Kotaku
Home Bisnis 10 Kerja Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

10 Kerja Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

kerja sampingan untuk mahasiswa – Siapa bilang bekerja hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah lulus sekolah! Nyatanya, banyak pekerjaan yang bisa dicoba dan ditekuni yang dapat menambah penghasilan. Bagi kamu yang masih duduk di bangku SMA atau SMK, pasti punya banyak waktu luang. Daripada bermalas-malasan di kasur, lebih baik digunakan untuk kerja sampingan.

Begitu juga untuk mahasiswa dimana jam kuliah dapat ditentukan sendiri dan jam mata kuliah diukur berdasarkan Satuan Kredit Semester (SKS). Jadi kamu dapat leluasa dan fleksibel menggunakan waktu untuk bekerja, untung-untung juga menambah penghasilan dan pengalaman. Apalagi juga ada kuliah kelas karyawan yang memang diselenggarakan khusus bagi mahasiswa yang bekerja.

Lalu, apa saja pekerjaan sampingan tersebut. Berikut 11 pekerjaan sampingan yang dapat kamu coba oleh pelajar dan mahasiswa.

10 Kerja Sampingan Buat Pelajar dan Mahasiswa

1. Penulis Lepas

Penulis lepas atau disebut freelance writer ini cocok bagi kamu yang hobi menulis. Tentunya, disini kamu bisa mengembangkan dan mempraktekkan keterampilan menulis seiring waktu lewat pekerjaan menjadi penulis lepas ini.

Banyak media massa dan perusahaan yang memerlukan seorang penulis lepas sebagai content writer dan juga copywriter. Disini, penulis akan ditugaskan untuk mengisi konten di dalam media baik berupa artikel.

Secara umum, content writer bekerja untuk mengirimkan artikel dengan tema yang telah ditentukan, semisal trend, businee, career development dan lain-lain. Apakah kamu tertarik menjadi seorang content writer? Banyak lowongan yang bisa ditemukan di internet yang memerlukan jasa penulis, so kamu bisa coba nih!

2. Reseller

Menjadi reseller menjadi pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba apabila tidak mempunyai modal uang. Mengapa demikian, karena tugas yang perlu dilakukan yaitu menjual barang dari pihak lain.

Tertarik menjadi reseller? kamu perlu untuk menjual kembali produk dari supplier dengan mencari laba lewat peningkatan harga. Kamu bisa melakukan berbagai cara agar produk tersebut laku semisal menggunakan taktik penjualan online.

Beberapa trik yang bisa kamu terapkan saat menjadi reseller yaitu:

  • Mengikuti trend penjualan saat ini
  • Mencari supplier yang tepat
  • Memperbaharui informasi produk secara berkala
  • Fast respond communication

 

3. Jual Pulsa

Salah satu usaha dengan modal kecil, jual pulsa bisa kamu lakukan apalagi buat kamu sebagai pelajar & mahasiswa yang mengenal seluk beluk teknologi lebih dalam. Keuntungan bagi kamu segai pelajar dan mahasiswa yaitu kamu bisa menawarkan ke teman-teman bahwa kamu melayani jasa tersebut.

Memang tidak meraup keuntungan besar setiap transaksinya, tapi jualan pulsa termasuk hal yang mudah dilakukan. Selain itu perputaran modal yang cepat membuat kamu tidak perlu bingung kapan berpikir akan balik modal.

Pilihan jual pulsa juga banyak seperti pulsa hp, pulsa listrik dan lain-lain. Berikan pelayanan terbaikmu dan jangan mau di bon. Walaupun terkesan remeh, nyatanya bon dapat merusak usaha dan menjadi terhenti.

4. Jual Foto

Apakah kamu termasuk orang yang jago foto? Tahukah kamu, bahwa fotomu bisa dijual dan menghasilkan cuan? Siapa yang gak tertarik dengan cuan.

Banyak sekali flatform website yang menerima penjualan foto kamu. Ada beberapa situs semisal Shutterstock, Dreamsite dan lain-lain. Harga yang dapat ditawarkan juga termasuk fantastis, coba deh kamu cek sendiri!

Saat kamu menjual foto di situs tersebut, jangan lupa penuhi persyaratan dan ketentuan syarat yang ditetapkan. Jangan mengambil foto milik orang lain, gunakan foto jepretanmu sendiri.

5. Membuat Blog

Apakah membuat blog bisa mendapat penghasilan? Tentu saja bisa! Apabila kamu jago dalam memanajemen segala aspek blog mulai dari postingan, tentu akan meningkatkan trafik ke blog-mu. Hal ini yang bisa disempatkan untuk jadikan penghasilan.

Sebagai anak muda tentu tidak habis ide untuk membuat hal yang menarik. Begitu juga dalam pengembangan di blog. Apabila konten blog menarik tentu akan meningkatkan pengunjung yang membuat lalu lintas pesat. Hal ini kamu bisa manfaatkan Google Adsense untuk memberikan penghasilan. Nantinya akan ditempatkan iklan di blog-mu. Kamu juga dapat menyesuaikan iklan yang akan tampil di halaman.

Bagi kamu yang mendalami bidang desain, jasa desain grafis & logo bisa menjadi pilihan untuk mendapat penghasilan tambahan. Banyak kreasi desain unik yang bisa dibuat. Apabila karyamu menjadi viral dan disukai banyak orang, bisa-bisa, kamu tidak dapat membayangkan cuan yang didapat nantinya.

Selain mendapatkan penghasilan, membuka jasa desain bisa dijadikan batu loncatan untuk perjalanan karir yang amat panjang kedepannya. Kamu bisa mencoba daftar di situs freelancer seperti fiverr untuk menjual desain. Menarik bukan!

7. Content Creator

Ada banyak pilihan konten yang bisa kamu posting saat terjun di dunia content Creator. Namun lebih baiknya kamu fokus ke salah satu bidang tertentu saja. Apa sih content Creator itu?

Content Creator merupakan orang yang membuat suatu konten melalui konsep yang telah ditentukan sebelumnya, lalu melakukan kegiatan posting atau penyebarluasan konten agar sampai ke audiens atau pemirsa.

Banyak anak muda yang terjun ke dunia content Creator dan mendapat penghasilan yang fantastis. Content yang diposting tidak hanya video, melainkan juga foto, teks dan lain-lain. Intinya, pencapaian viewer yang banyak merupakan tujuan dari pekerjaan ini.

8. Data Entry

Saat ini, pekerjaan data entry dapat dilakukan lewat online. Kalangan anak muda lebih mengenal komputer dan mampu mengoperasikan komputer dengan baik seperti kemampuan mengetik menjadi peluang untuk pekerjaan data entry

Bagi pelajar dan mahasiswa pasti berpikir, apakah bisa dilakukan part time saja? Tentu saja bisa! Salah satu caranya adalah menjadi freelancer data entry.

Tugasnya terbilang sederhana, yaitu menyiapkan dokumen dan memasukkan ke dalam sistem perusahaan seperti website perusahaan. Pastikan keakuratan data yang kamu masukkan dengan mencocokan data yang diinput di sistem dengan di kertas dokumen

9. Penerjemah

Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa dicoba. Bagi kamu yang memiliki keahlian menerjemahkan bahasa asing atau sebaliknya, pekerjaan ini patut dicoba. Saat ini banyak perusahaan yang memerlukan pekerjaan ini dan waktunya juga ada yang part time.

Semisal pekerjaan penerjemah atau translator adalah menjadi penerjemah komik dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia

10. Admin Media Sosial

Pekerjaan admin memang banyak jenisnya, seperti admin kantor, admin project, admin medsos. Admin sosial media merupakan pekerjaan untuk mengelola kegiatan administrasi di salah satu akun media sosial. Mengapa pekerjaan ini cocok di kalangan pelajar dan mahasiswa, karena bisa menggunakan schedule calendar dalam melakukan pekerjaan, sehingga memerlukan waktu part time saja.

Dalam pekerjaan ini, kamu harus betul memahami program yang dijalankan, mengenal audience dengan baik dan komunikasi yang ramah. Selain itu pelajari cara membuat konten dan analisa insight untuk mengetahui perkembangan konten.

Nah, itu rekomendasi kerja sampingan untuk mahasiswa yang dapat kamu coba sambil mengejar pendidikan di sekolah maupun perguruan tinggi. Pekerjaan freelance memang patut dicoba sebagai batu loncatan untuk perjalanan karir. Semoga bermanfaat!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad