Kotaku
Beranda Pendidikan Jadwal UTBK-SNBT 2024, Dimulai 21 Maret 2024

Jadwal UTBK-SNBT 2024, Dimulai 21 Maret 2024

image 25

Kotaku.id Jadwal UTBK-SNBT 2024, Dimulai 21 Maret 2024 – Jadwal pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) untuk tahun 2024 telah ditentukan, dengan periode dimulai pada tanggal 21 Maret 2024. Ini menjadi tahap selanjutnya setelah penutupan pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Bagi calon peserta UTBK-SNBT 2024, saatnya untuk mempersiapkan diri mereka untuk proses pendaftaran.

Proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) akan dimulai dengan jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang telah dijadwalkan dari 8 Januari hingga 15 Februari 2024. Setelah SNBP selesai, tahapan berikutnya adalah pembukaan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Oleh karena itu, para calon peserta dapat segera mempersiapkan diri untuk mengikuti tahap ini.

Sebagai informasi tambahan, penting untuk mengetahui kapan tepatnya pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 akan dimulai. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif, artikel ini akan mengulas secara lebih rinci mengenai jadwal pelaksanaan tersebut. Oleh karena itu, simaklah dengan saksama agar Anda dapat memahami setiap tahapan dan persiapan yang diperlukan untuk mengikuti UTBK-SNBT 2024.

Informasi Pendaftaran UTBK-SNBT 2024

Informasi Pendaftaran UTBK-SNBT 2024
Informasi Pendaftaran UTBK-SNBT 2024

Pendaftaran untuk mengikuti Seleksi Nasional Bersama Tes Kemampuan (SNBT) tahun 2024 akan dimulai pada tanggal 21 Maret dan berakhir pada tanggal 5 April 2024. Proses ujian akan dilaksanakan dalam dua tahap yang berbeda. SNBT merupakan seleksi yang dilakukan melalui ujian berbasis komputer yang umumnya dikenal dengan sebutan UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Ujian SNBT akan mengukur berbagai aspek, termasuk potensi kognitif, kemampuan penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, serta literasi dalam Bahasa Inggris. Peserta yang berminat untuk mengikuti UTBK-SNBT tahun 2024 diwajibkan untuk memiliki Akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru atau disingkat sebagai SNPMB Siswa. Pendaftaran untuk akun SNPMB Siswa dapat dilakukan melalui Portal SNPMB.

Calon peserta UTBK-SNBT tahun 2024 yang memenuhi syarat adalah siswa yang saat ini berada di kelas 12 SMA/SMK/MA atau kelas terakhir pada tahun 2024, serta lulusan SMA/SMK/MA Sederajat yang menyelesaikan pendidikan pada tahun 2022 dan 2023.

Jadwal UTBK-SNBT 2024

  • Tanggal pembuatan akun untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) akan berlangsung mulai dari tanggal 9 Januari hingga 15 Februari 2024.
  • Proses pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi (UTBK-SNBT) dapat dilakukan pada periode 21 Maret hingga 5 April 2024.
  • Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam gelombang pertama akan dilakukan pada tanggal 30 April, serta pada tanggal 2 hingga 7 Mei 2024.
  • Gelombang kedua pelaksanaan UTBK dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 14 hingga 20 Mei 2024.
  • Informasi mengenai hasil Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi (SNBT) akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2024.
  • Masa untuk mengunduh sertifikat UTBK akan terbuka mulai tanggal 17 Juni hingga 31 Juli 2024.

Peserta yang telah dinyatakan lulus melalui Jalur SNBT 2024 dan telah melakukan daftar ulang atau registrasi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju tidak dapat mengikuti seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun. Informasi lebih lanjut mengenai UTBK-SNBT 2024 dapat ditemukan di laman resmi https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Tips Sukses UTBK-SNBT 2024

Tips Sukses UTBK-SNBT 2024
Tips Sukses UTBK-SNBT 2024

Berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda pertimbangkan untuk mencapai kesuksesan dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer dan Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SNBT) tahun 2024:

  • Persiapkan diri secara menyeluruh dengan fokus pada kesiapan fisik dan mental sebelum mengikuti ujian. Jaga kesehatan tubuh dan pikiran Anda agar dapat menghadapi tekanan ujian dengan optimal. Ini termasuk menjaga pola tidur yang baik, mengonsumsi makanan bergizi, dan melibatkan diri dalam kegiatan relaksasi untuk mengurangi stres.
  • Lakukan pendekatan belajar yang intensif terhadap materi UTBK. Jangan hanya sebatas membaca, tetapi juga perlu mendalami konsep-konsep yang ada. Pahami dengan baik setiap materi dan latih kemampuan menerapkannya dalam berbagai konteks agar pengetahuan Anda lebih mendalam.
  • Rutinlah melibatkan diri dalam latihan soal-soal UTBK. Hal ini tidak hanya untuk meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga membantu Anda menjadi lebih akrab dengan format dan jenis pertanyaan yang mungkin muncul pada ujian. Latihan ini juga dapat membantu meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal.
  • Sebelum ujian, periksa kesehatan Anda secara menyeluruh. Pastikan bahwa tubuh Anda berada dalam kondisi prima untuk menghadapi ujian. Hindari penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat memengaruhi kinerja Anda pada hari ujian.
  • Kehadiran tepat waktu di lokasi ujian memiliki peran krusial. Pastikan Anda tiba di lokasi ujian dengan cukup waktu agar tidak terjadi kendala atau gangguan yang dapat memengaruhi kelancaran proses ujian. Persiapkan rute dan waktu perjalanan dengan cermat untuk meminimalkan risiko keterlambatan.

Semoga saran-saran ini memberikan manfaat dan memberikan kesuksesan dalam persiapan dan pelaksanaan UTBK-SNBT 2024. Kami mengucapkan selamat dalam mempersiapkan diri, dan semoga Anda dapat meraih hasil yang optimal dalam menghadapi ujian tersebut!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan