Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Guru Harus Tahu! Ini Perbedaan Pendidikan dan Pengajaran

Guru Harus Tahu! Ini Perbedaan Pendidikan dan Pengajaran

Apa perbedaan pendidikan dan pengajaran? Bagi guru pasti kedua istilah tersebut sudah tidak asing lagi, tetapi tahukah Anda bagaimana perbedaannya.

Pendidikan dan pengajaran merupakan sebuah konsep yang sering digunakan, tetapi keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Kedua konsep tersebut saling berkaitan apalagi pada proses pembelajaran.

Untuk mengetahui perbedaan pendidikan dan pengajaran, ayo simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Pendidikan dan Pengajaran

Pendidikan adalah sistem yang sangat penting karena berpengaruh pada kemajuan bangsa. Dengan adanya pendidikan generasi muda akan didorong untuk mengembangkan bakat minat dan mengetahui hak serta kewajibannya sebagai warga negara. Sehingga pendidikan merupakan proses yang luas dan komprehensif. Dalam pendidikan melibatkan pembentukan karakter, pengetahuan dan keterampilan individu.

Sehingga dalam dunia pendidikan tidak terbatas pada kegiatan pengajaran dalam kelas, tetapi juga melibatkan pengaruh dan pengalaman hidup serta interaksi sosial. untuk mewujudkan generasi emas di masa depan, dibutuhkan pendidikan dan pengajaran yang berjalan dengan baik. maka dari itu, pendidikan dan pengajaran perlu dijalankan dalam porsi yang sama.

Sedangkan dalam penerapan nya, terdapat perbedaan pendidikan dan pengajaran yang perlu diketahui apalagi oleh tenaga kependidikan.

Pengertian Pendidikan dan Pengajaran

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan berasal dari kata dasar “didik” yang diartikan memelihara dan memberi latihan tentang akhlak dan kecerdasan pikiran. Pendidikan juga dimaknai sebagai suatu proses pengubahan sikap serta perilaku seseorang maupun sekelompok orang yang barusan mendewasakan manusia lewat pengajaran. Sehingga dalam pendidikan harus ada hasil yaitu perubahan.

Kemudian pengajaran sendiri berasal dari kata “ajar” yang artinya adalah petunjuk yang diberikan pada orang agar orang tersebut mengetahui atau mengerti. Lalu, pengajaran diartikan sebagai proses, cara serta perbuatan mengajar dan kegiatan dalam memberi petunjuk.

Dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah sistem yang mengubah sikap dan perilaku seseorang yang dilakukan dengan cara pengajaran. Sedangkan pengajaran adalah upaya dna proses untuk memberi petunjuk serta pemahaman pada seseorang.

Pendidikan dan Pengajaran menurut Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara memberikan pandangan bahwa pendidikan harus holistik, yang didalamnya mencakup aspek fisik, intelektual, emosional dan spiritual. Pendidikan bukan hanya tentang memberikan pengetahuan akademis tetapi juga melibatkan pengembangan kepribadian serta karakter individu.

Pentingnya pengajaran juga disoroti oleh Ki Hajar Dewantara bahwa pengajaran harus memperhatikan keunikan dan kebutuhan setiap individu. Ia berpendapat bahwa pendidik harus dapat mengenal peserta didik dengan baik saat melakukan proses mengajar dengan pendekatan-pendekatan yang sesuai. Sehingga, proses belajar dapat berjalan dengan menyenangkan dan efektif.

Konsep pendidikan yang diterapkan Ki Hajar Dewantara pada Taman Siswa menekankan pada pentingnya pendidikan yang berbasis pada kehidupan sehari-hari. Is memberikan pandangan bahwa pendidikan  tidak terbatas dengan lingkungan formal di dalam kelas, tetapi juga harus melibatkan interaksi dengan lingkungan dan masyarakat sekitar.

Guru sebagai Pendidik dan Pengajar

Guru berperan sebagai pendidik dan pengajar. Kegiatan mengajar dan pendidikan dilakukan oleh guru pada waktu yang bersamaan. Hal ini membuktikan bahwa proses pembelajaran saat penyampaian materi maka guru melakukan kegiatan mengajar dan mendidik peserta didik.

Seperti yang dapa disimpulkan dari pengertian sebelumnya maka perbedaan pendidikan dan pengajar adalah bahwa pengajaran diartikan sebagai proses menyalurkan informasi atau ilmu. Sedangkan pendidikan adalah proses pendidikan yang melibatkan penerapan nilai-nilai. Pendidikan mencakup semua proses pembentukan manusia secara utuh, pengajaran lebih bersifat teknis, seperti menjelaskan, memberikan petunjuk, pengarahan dan pengalaman belajar pada siswa dengan tujuan untuk memahami ilmu dan pemahaman baru.

Guru sebagai Pendidik

Proses pendidikan guru memang saling berkaitan dan tidak terpisahkan. Guru memegang peran penting sebagai seorang pendidik. Guru sebagai pendidik harus mampu menanamkan nilai karakter pada siswa. Penanaman nilai tersebut seperti etika, moral, akhlak dan sikap.

Sebagai pendidikan guru akan mengarahkan siswa untuk berperilaku positif. Karena dalam pendidikan harus ada hasilnya yaitu perubahan. Sehingga guru menjalankan proses sebagai pendidikan untuk mengubah atau seorang siswa berkembang ke arah yang lebih positif.

Guru sebagai Pengajar

Mengajar dan sebagai pengajar sangat dekat dengan guru. Sebagai profesi guru adalah pengajar yang menjalankan kewajibannya secara profesional. Guru sebagai pengajar harus dapat memberikan pemahaman dan pengaturan pada siswa nya. Kegiatan ini berlangsung dalam proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa, sesuai tujuan pembelajaran.

Pada proses pengajaran guru perlu memastikan apakah siswa nya telah memahami materi pelajaran yang dijelaskan dan dilakukan. indikator keberhasilan guru sebagai pengajar dapat dilihat jika pemahaman siswa pada materi pelajaran yang diberikan telah sesuai dengan tujuan belajar.

Oleh karena itu, guru sebagai pendidik dan pengajar adalah dua konteks yang komprehensif. Karena guru menjalankan fungsi sebagai pendidikan dan pengajar secara kesatuan dan tidak dapat dipisahkan.

Kesimpulan

Pendidikan dan Pengajaran adalah konsep yang tidak dapat dipisahkan. Pendidikan adalah sebuah sistem dan konsep yang luas untuk mengubah karakter, sikap, moral dan emosional yang lebih positif. Pengajaran adalah proses memberikan arahan dan petunjuk agar seseorang mendapatkan ilmu atau informasi. Guru menjadi pihak yang paling utama dalam proses mendidik dan mengajar siswa yang tidak dapat dipisahkan dalam penerapan nya. Karena guru menjalankan proses mendidik dan mengajar secara bersamaan.

Demikian adalah perbedaan pendidikan dan pengajaran, serta konsep dan pengertiannya.

 

 

 

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad