Kotaku
Beranda Pendidikan Kenali Jurusan Teknik Informatika Lebih Dalam Lagi

Kenali Jurusan Teknik Informatika Lebih Dalam Lagi

helena lopes UZe35tk5UoA unsplash

KOTAKU.ID – Di Zaman yang serba digital seperti saat ini, jurusan teknik informatika menjadi hal yang sangat krusial. Apa sebenarnya jurusan teknik informasi itu? Mari kenali jurusan teknik informasi lebih dalam lagi pada artikel ini.

Teknik informatika memiliki peran penting untuk mempersiapkan lulusannya untuk menghadapi tantangan di era digital. Kebutuhan akan SDM yang akrab dan mampu mengenal teknologi lebih dalam semakin tinggi, begitupun minat calon mahasiswa dalam masuk jurusan ini pun banyak. Mari kenali lebih dalam tentang jurusan ini dan apa saja  yang didapatkan darinya.

Visi Misi Jurusan Teknik Informatika

Visi misi yang utama adalah mengembangkan peserta didik yang unggul dalam riset dan pengembangan teknologi informasi. Diharapkan mahasiswa jurusan teknik informatika bisa terus berinovasi, melakukan eksplorasi dan memajukan pengetahuan di bidang teknologi informasi.

Jurusan ini bisa menjadi wadah bagi siapa saja yang memiliki pemikiran kreatif dan kolaboratif. Dan juga wadah mempelajari gagasan-gagasan baru yang terus dikembangkan untuk mengatasi tantangan teknologi masa depan.

Visi misi yang lebih rinci akan dijabarkan dalam uraian berikut ini:

1. Menciptakan Pendidikan Yang Berkualitas

Pertama, sudah jelas jurusan teknik informatika memiliki keinginan kuat untuk membangun pendidikan yang berkualitas. Hal ini mencakup pondasi teoritis yang kuat pada setiap mahasiswanya dan juga aplikasi praktis dan tepat sasaran dalam teknologi informasi.

Kurikulum yang digunakan pun terus diperbaharui, sejalan dengan perkembangan teknologi yang kian berkembang pula. Diharapkan setiap mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia saat ini.

2. Penelitian Dan Pengembangan Teknologi Terbaru

Teknik informasi merupakan pusat keunggulan riset, jurusan ini mendorong aktivitas penelitian yang produktif dan inovatif untuk mendukung teknologi informasi dalam berbagai bidang kebutuhan. Tentunya penelitian yang dilakukan berorientasi pada solusi dan kolaborasi terhadap disiplin ilmu lainnya.

Diharapkan setiap lulusan teknik informasi bisa menghasilkan penelitian dan pengembangan baru di dunia teknologi guna membantu memecahkan dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada didunia nyata.

3. Pengabdian Kepada Masyarakat

Tentunya setiap jurusan memiliki misi memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, hal ini pula yang dimiliki teknik informatika. Kontribusi tersebut diantaranya melalui penerapan teknologi informasi dalam berbagai bidang kehidupan baik itu pendidikan, kesehatan, bisnis maupun pemerintahan.

Solusi teknologi yang diberikan, diharapkan merupakan solusi berkelanjutan dan bisa memberdayakan komunitas melalui teknologi. Sehingga muncullah teknologi tepat sasaran.

4. Membangun Kemitraan Dengan Dunia Industri

Tentunya jurusan teknik informatika melakukan upaya relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri saat ini. Sehingga dilakukan upaya kemitraan untuk membangun hubungan yang kuat antara jurusan dengan perusahaan teknologi maupun organisasi yang terkait.

5. Usaha Maksimal Untuk Memberdayakan Mahasiswa

Mahasiswa teknik informatika tidak hanya dibentuk menjadi pribadi yang unggul dalam keterampilan teknis saja namun juga harus memiliki keterampilan kepemimpinan, bisa bekerjasama dengan tim dan juga memiliki kemampuan kewirausahaan sendiri.

Visi misi yang kuat ini lah yang membuat jurusan teknik informatika memiliki tujuan menjadi pelopor pengembangan teknologi informasi. Serta memberikan dampak positif bagi masyarakat serta menciptakan lulusan yang bersaing di dunia saat ini.

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan