Kotaku
Home Bisnis Mengenal Pengertian Copywriting dan Beragam Contohnya

Mengenal Pengertian Copywriting dan Beragam Contohnya

KotakuID – Dalam bidang pemasaran digital, pasti Anda sering mendengar istilah copywriting. Peran copywriting ini sangat penting. Copywriting merupakan ujung tombak dalam pemasaran digital. Namun, apa sih pengertian copywriting?

Mungkin Anda sering menyadari jika artikrl atau tulisan-tulisan yang berupa ajakan dalam iklan penjualan barang ataupun jasa tidak dibuat dengan sembarangan. Tulisan-tulisan ajakan ini dibuat oleh mereka secara khusus yang bekerja dalam penulisan pemasaran. Mereka merupakan copywriting atau seringkali penulisnya disebut dengan copywriter.

Tugas copywriting yakni menjadi penghubung antara si penjual atau pengiklan dengan pembeli maupun konsumen dengan melalui media gambar, video, tulisan, audio, dan jenis konten lainnya.

Pengertian Copywriting

Copywriting (bahasa Indonesia: naskah iklan) merupakan sebuah naskah yang ditulis oleh seorang penulis naskah iklan yang disebarluaskan untuk kepentingan komersial. Contohnya, yakni naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lainnya. Penulis naskah iklan lazim disebut dengan copywriter, sedangkan untuk naskah atau teksnya disebut dengan istilah copy atau copywriting. Copywriting juga dapat diartikan sebagai kegiatan menulisnya.

Dalam prakteknya, naskah iklan tidak hanya berupa iklan konvensional ataupun berkategori above the line (seperti diantaranya iklan televisi, radio, dan media cetak), melainkan naskah promosi dalam bentuk apa pun yang dibutuhkan oleh industri. Misalnya, saja dalam bentuk teks situs web, rilis pers (press release), direct mail, kalender, brosur, semboyan perusahaan maupun produk (tagline), surat penjualan (sales letter), nawala (newsletter), dan lain sebagainya.

Materi copywriting bisa mencakup promosi secara tertulis yang dipublikasikan oleh media cetak atau daring. Mereka juga bisa menyertakan materi yang diucapkan, seperti diantaranya skrip yang digunakan untuk video maupun iklan. Anda mungkin tidak menyadarinya, namun copywriting faktanya ada di mana-mana, bahkan jika Anda baru memulai dengan melihat kotak surat (surel), maka Anda akan menemukan beberapa contoh copywriting yang jelas.

Misalnya, promosi untuk restoran lokal, katalog, surat penggalangan dana dari organisasi amal, ataupun surat penjualan untuk berbagai produk dan layanan adalah semua bentuk copywriting. Seorang penulis copywriting juga disebut sebagai copywriter.

Contoh Copywriting

Copywriting
Mengenal Pengertian Copywriting dan Beragam Contohnya 3

Copywriting merupakan salah satu metode pembuatan materi, biasanya yang berupa tulisan, guna untuk mengajak calon konsumen untuk membeli atau menggunakan barang atau jas yang telah diiklankan. Konten artikel ini bisa berupa ajakan, penjelasan produk, informasi berlangganan, ajakan kepada konsumen untuk menghubungi sales penjualan, informasi promosi, dan lain sebagainya.

Pada awalnya, copywriting  hanya digunakan dalam membuat artikel yakni advertorial, sales letter, billboard, dan media pemasaran dalam bentuk tulisan saja. Oleh karena itu, teknik pemasaran ini disebut sebagai copywriting. Namun demikian, di era yang serba teknologi digital dan daring seperti saat ini, copywriting dianggap sebagai hal yang penting dalam pemasaran.

Selain dapat dituangkan dalam bentuk tulisan, cara copywriting pada saat ini juga bisa diterapkan dalam membuat naskah video atau podcast. Selain itu, kemampuan copywriting juga dapat diterapkan dalam berbagai media pemasaran, seperti diantaranya headline serta meta description, iklan berbayar di platform Google atau media sosial, teks di landing page, artikel blog, post media sosial, judul serta deskripsi video YouTube. Iklan televisi, ulasan produk di akun YouTube, bahkan video singkat mengenai cara memakai suatu produk yakni contoh copywriting lisan.

Kesimpulan

Memilih teknik pemasaran yang efisien dan strategis sudah menjadi suatu keharusan untuk setiap pemilik bisnis. Tapi jika Anda pintar memasarkan, meskipun produk Anda biasa saja, maka jumlah pembeli Anda juga bisa lebih dari yang Anda bayangkan loh. Copywriting diketahui menjadi salah satu teknik pemasaran terampuh untuk Anda coba, terutama untuk para bisnis-bisnis baru yang ingin menarik banyak pelanggan potensial.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad