Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Mekanisme Terbaru PPG Prajabatan Kemdikbud dan Kemenag 2024

Mekanisme Terbaru PPG Prajabatan Kemdikbud dan Kemenag 2024

Mekanisme Terbaru PPG Prajabatan 2024 Dibawah Naungan Kemdikbud dan Kemenag

Kotaku.id – Perlu diketahui, mekanisme PPG Prajabatan 2024 yang terdiri antara di bawah naungan Kemdikbud dan Kemenag mempunyai perbedaan. Adapun, salah satu perbedaan PPG Prajabatan 2024 di bawah naungan Kemdikbud dan Kemenag yaitu mengenai peserta ataupun sasaran. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Mekanisme PPG Prajabatan 2024 Kemdikbud dan Kemenag

Dibawah ini akan disajikan mengenai perbedaan mekanisme pelaksanaan PPG Prajabatan 2024 di bawah naungan Kemdikbud dan naungan Kemenag. PPG Prajabatan adalah salah satu langkah untuk bisa menghasilkan guru profesional. Dalam pembahasan ini, akan dibahas secara tuntas mengenai perbandingan antara mekanisme PPG Kemenag dan Kemdikbud.

1. Guru di Bawah Naungan Kemdikbud

PPG Prajabatan di bawah naungan Kemdikbud dikethaui dibuka untuk lulusan pendidikan ataupun untuk mahasiswa yang terdaftar di dalam sistem PD-DIKTI.

2. Guru di Bawah Naungan Kemenag

PPG Prajabatan di bawah naungan Kemenag diketahui tidak hanya bisa diikuti oleh mahasiswa dengan jurusan program studi agama, akan tetapi bisa juga diikuti oleh lulusan Ma’had Aly.

Pelamar PPG Kemenag tidak hanya diharuskan terdaftar oleh sistem PD-DIKTI, akan tetapi bisa juga terdaftar di dalam sistem manajemen informasi. Yang mana dikelola oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama untuk lulusan Ma’had Aly.

3. Jadwal Seleksi dan Informasi Lebih Lanjut

Jadwal PPG Prajabatan Kemdikbud secara lengkapnya bisa diakses lewat website PPG Kemdikbud. Sementara itu, untuk Kemenag bisa diakses lewat simpatika.kemenag.go.id.

4. Kesimpulan

PPG Prajabatan antara dibawah naungan Kemdikbud dan Kemenag mempunyai perbedaan, terutama dalam persyaratan dan juga jalur seleksi.

5. Guru di Bawah Kemenag Apa Bisa Daftar PPG Kemdikbud?

Berdasarkan dalam website resmi PPG Kemdikbud, menjawab pertanyaan mengenai, “Apakah guru di bawah naungan Kemenag bisa mendaftar PPG Prajabatan di bawah naungan Kemdikbud?”

Dalam hal ini, Kemdikbud menjelaskan jika guru yang berada di bawah naungan Kemenag tidak bisa mendaftar PPG Prajabatan di bawah naungan Kemdikbud.

“Tidak bisa. PPG Prajabatan bagi guru di bawah naungan Kementerian Agama dikelola oleh Kementerian Agama.”

Tidak hanya itu, sesuai pada website resmi Kemenag yakni pada tanggal 20 Januari 2024 menjelaskan bahwa :

“Kementerian Agama melalui LPTK telah menerbitkan ijin penyelenggaraan Program Studi PPG yang mengacu pada UUGD, UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, bahwa pendidikan profesi merupakan jenjang pendidikan setelah sarjana yang dalam penyelenggaraannya dengan model konsekutif (berlapis) dalam konkuren.”

Tahapan Seleksi PPG Prajabatan 2024

Mekanisme Terbaru PPG Prajabatan Kemdikbud dan Kemenag 2024v
Mekanisme Terbaru PPG Prajabatan Kemdikbud dan Kemenag 2024 7

Adapun mekanisme pendaftaran dan seleksi untuk ikut serta dalam PPG Prajabatan 2024, yaitu sebagai berikut:

  1. Calon peserta harus melakukan registrasi lewat laman resmi sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian yang berkelanjutan (SIMPKB).
  2. Calon peserta Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan bisa ikut serta dalam seleksi tahap 1. Adapun, seleksi tahap 1 tini erdiri dari informasi tentang data diri, penulisan esai, bidang studi, dan juga lokasi seleksi.
  3. Calon peserta Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan bisa membayarkan biaya pendaftaran.
  4. Langkah keempat adalah pengumuman tahap 1.
  5. Setelah peserts dinyatakan lulus, maka peserta Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan bisa mencetak kartu peserta.
  6. Langkah keenam yaitu melakukan tes substantif.
  7. Langkah ketujuh adalah engumuman hasil seleksi tahap 2.
  8. Setelah peserta dinyatakn lulus tahap 2, maka peserta bisa menunggu jadwal wawancara yang diatur dan disediakan oleh panitia.
  9. Tahap ke sembilan adalah pelaksanaan seleksi ketiga yakni tahap wawancara.
  10. Langkah berikutnya yaitu pengumuman hasil seleksi tahap 3.
  11. Setelah para peserta dinyatakan lulus seleksi tahapan ketiga, maka peserta yang bersangkutan akan untuk melakukan konfirmasi kesediaan.
  12. Setelah bersedia, para peserta akan ditetapkan untuk menjadi mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan.
  13. Selanjutnya, mahasiswa baru Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan, harus melaporkan diri dalam Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTPK).
  14. Langkah berikutnya yakni orientasi mahasiswa baru Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan.
  15. Mahasiswa baru Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan bisa secara langsung memulai kegiatan perkuliahan.

Pada umumnya, pendaftaran mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan 2024 mempunyai 3 gelombang pendaftaran. Proses pendaftaran mahasiswa PPG gelombang pertama mulai dibuka pada bulan Mei sampai Juni.

Proses pendaftaran mahasiswa PPG gelombang kedua akan dimulai pada bulan Agustus sampai September. Sedangkan, proses pendaftaran mahasiswa PPG gelombang ke 3, biasanya akan dibuka pada bulan Oktober sampai November.

Itulah diatas pembahasan mengenai mekanisme pendaftaran PPG Prajabatan 2024 dibawah naungan Kemdikbud dan Kemenag serta proses tahapan seleksinya. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan