Prio saat magang dinilai baik oleh manajer perusahaan serta kompetensi Prio di bidang tersebut”

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad