Kotaku
Home Pendidikan Pembelajaran Penggerakan Merupakan Esensi dari Fungsi Manajemen Karena Berkaitan dengan Unsur Manusia dalam Organisasi

Penggerakan Merupakan Esensi dari Fungsi Manajemen Karena Berkaitan dengan Unsur Manusia dalam Organisasi

Kotaku.ID – Artikel berikut ini akan membahas tentang jawaban penggerakan merupakan esensi dari fungsi manajemen karena berkaitan dengan unsur manusia dalam organisasi. Organisasi adalah kesatuan dari beberapa unsur manusia yang tidak bisa berjalan sendiri, keberhasilan dari suatu organisasi terletak pada bagaimana pergerakan unsur manusianya. Nah, figure pemimpin dalam menjalankan perannya sangat menentukan keberhasilan organisasi.

Sebenarnya ada beberapa prinsip penggerakan yang harus dijalankan oleh seorang pemimpin, salah satunya adalah kesatuan komando. Namun terkadang prinsip ini terganggu karena ada orang yang ikut memberikan instruksi padahal bukan tugasnya.

Yuk simak pembahasan penggerakan merupakan esensi dari fungsi manajemen karena berkaitan dengan unsur manusia dalam organisasi. Pertanyaan diatas menjelaskan tentang sebuah pergerakan. Penggerakan menjadi salah satu esensi dari fungsi manajemen, karena berkaitan langsung dengan unsur manusia dalam organisasi.

Soal

penggerakan merupakan esensi dari fungsi manajemen karena berkaitan dengan unsur manusia dalam organisasi. Keberhasilan suatu organisasi tergantung kepada keberhasilan pergerakkan unsur manusia. Disinilah pemimpin menjalankan peranannya dalam penggerakan. Ada beberapa prinsip penggerakan yang harus dijalankan oleh pimpinan, salah satunya prinsip kesatuan komando. Akan tetapi pada prakteknya ada saja orang yang ikut memberikan instruksi, walau bukan tugasnya. Bagaimana saudara menyikapi dan mengatasi masalah tersebut?

Jawaban

Masalah yang dimaksud dalam soal ini adalah cara menyikapi orang orang dalam organisasi yang ikut memberikan instruksi namun mereka tidak memiliki wewenang. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan, yakni:

1. Membagi Peran Dan Tanggung Jawab Dengan Jelas

Pertama, pastikan seorang pemimpin sudah memastikan bahwa semua anggota organisasinya memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas masing-masing. Untuk lebih jelasnya, dalam pembagian peran bisa dilakukan dengan cara dicatat agar yang lain mengetahuinya.

Selanjutnya, upayakan mengadakan pertemuan secara berkala. Hal ini bertujuan sebagai media komunikasi reguler untuk memastikan semua anggota organisasi bisa mengetahui peran dan batas tanggung jawabnya,

2. Ciptakan Budaya Organisasi Yang Sehat

Tahukah anda bahwa budaya organisasi yang positif bisa membantu terciptanya prinsip-prinsip manajemen bisa berjalan dengan baik. Nah berusahalah untuk menciptakan budaya organisasi yang positif tersebut.

Jangan lupa dorong kolaborasi antar tim sehingga mereka merasa memiliki dan bisa timbul tanggung jawab terhadap kesuksesan secara bersama. Ketika terjadi kesalahan pun tidak ada keinginan menjatuhkan antar tim.

3. Lakukan Evaluasi Dan Perbaikan Berkelanjutan

Terakhir, lakukanlah evaluasi secara berkala terhadap dinamika organisasi dan identifikasi apakah ada kejadian yang mengindikasi pelanggaran prinsip manajemen. Jika ada maka segera lakukan perbaikan dan penyesuaian sesuai dengan hasil temuan.

Itulah jawaban dari penggerakan merupakan esensi dari fungsi manajemen karena berkaitan dengan unsur manusia dalam organisasi. Jawaban ini bersifat referensi dan bisa ditambah dengan informasi atau pengalaman anda sendiri.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad