Kotaku
Home Seputar Pekerjaan Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Mau Ditolak Mentah Mentah Oleh HRD

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Mau Ditolak Mentah Mentah Oleh HRD

KOTAKU.ID – Memiliki pekerjaan sesuai dengan impian adalah dambaan semua orang. Namun terkadang ketika melamar pekerjaan tersebut seseorang mengalami kegagalan karena di tolak HRD. Bagi anda yang tidak ingin ditolak oleh HRD, jauhi atau jangan lakukan beberapa hal berikut ini.

Ada banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh pelamar kerja yang membuat HRD menolaknya mentah-mentah. Diantaranya adalah :

1. Berpakaian Kurang Tepat

Penampilan kita sangat menentukan bagaimana first impression seseorang. Penampilan pula yang menjadi faktor penting penentu apakah anda diterima bergabung dalam sebuah perusahaan atau tidak.

Oleh karenanya pastikan anda berpakaian yang rapi dan sopan. Jika anda keliru menggunakan pakaian atau berdandan yang berlebihan bisa membuat HRD tidak simpatik dan akhirnya menolak anda.

2. Datang Terlambat

Sesi interview adalah sesi penting dalam menentukan masa depan anda. Jika ketika interview anda datang terlambat maka bisa dipastikan HRD langsung menolak anda. Bagaimana mungkin disalah satu momen penting dalam hidup anda mensia-siakannya dan tidak mempersiapkannya dengan baik. Apalagi jika dalam bekerja nantinya?

Oleh karenanya pastikan anda sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan matang. Sehari Sebelumnya cek kembali berkas dan perlengkapan anda. Bangun lebih pagi dan datang 10 sampai 15 menit lebih awal agar HRD terkesan.

3. Persyaratan Kerja Tidak Lengkap

Tentunya setiap interview kerja memiliki persyaratan khusus bagi para pelamarnya. Ketika anda sedang wawancara kerja pastikan anda sudah menyiapkan semua persyaratan tadi dengan sebaik mungkin.

Contohnya saja resume, fotocopy identitas diri, portofolio dan lain sebagainya yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan. Jangan sampai persyaratan-persyaratan ini tertinggal ketika anda sedang interview kerja.

4. Komunikasi

Komunikasi sangat dinilai ketika wawancara kerja. Mengapa demikian? Karena seorang HRD tentunya ingin memastikan bahwa karyawan yang diterimanya bisa berkomunikasi dengan baik dan juga bisa bekerjasama dengan tim.

Sayangnya, ketika proses wawancara berlangsung jika komunikasi anda buruk atau jawaban yang diberikan bertele-tele bahkan tidak nyambung dengan yang ditanyakan. Bisa menjadi penyebab anda ditolak oleh HRD.

5. Skill

Skill atau kecakapan yang anda miliki akan diuji dalam proses interview. Pastikan anda menuliskan keahlian yang dimiliki sesuai dengan kenyataan atau tidak berbohong. Karena jika apa yang anda tulis tidak sesuai maka bisa jadi HRD menolaknya karena HRD menilai anda tidak berkompeten dan dusta.

6. Meminta Gaji Yang Tidak Sesuai Potensi

Gaji yang besar tentunya memiliki pekerjaan dan tanggung jawab yang besar pula. Dalam proses interview anda akan diberikan pertanyaan seputar negosiasi gaji. Jangan sampai anda meminta gaji melewati pasaran apalagi dengan potensi yang kurang. Hal ini tentunya akan ditolak oleh HRD.

7. Tidak Paham Dengan Posisi Yang Dilamar

Terakhir, jangan pernah anda melakukan kesalahan fatal satu ini. jangan melamar posisi yang anda sendiri tidak paham jobdesknya. Sebelum melamar suatu posisi, pastikan anda sudah memahami dengan benar-benar fungsi serta tanggung jawab posisi tersebut. Jika tidak, maka bersiap-siaplah ditolak oleh HRD.

Itulah beberapa hal yang harus dihindari ketika sedang interview agar tidak ditolak HRD. Pastikan anda sudah upgrade diri dan sesuai dengan posisi yang dilamar agar kemungkinan diterimanya lebih besar.

Disclaimer : “Jangan lewatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan dan informasi CPNS dan PPPK dengan bergabung di channel telegram kami. Klik LINK BERIKUT dan pilih join”

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad