Kotaku
Home Pendidikan Pertanyaan Elaborasi Pemahaman Modul 1.3. Visi Guru Penggerak

Pertanyaan Elaborasi Pemahaman Modul 1.3. Visi Guru Penggerak

large shutterstock 1871255680 1578db06e6e50a18d586e1725a9fd05f 1

Kotaku.ID – Dalam artikel ini kita akan membahas bersama tentang Pertanyaan Elaborasi Pemahaman Modul 1.3. Visi Guru Penggerak. Seperti apa pembahasannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sebelum seorang calon guru penggerak belajar bersama instruktur, maka mereka di harapkan membuat beberapa pertanyaan terlebih dahulu untuk nantinya diajukan dan didiskusikan dalam diskusi elaborasi pemahaman modul 1.3. visi guru penggerak. Nah, apa saja Pertanyaan Elaborasi Pemahaman Modul 1.3. Visi Guru Penggerak yang bisa diajukan?

Modul 1.3. Visi Guru Penggerak

Calon guru penggerak tentunya akan berproses dengan bimbingan dari instruktur dalam mengenal elaborasi pemahaman mengenai bagaimana mereka (guru penggerak) nantinya bisa berkontribusi dalam mewujudkan profil pelajar pancasila untuk semua peserta didik disekolahnya menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif dan Model Perubahan BAGJA yang sebelumnya sudah dibahas juga di website ini.

Sebelum mengikuti kegiatan elaborasi pemahaman modul 1.3. visi guru penggerak ada beberapa hal yang harus di persiapkan. Salah satunya adalah menyusun pertanyaan yang mendalam tentang bagaimana calon guru penggerak bisa memaknai materi konsep modul 1.3. visi guru penggerak.

Lalu seperti apa Pertanyaan Elaborasi Pemahaman Modul 1.3. Visi Guru Penggerak itu? Anda bisa menyusun pertanyaan yang membuat diri anda termotivasi untuk menelusuri jawabannya dengan instruktur. Nantinya lewat penelusuran jawaban ini akan menguatkan pemahaman anda tentang modul 1.3. itu sendiri.

Ingat, ini bukan seberapa banyak pertanyaan yang disampaikan namun seberapa pentingnya pertanyaan tersebut bagi pemahaman anda atas modul 1.3. tentang visi guru penggerak.

Pertanyaan Elaborasi Pemahaman Modul 1.3. Visi Guru Penggerak

Modul 1.3. Visi Guru Penggerak

Sebagai persiapan untuk bahan diskusi dengan instruktur, ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Seperti menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan kepada instruktur ketika pertemuan tatap maya.

Beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan pematik ide penguatan pemahaman anda tentang konsep di modul 1.3. diantaranya adalah:

  1. Bagaimana cara penerapan paradigma inquiri apresiatif dengan menerapkan model perubahan BAGJA di satuan pendidikan anda?
  2. Seperti apa cara menghadapi tantangan dari berbagai aset yang dimiliki agar anda bisa sukses berkontribusi dengan menerapkan paradigma inquiri apresiatif disekolah?
  3. Apa ada kaitan antara peran pendidikan dalam mewujudkan filosofi KHD dan profil pelajar pancasila pada peserta didik jika dihubungkan dengan paradigma Inquiri apresiatif di satuan pendidikan?
  4. Untuk menggali potensi peserta didik diperlukan pemahaman tentang konsep profil pelajar pancasila. Lantas bagaimana caranya agar potensi tersebut bisa tergali dengan benar dan dalam?
  5. Sebagai seorang pendidik di satuan pendidikan apa yang harus dilakukan sesuai dengan konsep IA dan profil pelajar pancasila dalam memahami bagaimana peserta didik?
  6. Seperti apa caranya merumuskan dan menyesuaikan visi untuk menumbuhkan peserta didik yang merdeka belajar di lingkungan satuan pendidikan?
  7. Bagaimana cara dalam menghadapi tantangan berbagai aset agar sukses berkontribusi dengan paradigma IA?
  8. adakah aturan tertentu dalam pembuatan visi sekolah?
  9. Bagaimana cara mengkolaborasikan visi sekolah jika setiap guru memiliki visi yang berbeda dan mereka kukuh dengan visinya masing-masing?
  10. Bagaimana jika ada ketimpangan dengan aset yang ada dengan potensi yang dimiliki siswa. Misalnya siswa sudah pandai dalam penggunaan IT, tetapi aset yang didata di sekolah kurang memadai untuk memaksimalkan potensi tersebut?
  11. Bagaimana cara menentukan dan menyusun pertanyaan di kanvas BAGJA agar apa yang dipelajari bisa tergambarkan dengan jelas disana?
  12. Adakah pembatasan kalimat prakarsa perubahan pada kanvas BAGJA?
  13. Apa ada strandarisasi rumusan dalam membuat visi agar kalimat yang dibuat lebih efektif?
  14. Bagaimana cara teknis membuat prakarsa perubahan yang baik dan efektif?

Modul 1.3. Visi Guru Penggerak

Itulah beberapa Pertanyaan Elaborasi Pemahaman Modul 1.3. Visi Guru Penggerak yang bisa mematik ide anda untuk membuat pertanyaan lainnya yang nantinya akan dibahas dengan instruktur calon guru penggerak. Perjalanan panjang akan segera dimulai, maka semangatlah membawa perubahan di satuan pendidikan anda.

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad