Kotaku
Home Seputar Pekerjaan Mengenal Pengertian Guru Dan Peran Guru Di Sekolah

Mengenal Pengertian Guru Dan Peran Guru Di Sekolah

Kotaku.id – Guru, tentunya kita semua sudah tidak asing dengan profesi satu ini. Banyak masyarakat Indonesia yang bercita-cita menjadi guru, namun sebenarnya apa itu guru dan apa saja peran serta tugas seorang guru? Mari simak bersama dalam pembahasan berikut ini.

Guru merupakan seseorang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya. Dalam kenyataannya guru tidak selalu seseorang yang mengajar di sekolah atau pendidikan formal saja, namun siapapun bisa jadi guru dan dimanapun.

Peran Guru

Guru yang mengajar di sekolah atau lembaga formal memiliki peranan tersendiri. Peranan ini yang tidak bisa tergantikan oleh mesin maupun robo. Peranan tersebut antara lain adalah:

1. Motivator

Pertama, peran guru adalah sebagai motivator bagi para peserta didiknya. Guru harus mampu menyemangati peserta didik agar lebih aktif belajar dan berani mencapai cita-citanya. 

Selain itu, motivator yang diperlukan tidak terhalang pada batas yang berhubungan dengan sekolahan saja namun juga bisa dibilang dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika peserta didik ada masalah dengan teman atau keluarganya.

2. Fasilitator

Kedua, seorang guru harus bisa berperan sebagai fasilitator. Artinya guru harus memberikan fasilitas-fasilitas ataupun kemudahan dalam proses belajar mengajar. Contohnya saja peserta didik haruslah mengetahui cara atau metode agar peserta didiknya bisa paham dengan apa yang disampaikan. Contohnya saja dengan alat peraga, dengan video atau metode lainnya.

3. Mediator

Selanjutnya, guru memiliki peran sebagai mediator sehingga guru harus memiliki pemahaman dan pengetahuan yang cukup luas seputar media pendidikan. Media sendiri merupakan alat untuk menunjang proses pembelajaran sehingga lebih efektif.

Selain itu, guru sebagai media mediator artinya sebagai media antara pembelajaran dengan peserta didik, atau kepada wali murid, kepada masyarakat dan stakeholder lainnya.

4. Pengelola Kelas

Peran guru sebagai pengelola kelas adalah kemampuan dan keinginan mengelola kelas dan lingkungan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar bisa lebih terfokuskan. Lingkungan belajar yang baik dan kondusif sangat baik untuk merangsangkan peserta didik untuk lebih giat belajar dan juga memberikan rasa aman kepada peserta didik selama menempuh pendidikan di sekolah. Pengelolaan kelas ini bisa diarkan dalam pengurusan kelas, pengurusan suasana kelas dan kondisi umum lainnya.

5. Demonstrator

Peran demonstrator adalah memberikan pembelajaran. Guru harus menguasai materi pembelajaran yang akan disampaikan sehingga di dalam kelas bisa mengembangkan materi dan meningkatkan kemampuannya dalam menjelaskan di kelas.

Bekal kemampuan dan pengetahuan yang terus diasah ini diharapkan bisa membuat guru bisa mengajar para siswa dengan efektif sehingga apa yang disampaikan dapat benar-benar dimiliki oleh para siswanya.

6. Inspirator

Guru juga memiliki peran sebagai inspirator atau pemberi inspirasi bagi peserta didik. Artinya guru diharapkan bisa memberikan inspirasi yang menunjang kemajuan belajar para peserta didik. 

Permasalahan pokok yang dihadapi oleh peserta didik adalah persoalan seputar belajar, guru yang baik harus ikut memberikan petunjuk dan kemudahan bagi para peserta didik bagaimana cara belajar yang baik sehingga tidak terjebak dengan permasalahan seputar belajarnya.

7. Mentor

Mentor artinya guru menjadi rekan belajar bagi para peserta didik. Diharapkan guru bisa memberikan arahan dan juga bimbingan kepada para peserta didik dan tidak bersikap otoriter atau hanya mendikte. Melainkan sebagai mentor yang membimbing arah langkah para peserta didik.

8. Pemantik Kreativitas Dan Imajinasi

Pendidikan saat ini harus bersifat fleksibel dan tidak kaku. Salah satu contohnya guru juga harus menjadi insan kreatif yang bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran menyenangkan memungkinkan peserta didik untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan daya imajinasi mereka.

9. Pengembang Kerja Tim

Keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru di era saat ini. Guru diharapkan bisa berkolaborasi atau bekerjasama dengan pihak lainnya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu contohnya dalam menanamkan nilai positif pada karakter siswanya.

10 Empati Sosial

Guru harus memberikan contoh empati pada peserta didik. Empati guru merupakan salah satu tindakan yang tidak bisa digantikan dengan apapun karena merupakan penghargaan dari sisi kemanusiaan kepada peserta didiknya. Contohnya ketika ada peserta didik yang tidak hadir maka ditanya kenapa, jika anda yang murung bisa dihibur dan lainnya.

Itulah beberapa peran guru yang harus dimiliki di lingkungan sekolah. Memang menjadi guru bukanlah hal yang mudah oleh karenanya seorang guru harus siap untuk terus belajar seumur hidupnya.

Disclaimer : “Jangan lewatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan dan informasi CPNS dan PPPK dengan bergabung di channel telegram kami. Klik LINK BERIKUT dan pilih join”

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad