Kotaku
Home Pendidikan Pengertian UTBK 2024: Tujuan, Persyaratan dan Materi Tes

Pengertian UTBK 2024: Tujuan, Persyaratan dan Materi Tes

Kotakuid – Kata atau istilah UTBK 2024 mungkin sudah sangat familier di telinga para pelajar, khususnya siswa dan siswi kelas 3 SMA/MA/SMK/MAK. UTBK tentunya harus dipahami oleh para calon mahasiswa yakni sebagai salah satu tahapan dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Pengertian UTBK yakni singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. UTBK adalah ujian atau tes seleksi yang dilakukan untuk bisa masuk PTN. Sama dengan kepanjangannya, ujian ini mewajibkan Anda untuk menggunakan komputer, bukanlah lembar jawaban dan pensil.

Untuk Anda yang akan ikut serta dalam UTBK ini tentunya perlu mengetahui persyaratan pendaftarannya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memahami materi tes dan tahapan pendaftarannya dengan baik. Hal ini dilakukan untuk bisa melaksanakan ujian masuk universitas dengan tenang nantinya.

Berikut ini adalah penjelasan tentang UTBK 2024 yang perlu diketahui para siswa dan calon mahasiswa baru.

Pengertian UTBK

UTBK merupakan ujian atau tes seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang nantinya akan dilalui calon mahasiswa. Khususnya, mereka yang mendaftar jalur SBMPTN atau yang saat ini disebut dengan SNBT.  SBMPTN ini merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan untuk SNBT adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes.

Pengertian UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Yakni ujian yang mewajibkan para calon mahasiswa untuk menggunakan komputer. Bukan lagi menggunakan lembar jawaban dan pensil. Setiap pelajar yang telah mendaftar jalur SNBT harus mengetahui lolos atau tidak di PTN pilihannya.

UTBK 2024 mewajibkan para calon mahasiswa mengerjakan beberapa soal dengan menggunakan komputer. Skor yang didapat oleh peserta UTBK nantinya akan memengaruhi lolos atau tidaknya siswa di PTN pilihannya.

Tujuan UTBK-SNBT

Dilansir dari snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, UTBK 2024 tentunya mempunyai tujuan tertentu. Tujuan UTBK yakni sebagai berikut:

  • Memprediksi calon mahasiswa yang dapat menyelesaikan studi dalam perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu
  • Memberi kesempatan kepada calon mahasiswa untuk ikut serta dalam tes secara fleksibel yakni dengan memilih lokasi dan waktu tes.
  • Memberi kesempatan kepada calon mahasiswa untuk bisa memilih PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN dan juga lintas wilayah
  • Menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan pada hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang telah ditetapkan bersama dengan PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN

Persyaratan Peserta UTBK

UTBK tentunya mempunyai persyaratan tertentu dalam mendaftarnya, yakni sebagai berikut:

  1. Mempunyai Akun SNPMB.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus mempunyai Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun ajaran 2023/2024 dengan umur maksimal 25 tahun (per tanggal 1 Juli 2023). Catatan: Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai : 
  4. foto terbaru (berwarna)
  5. stempel/cap sekolah
  6. tanda tangan Kepala Sekolah
  7. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun ajaran 2023 dan 2024 atau lulusan Paket C tahun 2023 dan 2024 harus mempunyai ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024). Untuk lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus mempunyai ijazah yang sudah disetarakan.
  8. Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun sebelumnya
  9. Mempunyai kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  10. Untuk peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib untuk mengunggah portofolio.
  11. Bagi peserta tuna netra wajib untuk mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra
  12. Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk peserta yang mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023

Materi UTBK SNBT 2024

UTBK 2024

UTBK tentunya suatu tes yang memiliki materi tertentu. Berikut ini yakni materi UTBK yang perlu Anda ketahui:

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur Kemampuan Kognitif penting untuk keberhasilan dalam sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang nantinya akan diujikan adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, bahkan ada Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk bisa memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan beragam jenis teks. Dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia. Dan juga sebagai warga dunia agar bisa berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

3. Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir dengan menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika. Dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dalam berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia serta warga dunia.

Tahapan Pendaftaran UTBK 2024

Pada umumnya, tahapan pendaftaran UTBK-SNBT adalah sebagai berikut:

  1. Registrasi Akun SNBT. Wajib untuk semua calon pendaftar UTBK-SNBT dengan menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir dalam laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. 
  2. Login dengan menggunakan akun SNPMB di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  3. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data. Mengisi serta melengkapi biodata, unggah pas foto dengan berwarna terbaru, dan verifikasi biodata dan juga unduh serta unggah pernyataan tuna netra/low vision
  4. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT. Memilih Program Studi, Mengunggah Portofolio, Memilih Pusat UTBK PTN, dan mendapatkan Slip Pembayaran Biaya UTBK
  5. Membayar. Nantinya akan diumumkan kemudian.
  6. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT. Lakukan login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Kemudian pilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk unduh Kartu Peserta UTBK

Demikian penjelasan singkat tentang UTBK 2024, semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad