Kotaku
Home Pendidikan Pembelajaran Klasifikasi Hewan Vertebrata: Pengertian, Jenis, dan Ciri-ciri

Klasifikasi Hewan Vertebrata: Pengertian, Jenis, dan Ciri-ciri

birds 7860314 1280

Berdasarkan ada atau tidaknya tulang punggung yang dimiliki hewan dibedakan menjadi dua yaitu hewan vertebrata dan invertebrata. Kali ini kita akan mempelajari tentang klasifikasi hewan vertebrata,

Klasifikasi hewan vertebrata dibedakan menjadi beberapa jenis dan setiap jenis mempunyai ciri khas serta karakteristik yang berbeda.

Jika ingin mengetahui klasifikasi hewan vertebrata, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Hewan Vertebrata

Klasifikasi Hewan vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang belakang, memudahkan pengenalan melalui ciri fisiknya. Perbedaan antara hewan vertebrata dan invertebrata terletak pada keberadaan tulang belakang. Hewan yang termasuk dalam vertebrata memiliki tulang belakang, sedangkan invertebrata tidak.

Hewan vertebrata diambil dari bahasa Latin Vertebratus (Pliny) yang artinya adalah gabungan dari tulang belakang.

Klasifikasi hewan vertebrata memberikan dasar yang kuat untuk memahami keragaman hayati. Hal ini memudahkan ilmuwan dan peneliti dalam mengidentifikasi, menggolongkan, dan mempelajari karakteristik unik setiap kelompok hewan.

Selain itu, klasifikasi membantu dalam melihat evolusi dan adaptasi hewan vertebrata terhadap lingkungan mereka.Klasifikasi hewan vertebrata memberikan dasar yang kuat untuk memahami keragaman hayati. Hal ini memudahkan ilmuwan dan peneliti dalam mengidentifikasi, menggolongkan, dan mempelajari karakteristik unik setiap kelompok hewan.

Selain itu, klasifikasi membantu dalam melihat evolusi dan adaptasi hewan vertebrata terhadap lingkungan mereka.

Ciri-Ciri Umum Hewan Vertebrata

Secara umum hewan vertebrata memiliki kesamaan atau ciri umum yang membedakan dengan kelompok hewan invertebrata.

Ciri hewan vertebrata yang pertama adalah memiliki rangka internal yang terdiri dari segmen tulang belakang. Tubuhnya terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu kepala, badan, dan dua pasang alat gerak, kadang-kadang dilengkapi dengan ekor pada beberapa spesies.

Sistem pencernaan hewan vertebrata berlangsung secara memanjang dari mulut hingga anus, dan melibatkan kelenjar pencernaan. Sistem peredaran darah pada hewan vertebrata bersifat tertutup, dengan adanya ginjal sebagai alat ekskresi. Terdapat juga sepasang alat reproduksi atau gonad yang terletak di bagian kanan dan kiri tubuh.

Hewan vertebrata dapat bernafas melalui paru-paru, kulit, atau insang. Hormon dihasilkan melalui sistem endokrin, sementara sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat yang melibatkan otak dan sumsum tulang belakang, serta sistem saraf tepi yang mencakup serabut saraf.

Sistem peredaran darah hewan vertebrata terdiri dari sel-sel darah dan jantung. Untuk sistem gerak, hewan vertebrata menggunakan rangka dan otot sebagai komponen utama. Keseluruhan struktur dan fungsi ini memberikan dasar anatomi dan fisiologi yang unik pada hewan vertebrata, memungkinkan mereka beradaptasi dan bertahan dalam berbagai lingkungan.

Klasifikasi Hewan Vertebrata

Berdasarkan dari pengertian dan ciri khasnya hewan vertebrata diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yaitu ikan, amfibi, reptil, aves, dan mamalia, sehingga habitatnya mencakup air, udara, dan darat.

Untuk lebih memahami klasfikasinya, simak ulasannya berikut ini:

Kelas Pisces (Ikan):

Ikan merupakan hewan vertebrata yang hidup di air. Klasifikasi ini mencakup tiga ordo, yaitu Agnatha (tanpa rahang), Chondrichthyes (tulang rawan), dan Osteichthyes (tulang keras).

Kelas Amphibia (Amfibi):

Amfibi adalah hewan yang dapat hidup di dua habitat, air dan darat. Ordo yang termasuk dalam kelas ini meliputi Stegoephalia, Caudata, dan Anura.

Kelas Reptilia (Reptil):

Reptil memiliki kulit bersisik, sistem pernapasan paru-paru, dan reproduksi yang umumnya internal. Klasifikasi ini mencakup tiga kelompok utama: Chelonia (kura-kura dan penyu), Squamata (ular dan kadal), dan Crocodilia (buaya).

Kelas Aves (Burung):

Burung memiliki tubuh yang dilindungi oleh bulu dan sayap untuk terbang. Klasifikasi ini mencakup berbagai jenis burung, seperti bebek, ayam, angsa, dan lainnya.

Kelas Mammalia (Mamalia):

Mamalia memiliki kelenjar susu atau glandula mammae, tubuh yang berkembang dengan baik, dan gigi yang beragam. Klasifikasi ini melibatkan beberapa ordo, seperti Rodentia (tikus dan kelinci), Carnivora (kucing dan anjing), dan Primates (monyet dan manusia).

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad