Istilah Pengiriman Barang Pada Tracking SAP Express

Table of content:
Kotaku.ID – Saat ini jual beli online semakin marak dilakukan khususnya di seluruh wilayah Indonesia. hal ini membuat pertumbuhan berbagai ekspedisi pengiriman barang berjalan cepat. Salah satu ekspedisi yang sering menjadi pilihan pebisnis dan konsumen untuk mengirimkan barangnya adalah SAP Express.
SAP Express memiliki jangkauan pengiriman barang yang sangat luas, sampai ke pelosok daerah yang ada di Indonesia. Selain itu apa pula layanan pengecekan untuk mengetahui lokasi paket yang dikirim sudah sampai mana menggunakan nomor resi.
Ketika sedang melakukan pengecekan lokasi atau tracking pada website, akan ada beberapa istilah yang yang muncul. Nah berikut ini penjelasan apa saja istilah tersebut dan apa artinya.
Istilah Pengiriman Barang Tracking SAP
Berikut ini beberapa istilah yang harus dipahami terlebih dahulu tentang pengiriman barang tracking menggunakan SAP Express, diantaranya adalah:
- Entry (pending pickup) : proses penjemputan paket/dokumen ditunda untuk beberapa saat
- Entry (sedang pickup ulang) : proses penjemputan ulang paket/dokumen oleh kurir
- Picked up : paket/dokumen berhasil di pick up oleh kurir
- Void pick up : penjemputan paket/dokumen dibatalkan karena alasan tertentu
- Belum manifest pick up : sedang melakukan permintaan pick up
- Entry verified : melakukan proses verifikasi paket/dokumen
- Manifest outgoing : paket/dokumen sudah keluar dari kantor cabang
- Outgoing SMU : pengiriman paket/dokumen melalui udara
- Incoming : paket/dokumen sudah tiba di kantor cabang
- Delivery : paket/dokumen diantar kurir, pada proses ini akan muncul nama kurirnya
- POD – delivered : paket/dokumen telah diterima, terdapat nama penerima dan hubungannya dengan pemilik paket
- POD – undelivered : paket/dokumen belum berhasil dikirim oleh kurir
- POD – antar ulang : paket/dokumen akan diantar ulang oleh kurir
- Outgoing return : keluar dari kantor cabang untuk dikembalikan
- Incoming return : tiba di kantor cabang untuk dikembalikan
- Delivery return : paket/dokumen diantar kurir untuk dilakukan pengembalian
- Shipment return to client : paket/dokumen telah dikembalikan ke klien/pengirim
- Shipment lost : paket/dokumen dinyatakan hilang
- Shipment damage : paket/dokumen yang dikirimkan mengalami kerusakan
- Handover courier : serah terima paket/dokumen dari kurir ke cabang
- Incoming SMU: dalam Perjalanan ke cabang selanjutnya
- Outgoing transit: diberangkatkan dari cabang transit tanpa bongkar bagging
- Incoming transit: barang sudah sampai cabang transit tanpa bongkar bagging
- Irregularity: paket bermasalah dengan berbagai kondisi, diantaranya adalah: pengiriman sedang overload, penerusan pengiriman ke vendor, salah tlc atau kode kota tujuan, dan lainnya
Nah itulah beberapa istilah yang ada pada pengiriman barang menggunakan SAP Express. Tentunya informasi ini sangat mempermudah anda ketika sedang mengirim barang menggunakan SAP Express sehingga tahu lokasi dan bagaimana statusnya.
Jika ada kendala atau lainnya anda bisa menghubungi pihak SAP Express melalui layanan konsumen (021) 2280 6611 / (021) 2280 6612 atau email di [email protected].